Ayo Bersih-Bersih!
Semenjak adanya pandemi Covid-19, kita semakin mengerti betapa pentingnya untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terkasih. Tidak hanya berkegiatan di luar rumah, kalian juga menghabiskan quality time bersama mereka di rumah.
Selama Covid-19 masih melanda, penting bagi kita untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, apalagi rumah kita sendiri. Membersihkan lingkungan sekitar beserta rumah, ternyata punya banyak keuntungannya!
Ayo kita simak, apa saja keuntungan dari bersih-bersih!
Menghilangkan stres
Lebih banyak kekacauan berarti lebih banyak stres. Jadi, tidak mengherankan bahwa pekerjaan rumah dapat mengurangi stres dan kecemasan hingga 20 persen, menurut Survei Kesehatan di Skotlandia. Namun, kamu memang membutuhkan 20 menit aktivitas untuk mendapatkan efek ini. Menggunakan produk pembersih beraroma lemon dapat membantumu menghilangkan stres lebih cepat. Penelitian menunjukkan aroma ini mengurangi stres dan meninggalkan kesan positif pada orang lain.
Membantu bernapas lebih baik
Jika kamu rentan terhadap alergi atau serangan asma saat musim hujan tiba, jangan menganggap serbuk sari adalah satu-satunya penyebabnya. Debu di dalam rumah pun bisa memicu munculnya alergi dan asma. "Debu dan bulu hewan peliharaan adalah pemicu asma yang kuat, terutama pada anak-anak," kata Jennifer McDonnell dari Rush University Medical Center.
Memperbaiki mood
Membersihkan rumah secara menyeluruh dan menjaganya tetap bersih adalah salah satu pendorong suasana hati atau mood yang pasti ingin kamu jadikan sebagai kebiasaan.
Dalam sebuah studi dari Personality and Social Psychology Bulletin, perempuan yang menggambarkan rumah mereka sebagai stres, khususnya berbicara tentang berantakan dan pekerjaan rumah yang belum selesai, lebih cenderung memiliki suasana hati yang semakin tertekan sepanjang hari. Itu, pada gilirannya, menyebabkan lebih banyak kelelahan setelah bekerja.
Di sisi lain, perempuan yang menggambarkan rumah mereka sebagai tempat yang santai dan tidak terlalu berantakan menjadi tidak terlalu tertekan seiring berjalannya hari.
Memperbaiki kualitas tidur
Orang yang merapikan tempat tidur setiap hari memiliki kemungkinan 19 persen lebih tinggi untuk tidur nyenyak secara konsisten, menurut National Sleep Foundation. Sebuah survei dari organisasi tersebut juga menemukan bahwa 75 persen responden tidur lebih nyenyak di atas seprai bersih karena lebih nyaman.
Menangkal penyakit
Salah satu manfaat membersihkan rumah yang paling utama adalah menangkal penyakit. Pasalnya, rumah yang bersih bikin virus dan bakteri ‘malas’ untuk berkembang biak. Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas di rumah dengan aman, nyaman, dan higienis.
Terlebih lagi, menyemprotkan hunian dengan desinfektan dan antiseptik akan jauh lebih bersih. Disinfektan berfungsi membunuh atau menghambat bakteri, virus, dan jamur. Cairan yang bisa dibuat sendiri ini bisa dipakai pada perabotan, lantai, maupun seluruh ruangan.
Sementara itu, antiseptik berguna melawan dan menghambat kuman, serta mikroorganisme lainnya pada jaringan hidup, seperti tangan dan kaki.
Mikroorganisme dapat hinggap pada piring kotor, kasur maupun lantai. Tidak hanya dari debu yang terbawa melalui alas kaki namun karena kelembaban tinggi.
Meningkatkan kenyamanan bagi tamu
Manfaat membersihkan lingkungan rumah tidak hanya berpengaruh pada penghuninya saja, melainkan juga bagi para tamu yang datang. Ketika rumah bersih, tamu akan lebih nyaman untuk tinggal berlama-lama di rumahmu.
Selain itu, tamu dapat menilai kepribadian dari kondisi rumah yang dihuni. Apabila tampak rapi dan bersih, kamu bisa dianggap sebagai pribadi yang rajin.
Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Tidak hanya membuat tubuh jadi aktif bergerak, bersih-bersih rumah juga bisa meningkatkan imun tubuh. Rumah yang bersih tentu akan mengurangi risiko gangguan pernapasan.
Apalagi, tumpukkan debu, jamur, dan lumut, rentan membuat tubuh jadi mudah alergi, terutama ketika musim hujan. Jadi, bersihkan rumah secara rutin!
Melancarkan aktivitas di dalam rumah
Kamu pasti akan merasa sulit menemukan barang yang dibutuhkan jika rumah kotor dan berantakan. Mengatur letak barang dan peralatan rumah dengan benar sesuai tempatnya dapat membuat kamu lebih produktif, lho.
Itulah kegiatan di rumah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan rumah. Namun, selain membersihkan rumah, sebaiknya kamu juga tetap menjaga pola makan sehat agar kondisi tubuh tetap terjaga.