Minyak Atsiri Rosemary
Rosemary sangat bermanfaat bagi sistem pernapasan.
Untuk penyakit pernapasan seperti pilek dan bronkitis, rosemary dapat digunakan.
Efek paling terkenal dari rosemary ialah dapat membantu meningkatkan daya ingatan, sehingga tentunya ini akan sangat cocok untuk orang kantoran yang diharuskan untuk selalu berfikir.
Ini juga bermanfaat bagi hati dan kantung empedu, membantu detoksifikasi dan pemurnian; juga membantu pendarahan menstruasi, diuresis, penghilangan rasa sakit, serta meredakan nyeri rematik, asam urat, sakit kepala, dan masalah lainnya. Aroma rosemary agak mirip dengan aroma kemenyan, dan keduanya memiliki daya tembus yang kuat.
Manfaat Minyak Atsiri Rosemary
Tanaman yang telah digunakan oleh para leluhur sejak dulu dan diwariskan hingga saat ini. Ini tentu karena efektivitasnya yang luar biasa, yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Minyak atsiri rosemary terkenal karena efek desinfektan, peningkatan ingatan, dan perawatan rambut.
1. Desinfeksi dan Sterilisasi
Pada awal abad ini, Prancis masih mempertahankan tradisi membakar rosemary di rumah sakit, tetapi ketika penelitian modern mengkonfirmasi efek antiseptiknya, tradisi ini dihapuskan. Sekarang, menggunakan minyak atsiri rosemary untuk menciptakan aroma di rumah, atau menambahkannya ke air untuk membersihkan lantai, adalah cara yang terbaik untuk membersihkan rumah Anda.
2. Meningkatkan Daya Ingat
Minyak atsiri rosemary dapat merangsang sistem saraf pusat, sehingga ini cocok untuk gejala kehilangan atau penurunan fungsi sensorik seperti kehilangan kemampuan mencium rasa, dimana gangguan saraf sensorik seperti gangguan fungsi berbicara, dan saraf motorik seperti kelumpuhan sementara. Minyak atsiri rosemary juga merupakan stimulan otak yang baik.
3. Baik untuk Pertumbuhan Rambut
Minyak atsiri rosemary sangat membantu untuk disfungsi kulit kepala. Itu dapat mengurangi ketombe, merangsang pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan rambut, dan meningkatkan kilau rambut. Terutama cocok untuk mereka yang sering mewarnai dan memanaskan rambut.
4. Mengatur Sistem Pernapasan
Kemampuan penetrasi yang kuat dari minyak atsiri rosemary membuatnya menjadi obat yang baik untuk mengobati kondisi pernapasan, mulai dari pilek hingga radang selaput lendir dan sinusitis. Cara terbaik untuk mengobati jenis penyakit ini adalah dengan menggunakan metode inhalasi uap aromaterapi, yang tidak hanya membersihkan pikiran tetapi juga efektif pada fisiologi.
5. Meredakan Nyeri Otot
Rosemary adalah minyak atsiri yang bagus untuk otot yang lelah, kaku, dan tegang karena terlalu keras bekerja. Selain itu, ini juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri otot umum yang dialami oleh penari dan atlet, terutama pelari jarak jauh.