Kue Kacang Italia
Kue kacang almond Italia menjadi kue ketiga yang paling banyak diekspor di Italia, setelah biskuit jari dan kue almond. Ricetta cantuccini pertama kali dituliskan pada abad ke-18 dalam manuskrip Amadio Baldanzi, seorang sarjana Prato, dan sekarang ada di Arsip Nasional Prato.
Sejak Cantuccini menjadi kue Italia ketiga yang paling banyak diekspor, setelah biskuit jari dan kue almond. Untuk mempertahankan status tradisional produksi Cantuccini, wilayah Toscana menerapkan aturan ketat untuk produksi Cantuccini, mulai dari memilih bahan mentah hingga mengontrol kondisi kelembaban.
Spesifikasi paling tradisional untuk produk jadi harus memiliki panjang 10 cm, lebar 2,8 cm, dan tinggi 3 cm, dengan baris diagonal potongan biji yang konsisten. Kelembaban harus dijaga antara 3% dan 7%, yang merupakan dasar untuk menjaga permukaan Cantuccini tetap renyah dan aromatik. Namun, aturan tersebut hanya merupakan selembar kertas. Terdapat banyak produsen kue artisanal di Italia, setiap wilayah memiliki citarasa yang sesuai dengan selera masing-masing, dan setiap produsen artisanal memiliki resep leluhur mereka sendiri, sehingga bahkan di dalam Italia Anda dapat menemukan berbagai macam Cantuccini yang berbeda.
Cara Membuat Cantuccini
Bahan untuk Cantuccini dengan kue kacang almond Italia panjang:
- 100 gram almond kulit
- 2 butir telur
- 250 gram tepung terigu
- 50 gram mentega hewan
- 250 gram gula putih
- 1 bungkus bubuk gula putih
Cara membuat kue kacang almond Italia Cantuccini:
1. Campur telur, gula, mentega hewan, dan gula putih bubuk.
2. Tambahkan tepung terigu dan almond, kemudian campur semuanya.
3. Uleni semuanya hingga menjadi bola, ratakan adonan dan tekan menjadi lembaran pipih panjang.
4. Masukkan adonan ke dalam lemari es dan biarkan membeku selama setengah jam.
5. Potong adonan menjadi 2 bagian, letakkan diatas loyang yang sudah dilapisi kertas baking dan masukkan ke dalam oven pada suhu 180 derajat selama 20 menit.
6. Setelah dipanggang, keluarkan kue dan potong dua cookies panjang secara diagonal sekali.
7. Letakkan kue di atas permukaan datar dan lanjutkan memanggang dalam oven selama 1 hingga 2 menit (hingga bagian atas sedikit keemasan) pada suhu 250 derajat F. Keluarkan dari oven setelah 1 menit.
Sekarang, Cantuccini yang lezat siap disajikan. Tampak mudah, bukan?