Tips Memilih Warna Cat
Memilih warna cat untuk dekorasi rumah bukanlah sesuatu hal yang mudah. Karena warna cat tembok itu sendiri dapat memberi pengaruh suasana di dalam rumah.
Contohnya, kamar anak mungkin akan lebih menarik dengan pemilihan cat warna yang cerah. Sementara, ruang kerja akan lebih nyaman jika di cat menggunakan warna-warna netral.
Supaya tidak kebingungan, yuk ketahui tips memilih warna cat tembok untuk dekorasi rumah yang telah dilansir dari laman The Spruce dan Hey There Home
1. Pelajari detail arsitektur rumah
Salah satu tips memilih warna rumah adalah dengan mempelajari setiap detail elemen arsitektur di dalam rumah.
Beberapa warna cat memiliki suasana yang dapat memberikan kehangatan dan kesejukan dalam sebuah ruangan, sementara warna lain memunculkan keberanian.
Contohnya, memilih warna batu-bata dengan aksen bintik-bintik abu-abu gelap tentu berbeda dengan pemilihan warna pada gips yang umumnya memiliki aksen warna biru.
Selalu perhatikan setiap aksen warna satu elemen dengan lainnya, sehingga mereka memiliki warna yang senada.
2. Pilih finishing warna cat yang tepat
Selain memilih warna cat yang tepat, pemilihan lapisan cat juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya, proses finishing ini akan mempengaruhi tampilan warna cat yang sudah diaplikasikan pada tembok.
Hasil akhir pelapisan cat terbagi menjadi lima kategori, yaitu matte, kulit telur, satin, semi gloss, dan high gloss. Kamu dapat menentukan tampilan akhir cat sesuai selera.
3. Lihat warna cat dalam berbagai kondisi
Sebelum mengaplikasikan cat warna ke seluruh bangunan di rumah. Terlebih dahulu gunakan sebuah dinding uji bata mini dari kayu lapis yang dihadapkan ke jalan raya, sebagaimana posisi rumah dibangun.
Setelah itu, aplikasikan terlebih dahulu pilihan warna cat tersebut pada dinding uji dan lihat warna cat pada pagi, siang, sore, dan malam, baik saat cerah maupun mendung. Hal ini penting untuk dilakukan karena warna cat bisa berubah berkat pengaruh lingkungan, matahari, dan cuaca.
4. Gunakan warna netral
Jika kamu tidak terlalu menyukai cat dengan terlalu banyak warna yang berbeda. Maka, sebaiknya gunakan pilihan cat warna netral untuk seluruh bagian tembok, supaya tidak terlihat kontras antara satu dengan lainnya.
Sementara itu, pada bagian kamar mandi, dapat digunakan warna yang lebih tebal dari bagian tembok lain, atau warna putih.
5. Sesuaikan dengan furniture
Selain menyesuaikan dengan tekstur elemen dinding, pemilihan cat juga harus disesuaikan dengan furniture yang ada di dalam rumah. Kamu dapat melakukannya dengan meletakkan tone warna cat yang kamu pilih bersandingan dengan furniture utama, seperti meja atau kayu sebelum akhirnya memilih warna tersebut.