Manfaat Kesehatan Nanas
Buah-buahan ini kaya akan berbagai nutrisi termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin (A, B1, B2, dan C), enzim proteolitik, kalsium, fosfor, zat besi, dan asam organik.
Dengan kandungan vitamin C yang menjadi salah satu nutrisi yang paling melimpah.
Salah satu aspek paling menarik dari nanas adalah kandungan bromelainnya. Bromelain adalah enzim proteolitik yang menyebabkan sensasi kesemutan atau kebas di mulut dan lidah saat dikonsumsi langsung. Hal ini disebabkan oleh potensi iritasinya terhadap mukosa mulut dan kulit halus bibir. Dalam beberapa kasus, konsumsi nanas dapat menyebabkan kesemutan pada lidah, diare, muntah, dan gatal-gatal pada kulit, dimana ini semua merupakan gejala alergi nanas yang mungkin bisa terjadi.
Untuk menghindari gejala ini, disarankan untuk merendam nanas dalam air garam atau menghilangkan bagian yang paling jauh dari batang dan inti (di mana bromelain sangat terkonsentrasi) sebelum mengonsumsinya. Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi kesemutan yang disebabkan oleh stimulasi bromelain di lidah. Minum susu juga dapat memberikan bantuan, karena protein susu berinteraksi dengan bromelain dalam nanas untuk mengurangi iritasi.
Selain rasanya yang unik, nanas juga memberikan beberapa manfaat kesehatan, sebagai berikut.
1. Menghilangkan Panas:
Nanas mengandung kandungan air yang tinggi, dan rasanya yang manis dan asam membuatnya menjadi buah yang bagus untuk menghilangkan panas selama musim panas.
2. Meningkatkan Nafsu Makan:
Nanas memiliki efek memperkuat lambung dan membantu pencernaan. Aroma yang menarik dari nanas berasal dari senyawa asam butilnya, yang merangsang produksi air liur dan meningkatkan nafsu makan.
3. Diuretik dan Mengurangi Pembengkakan:
Kandungan air tinggi dalam nanas, bersama dengan kandungan kalium, kalsium, dan gula yang tinggi, membuatnya menjadi diuretik yang efektif yang membantu detoksifikasi. Ini membuatnya menjadi buah yang ideal untuk orang dengan hipertensi, edema nefritis, dan dahak batuk.
4. Menurunkan Tekanan Darah dan Lemak:
Enzim nanas membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah dan melangsingkan lemak darah, membuatnya menjadi buah yang bagus untuk mencegah deposit lemak.
5. Kebersihan Gigi:
Bromelain juga secara efektif menghapus kotoran dari permukaan gigi, menghasilkan senyum yang lebih cerah dan putih.
6. Kecantikan dan Perawatan Kulit:
Nanas mengandung 30 miligram Vitamin C per 100 gram daging buah, membuatnya menjadi antioksidan yang sangat baik yang membantu menghambat pembentukan melanin. Ini pada gilirannya membuatnya menjadi agen pencerah yang efektif untuk bintik-bintik usia dan mengurangi insiden bintik-bintik hitam. Vitamin B dalam nanas juga membantu menutrisi kulit dan mencegah kekeringan.
7. Penurunan Berat Badan dan Kebugaran:
Nanas mengandung serat nabati yang tinggi, membuatnya efektif dalam mengurangi penyerapan lemak dan mempromosikan peristaltik gastrointestinal, yang dapat membantu mencegah sembelit.