Kebiasaan Membaca
Kapan terakhir kali Anda membaca buku atau artikel majalah penting?
Apakah kebiasaan membaca harianmu berkutat pada headline dari media berita utama hari ini?
Jika Anda belum terbiasa membaca secara teratur, maka Anda pasti akan kehilangan banyak informasi penting. Sebenarnya, memiliki kebiasaan membaca yang teratur memiliki banyak manfaat.
1. Stimulasi Mental (olahraga otak)
Penelitian menunjukkan bahwa stimulasi mental yang konstan dapat melambatkan (dan mungkin bahkan mencegah) penyakit Alzheimer dan dementia, karena menjaga otak tetap aktif. Seperti otot lain dalam tubuh, otak juga memerlukan latihan untuk tetap kuat dan sehat.
2. Relaksasi
Tidak peduli seberapa stres Anda di tempat kerja, dalam hubungan, atau dengan berbagai masalah lain yang Anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari, ketika Anda tenggelam dalam sebuah cerita, maka semua stres dan khawatir akan lenyap. Sebuah novel yang hebat dapat membawamu ke dunia yang baru, sementara sebuah esai yang menarik dapat mengalihkan perhatian Anda.
3. Meningkatkan Pengetahuan
Semua yang Anda baca penuh dengan informasi baru, dan Anda tidak pernah tahu kapan itu bisa berguna. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin siap Anda dalam menghadapi tantangan apa pun yang Anda hadapi. Ingatlah bahwa jika suatu hari Anda berada dalam situasi yang sangat buruk, meskipun Anda mungkin kehilangan segalanya, pekerjaan, harta benda, uang, bahkan kesehatan, namun pengetahuan di kepala seseorang tidak akan pernah terambil darinya.
4. Meningkatkan Fokus
Ketika kamu membaca sebuah buku, semua perhatian Anda akan terpusat pada cerita. Cobalah membaca selama 15-20 menit sebelum bekerja (misalnya dalam perjalanan ke tempat kerja jika Anda menggunakan transportasi umum), maka Anda akan menyadari bahwa membaca akan membantu Anda dalam melatih kemampuan fokus terhadap suatu pekerjaan.
Berikut ini beberapa rekomendasi buku yang menarik.
1. "Sejarah Singkat Manusia"
Ini adalah buku sejarah yang telah meledak ke dalam daftar buku terlaris internasional dalam beberapa tahun terakhir. Buku ini memberikanmu perspektif yang baru tentang sejarah manusia. Menggunakan bahasa populer dan sudut pandang yang segar untuk mengeksplorasi kebahagiaan individual dalam proses perkembangan manusia, dan tidak pernah melewatkan bagian sejarah yang paling penting dan menarik.
2. "Lima Belas Tahun Wanli"
"Lima Belas Tahun Wanli" adalah sebuah klasik yang mengubah cara orang Tiongkok dalam membaca, dan ini adalah karya terkenal dari Mr. Huang Renyu, seorang sejarawan Tionghoa-Amerika.
3. "Bulan dan Sekeping Duit"
Charles, seorang bankir, adalah orang yang berusia pertengahan dan sukses dalam karirnya. Untuk mengejar impian rahasia melukisnya, tiba-tiba ia meninggalkan istri, putra, dan rumahnya. Dia sangat sadar bahwa setiap identitas seseorang adalah jenis pencarian jati diri. Prototipe dari buku ini adalah seniman Prancis Gauguin, dan banyak detail legendaris telah ditambahkan. Para seniman dalam buku ini membuat beberapa pilihan yang diinginkan oleh orang biasa namun tidak berani, sehingga mereka dapat mendapatkan kepuasan maya. Bulan mewakili cita-cita yang mulia, dan sekeping duit mewakili kenyataan.