Pentingnya Hidup Sehat
Sejak adanya pandemi, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga hidup yang sehat. Mari kita simak apa saja yang bisa kita lakukan.
Konsumsi Vitamin D
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Kamu juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darahmu. Namun sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.
Kurangi Asupan Gula
Gula adalah salah satu sumber penyakit yang sering tidak disadari. Konsumsi gula berlebihan bisa memicu berbagai penyakit mulai dari obesitas, diabetes, gangguan fungsi ginjal, hati, hingga kesehatan mental. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan kita membatasi konsumsi gula maksimal sebanyak 50 gram per hari atau setara 4 sendok makan. Sedangkan American Heart Association membatasinya maksimal sebanyak 9 sendok teh per hari atau 150 kalori untuk laki-laki dan 6 sendok teh atau 100 kalori untuk wanita.
Hingga saat ini, gula selalu menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari makanan kalengan, saos botolan, beras putih, madu hingga minuman seperti kopi gula aren, minuman bersoda, boba milk tea dan lain sebagainya.
Agar kesehatan tubuh lebih terjaga dalam jangka panjang, kita perlu mengubah diet kita dengan mengurangi asupan gula. Salah satu cara mudah adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur, mengurangi konsumsi tepung, dan bertahap mengurangi gula dalam masakan atau minuman rutin kita.
Olahraga Secara Teratur
Olahraga dapat memberikan manfaat, baik secara fisik maupun psikologis. Kedua hal tersebut tentu saja dapat memengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurang stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit. Hal ini tidak hanya bisa kalian lakukan di pusat kebugaran, tapi juga di rumah kalian masing-masing. Dengan pesatnya kemajuan di dunia teknologi, menemukan video untuk membantumu berolahraga bukan lagi hal yang menjadi kendala. Jika kamu bosan, kamu juga bisa sekedar berjalan kaki ringan bersama teman ataupun binatang peliharaanmu di sekitaran rumah.
Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri. Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih. Hal ini disebabkan oleh sitokin yang dilepaskan tubuh selama tidur yang lama. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kelola Stres
Stres sudah terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit. Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang mengalami stres kronis ternyata dapat mengurangi kemampuan hormon tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami peradangan dan rentan terhadap penyakit. Jadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat adalah dengan mengendalikan stres. Kamu bisa coba lakukan latihan yoga atau meditasi untuk mengendalikan atau menghilangkan stres.
Menjaga Kebersihan
Cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkukan sekitar. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari serangan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa cara menjaga kebersihan yang baik:
• Mandi setiap hari
• Cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan, dan setelah makan.
• Cuci tangan sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang bersentuhan dengan mata atau mulut.
• Cuci tangan selama 20 detik dan gosok di bawah kuku jari.
• Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin.
Memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan pola hidup kita sebelumnya dan belum tentu dengan menjaga pola hidup sehat, maka kita dipastikan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Meski begitu, dengan melakukan beberapa pencegahan dan tetap konsisten dalam menjalankannya, kita bisa meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi di kemudian hari.