Membuat Tas Hadiah
Tas ini juga mahal, terutama jika Anda membeli tas yang lebih besar dan berat, dan isinya tidak selalu sesuai dengan yang diinginkan. Buatlah tas hadiah Anda sendiri dan simpan sampai saatnya Anda memberikan kado kepada seseorang.
Membuat Tas Hadiah Sederhana
1. Pilih bahan tas hadiah. Anda bisa membuat tas hadiah menggunakan bermacam tipe kertas yang tersedia, termasuk kertas kraft cokelat, kertas scrapbook berpola, dan kertas kado. Namun, tidak disarankan memakai karton cardstock karena terlalu kaku.Kalau ukuran kertas tidak tepat, potonglah. Pastikan bentuknya segiempat.
2. Hias kertas polos. Kalau Anda menggunakan kertas warna polos, semacam kertas kraft cokelat, ada baiknya Anda menghiasnya. Dengan demikian, hasil karya Anda akan tampak menarik layaknya tas hadiah alih-alih kantung kertas biasa. Siapkan cat dan stensil, dan bubuhkan desain-desain cantik pada kertas.
3. Lipat tepi atas kertas ke bawah. Atur orientasi kertas sehingga membentang (lanskap), dan bagian dengan desain atau hiasan menghadap ke atas. Lipat tepi atas kertas (sisi panjang) ke bawah sebanyak 2,5-5 cm. Tajamkan lipatan dengan mengusapnya memakai kuku.Supaya lebih mewah, potong tepi kertas dengan gunting penghias tepi (pinking shear) terlebih dahulu sebelum melipatnya.
4. Balik kertas sehingga bagian belakangnya menghadap Anda. Bagian yang dilipat seharusnya kini datar menghadap permukaan kerja. Pastikan lipatan masih berada di sepanjang tepi atas kertas.
5. Lipat kedua sisi lebar kertas menuju tengah dan membentuk tabung. Tumpang tindihkan lipatan sebanyak 1,5 cm. Kalau mau, Anda bisa mengusap sepanjang lipatan dengan kuku supaya tajam. Kalau Anda menginginkan tas yang bentuknya lebih oval, jangan tajamkan lipatan tepi kertas.
6. Rekatkan tepi kertas dengan lem atau selotip. Buka lipatan atas kertas. Oleskan lem atau tempelkan selotip bersisi ganda di sepanjang pinggiran lipatan bawah. Tekan lipatan atas. Usapkan jari Anda di sepanjang lipatan untuk merapatkannya.Kalau Anda memakai lem stik, pastikan tidak ada lem yang berada di bagian dalam tas hadiah.
7. Lipat tepi bawah sebanyak beberapa sentimeter. Makin besar lipatan, kian lebar dasar tas hadiah Anda. Idealnya, lipatlah sebanyak 8-12 cm.
8. Buka kantong yang dihasilkan lipatan, dan pipihkan. Saat melipat bagian bawah tas hadiah, Anda akan turut membuat kantong. Lipat bagian atas kantong ini ke bawah dan ratakan. Usapkan kuku jari ke sepanjang sisi miring untuk menajamkannya.
9. Lipat sisi atas dan bawah bentuk berlian menuju tengah. Bentuk berlian di dasar tas ini memiliki dua label atau lidah di bagian atas dan bawahnya. Lipatlah ke tengah, dan buatlah agak bertumpang-tindih.
10. Rekatkan bagian dasar tas dengan selotip atau lem. Buka lipatan atas dasar tas. Oleskan lem di sepanjang pinggiran lipatan bawah, atau tempelkan beberapa setrip selotip bersisi ganda. Tekan lipatan atas ke bawah dan usapkan jari di sepanjang lipatan sehingga perekat melekat erat.
11. Buat dua lubang sebagai gagang di depan dan belakang tas. Lubang ini sebaiknya berjarak 1,5 cm dari tepi atas tas. Jarak antara kedua lubang ini sebaiknya lebih dekat satu sama lain dibandingkan jarak ke sisi tas.Kalau kertas Anda cukup tipis, cukup tusukkan lubang menembus kedua lapis kertas sekaligus.
12. Potong pita sebagai gagang tas. Ukur dan potong dua setrip pita yang sama panjang. Untuk tampilan lebih kuno, gunakan benang rajut atau sulur kuat.Pilih warna yang serasi dengan tas hadiah.
13. Pasangkan gagang pita. Masukkan ujung pita ke masing-masing setiap lubang dari luar sisi depan tas. Ikatkan ujung pita menjadi simpul di dalam tas. Jungkir balikkan tas, dan lakukan hal serupa di sisi belakang tas.
14. Lipat sisi tas jika Anda ingin membuatnya berbentuk segiempat. Kalau Anda membuka tas sekarang, bentuknya akan serupa kantong oval. Jika Anda ingin membuatnya berbentuk segiempat, seperti tas biasa pada umumnya, ikuti langkah-langkah berikut:Lipat tepi sisi kiri dan kanan sampai lebar dasar tas sama dengan lebar bagian atasnya.
Usapkan kuku jari di sepanjang tepi untuk membuat lipatan.
Buka tepi dan balik tas.
Lipat kembali sisi-sisi tas, dan usapkan kuku jari di sepanjang tepi untuk membuat lipatan.
15. Buka tas. Tas hadiah Anda kini sudah siap digunakan! Masukkan hadiah-hadiah Anda di dalamnya. Turut masukkan sejumlah tisu kalau diperlukan supaya tas tampak penuh.Jika Anda melipat tas untuk membuatnya berbentuk segiempat, seperti tas tradisional, Anda mungkin perlu menyesuaikan lipatan yang dibuat.