Lezat dan Sehat
Keju merupakan produk susu populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Keju dibuat melalui proses fermentasi susu, yang mirip dengan proses pembuatan yogurt. Baik keju maupun yogurt mengandung bakteri asam laktat, yang bermanfaat bagi kesehatan kita.
Proses produksi keju melibatkan konsentrasi susu, yang menghasilkan konsentrasi tinggi protein, kalsium, lemak, fosfor, dan vitamin dalam setiap kilogram keju. Oleh karena itu, keju dianggap sebagai produk makanan alami dan murni.
Ada lebih dari 8.000 jenis keju di dunia, dan mereka dapat diklasifikasikan dalam berbagai kategori berdasarkan faktor-faktor seperti waktu fermentasi, tekstur, metode produksi, kandungan lemak, sumber susu, dan tempat asal.
Klasifikasi pertama keju didasarkan pada kadar airnya, yang menentukan kekerasan atau kelembutannya. Ada empat kategori keju berdasarkan kadar air, yakni lunak, semi-lunak, sedang-keras, dan keras. Keju lunak memiliki kadar air yang tinggi, lembut dan lembab, dan memiliki aroma segar dari susu. Namun, keju lunak memiliki umur simpan yang singkat dan harus dikonsumsi dengan cepat. Keju semi-lunak memiliki rasa yang lebih ringan dan lebih banyak kelembaban dibandingkan dengan keju keras. Keju sedang-keras adalah transisi antara keju lunak dan keras, dimana memiliki rasa yang ringan dan lembut. Keju keras, di sisi lain adalah keju yang paling umum dikonsumsi. Ia memiliki tekstur yang lebih keras, rasa sedikit asin, kadar air rendah, dan diolah lebih lama dibandingkan dengan keju lunak.
Klasifikasi kedua keju didasarkan pada sumber susu yang digunakan dalam produksinya. Sumber susu yang paling umum digunakan untuk produksi keju adalah susu sapi. Sumber susu lain yang digunakan untuk produksi keju termasuk susu kambing, susu domba, dan susu keledai. Keju kambing memiliki rasa sedikit asam dan tekstur yang mirip dengan kacang-kacangan. Keju domba memiliki rasa dan tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan keju kambing dan merupakan pilihan yang baik untuk orang yang alergi susu tetapi suka keju. Keju dari susu keledai, yang dikenal sebagai keju Pulai, adalah keju termahal di dunia dan dibuat menggunakan susu keledai, yang unik dari sebuah taman alam di Serbia.
Sebagai kesimpulan, keju adalah produk susu yang lezat dan bergizi yang dinikmati oleh kebanyakan orang di seluruh dunia. Dengan berbagai macam jenis keju, dan telah hadir untuk memenuhi setiap kebutuhan selera setiap orang. Baik Anda lebih menyukai rasa yang ringan dan lembut atau rasa yang lebih asam, semua dapat dipilih sesuai dengan selera masing-masing.