Keindahan Bunga
Apakah ada teknik untuk memperpanjang masa berbunga?
Terdapat beberapa cara untuk dapat memperpanjang masa berbunganya, sebagai berikut.
1. Gunakan Vitamin C atau Gula
Trik pertama adalah dengan menggunakan vitamin C atau gula putih. Cara penggunaannya adalah dengan menghancurkan vitamin C menjadi fragmen kecil, memotongnya kecil-kecil, dan menyimpannya dalam air. Kemudian, potong ranting dari bunga mawar dan letakkan dalam air bersih yang dicampur dengan vitamin C tersebut. Ini dapat membuat masa kesegaran mawar lebih lama, dan kita juga bisa menambahkan sedikit gula ke dalam air. Kemudian, potonglah sedikit bagian dari ranting mawar dan letakkan mawar dalam air yang dicampur dengan gula, hal ini juga dapat memperpanjang masa kesegaran mawar.
2. Tambahkan Garam Secukupnya
Trik kedua adalah dengan menambahkan sedikit garam dalam air, yang bisa tidak hanya membuat bunga-bunga memiliki masa simpan yang lebih lama tetapi juga membuatnya mekar dengan lebih cerah, karena garam yang biasa kita konsumsi dapat menghentikan pertumbuhan bakteri dalam air. Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa masa simpan mawar lebih lama. Namun, perlu diingat bahwa jumlah garam yang ditambahkan ke dalam air tidak boleh berlebihan; yaitu, konsentrasi garam tidak boleh terlalu tinggi. Jika konsentrasi terlalu tinggi, hal ini tidak hanya gagal memperpanjang masa simpan bunga tetapi juga akan memperpendeknya.
3. Gunakan Teh
Jenis lain yang dapat memperpanjang masa simpan bunga adalah teh, kita bisa langsung menggunakan teh sebagai pengganti air, sehingga efek memperpanjang masa simpan bunga juga sangat baik, menggunakan teh tidak hanya memperpanjang masa simpan bunga tetapi juga membuat bunga menjadi lebih harum.
4. Gunakan Pengawet Bunga Segar
Selain itu, bisa digunakan pengawet bunga segar untuk menjaga kesegaran bunga. Jenis pengawet bunga segar ini biasanya bisa dibeli di pasar. Setelah membeli pengawet bunga segar, tuangkan beberapa pengawet bunga segar ke dalam air segar untuk rangkaian bunga. Jenis pengawet bunga segar ini dapat efektif memperpanjang masa simpan bunga, jadi jika Anda tidak ingin membuatnya sendiri, maka Anda bisa membeli jenis pengawet bunga ini untuk memperpanjang masa simpan bunga.
Cara lain yang dapat digunakan ialah, memotong bagian bawah ranting mawar dengan sudut kemudian ditempatkan dalam botol, karena kemiringan ini akan meningkatkan penampang cabang bunga yang bersentuhan dengan air, dengan demikian ini akan dapat membantu dalam memperpanjang umur cabang bunga. Ketika mawar menunjukkan tanda-tanda layu, potong bagian kecil di ujung tangkai bunga dan letakkan dalam wadah yang diisi dengan air dingin, hanya menyisakan kepala bunga di atas permukaan air. Setelah 1-2 jam, tangkai bunga akan segar kembali.