Dance Yang Membakar Kalori
Dance atau menari merupaka salah satu cara yang bagus untuk memicu detak jantung Anda, menyingkirkan kelebihan lemak dalam tubuh, dan membangun otot. Banyak orang menikmati kegiatan jenis dance seperti ini dibanding olahraga lain.
Sebab latihan dance melibatkan berbagai gerakan secara dinamis dari berbagai kelompok otot sehingga mampu membakar sejumlah besar kalori.
Jumlah kalori yang dibakar saat olahraga berbeda-beda untuk setiap individu. Jumlah kalori yang Anda bakar selama melakukan dance tergantung kepada berat badan, persentase lemak tubuh, kepadatan otot, serta intensitas dan durasi latihan Anda. Mari kita lihat berbagai jenis dance dan manfaatnya berikut ini.
Jenis dance untuk membakar kalori:
1. Modern jive
Modern jive, yang juga dikenal sebagai LeRock dan Ceroc, merupakan perkembangan tarian jive dan swing dengan menggabungkan keduanya menjadi tarian yang lebih sederhana. Tidak ada gerakan kaki untuk mempelajarinya, sehingga dalam waktu setengah jam Anda akan dibuat untuk melakukan gerakan berbalik dan berputar dengan banyak pasangan yang berbeda.
Jenis dance ini dapat membakar antara 300 – 550 kalori, namun itu tergantung dengan seberapa banyak manuver intensif yang dilakukan, bahkan Anda bisa membakar kalori lebih dari itu.
2. Street dance
Street dance merupakan bentuk tarian yang banyak dikenal anak muda karena sering dilakukan di jalanan, halaman sekolah, klub atau tempat lainnya. Bentuk dari street dance seperti hip hop, popping, locking, krumping, dan breaking, dapat menjadi sebuah seni yang kompetitif dan latihan yang mengasyikkan.
Apabila Anda melakukan street dance ini dalam intensitas yang tinggi, dmaka ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Mulai dari meningkatkan kebugaran aerobik, meningkatkan fungsi mental, koordinasi, fleksibilitas, kelincahan, dan membantu mengendalikan berat badan.
Street dance dalam bentuk hip-hop dan breakdance sedikit berbeda. Dalam hip hop, tubuh Anda akan memberikan respon terus-menerus dengan gerakan besar yang mengikutsertakan otot seluruh tubuh Anda. Hiphop dapat membakar kalori sebanyak 370 untuk berat badan ringan, hingga 610 kalori untuk berat badan 80 kg ke atas dalam waktu hanya satu jam. 
3. Ballet
Ballet merupakan tarian yang menampilkan keanggunan, keluwesan, dan langkah yang mantap. Jenis dance ini membutuhkan fleksibilitas dan kekuatan kaki yang tinggi.
Ballet kini terdiri dari tiga bentuk utama yaitu klasik, neoklasik, dan kontemporer. Latihan ballet dapat membakar kalori sebanyak 389 – 450 kalori per jamnya.
4. Salsa
Salsa adalah tarian berpasangan yang berasal dari Spanyol dan merupakan tarian yang energik, bergairah, dan terlihat seksi gerakannya. Salsa menggabungkan gaya Afro-Caribbean dan Latin yang menjadikan tariannya semakin menarik. 
Tarian ini dapat membakar kalori mencapai 405 kalori per jamnya untuk berat badan 63 kg dan sekitar 480 kalori untuk berat badan 82 kg.
5. Zumba
Zumba adalah program kebugaran populer yang terinspirasi oleh Latin dance. Kata “zumba” berasal dari Kolombia yang berarti bergerak cepat dan bersenang-senang. Dengan menggunakan musik Latin upbeat bersama latihan kardiovaskular, jenis dance ini merupakan aerobic dance yang menyenangkan dan mudah untuk dipelajari.
Wanita dalam kisaran berat badan antara 54 – 77 kg, akan membakar sebanyak 350 – 650 kalori dalam satu jam latihan zumba jika mereka melakukannya dengan intensitas penuh. Beberapa faktor yang mempengaruhi pengeluaran kalori tersebut termasuk berat badan, konten otot, tingkat kebugaran, dan lain-lain.
6. Tap dance
Tap dance menggunakan sepatu dengan pelat logam kecil di alasnya untuk membuat musik tarian itu sendiri. Tap dance berkembang di Amerika dan berakar dari tarian Afrika, tarian Irlandia, dan clog dance.
Jenis dance ini merupakan sebuah latihan kardio yang baik, dan kaki adalah bagian tubuh yang paling banyak bergerak dalam dance ini. Tap dance memiliki jangkauan yang luas dalam hal pembakaran kalori, yaitu antara 200 – 700 kalori per jam, tergantung pada kecepatan, langkah, dan jumlah usaha yang diperlukan untuk bergerak.
Semoga informasi ini bermanfaat!