Manfaat Gelombang Laut
Gelombang laut merupakan pergerakan dari naik dan turunnya air memakai arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk grafik.
Gelombang laut terbentuk dengan cara partikel air yang ada dalam satu tempat, bergerak dalam sebuah lingkaran, naik dan turun memakai sebuah gerakan kecil dari sisi satu kembali ke sisi awal dimana gerakan tersebut merupakan gambaran bentuk dari gelombang laut. Berikut manfaat gelombang laut:
Menjaga Kestabilan Suhu dari Iklim Dunia
Terjadinya gelombangan laut adalah karena angin yang berhembus. Jika tidak ada angin, maka gelombang laut itu tidak akan terbentuk. Manfaat energi gelombang laut ini bisa untuk mengurangi suhu yang ekstrem di bumi dengan cara memindahkan air dingin dari kutub. Selain itu, dalam waktu yang bersamaan gelombang laut juga akan menggerakkan air hangat dari katulistiwa ke tempat yang bersuhu dingin dan membuat iklim di dunia menjadi stabil.
Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Makhluk Hidup
Gelombang laut yang pecah di pantai nantinya juga membuat makhluk hidup yang ada di laut harus bisa lebih kuat dan bisa beradaptasi agar bisa bertahan sehingga tidak terbawa gelombang laut menuju pantai. Tanpa adanya gelombang laut, maka juga tidak akan ada sebagian spesies yang hidup di laut.
Sebagai Sarana Olahraga
Manfaat energi gelombang laut bagi manusia adalah sebagai sarana olahraga. Ya, sahabat Dream pasti pernah melihat orang yang bermain selancar di laut. Agar papan selancar bisa bergerak, maka dibutuhkan gelombang laut. Dengan begitu, papan tersebut dengan orang yang berdiri di atas papan bisa beraksi dengan sangat indah. Bahkan olahraga selancar ini pun juga dilombakan secara nasional hingga internasional.
Meningkatkan Kemampuan Adaptasi dan kekuatan dari makhluk hidup
Karena gelombang pecah di pantai, makhluk yang ada di laut harus lebih kuat dan lebih beradaptasi untuk bertahan tidak terbawa oleh ombak ke pantai. Tanpa gelombang, tidak akan ada sebagian spesies yang hidup di laut.
Gelombang Laut Membantu Adanya Hubungan Simbiosis Mutualisme 
Sementara gelombang Laut yang mengikis karang dengan terus menerjang pada mereka, organisme laut telah beradaptasi dengan ini dan menempel ke karang-karag tersebut sehingga disini membantu adanya penundaan pengikisan batu karang tersebut dalam hal ini terjadi hubungan simbiosis sejati.
Membantu Dalam Membentuk Pantai
Pantai bisa terbentuk karena pasir yang dibawa naik dari dasar laut dengan bantuan gelombang laut yang sekaligus juga mencuci dan membersihkan pasir. Pasir akan diaduk dan tersuspensi dalam air sehingga nantinya bisa dibawa ke pantai oleh gelombang laut sehingga akhirnya pantai bisa terbentuk.
Itu dia manfaat gelombang laut untuk kehidupan. Semoga bermanfaat!