Makanan Jepang
Dango merupakan camilan ringan dengan rasa manis yang terbuat dari bahan tepung beras. Kue manis ini juga memiliki ciri khas dengan bentuk yang bulat dan teksturnya yang kenyal.
Jika dilihat sekilas, camilan ini mungkin akan mirip dengan mochi namun sebenarnya berbeda. Biasanya kue dango ditusuk menggunakan tusuk sate dan seringkali dihidangkan dengan siraman saus. Di Jepang, camilan tradisional ini sering dihidangkan saat acara keluarga, sebagai teman hidangan minum teh hijau yang hangat dan segar.
Kue yang terbuat dari tepung beras atau tepung terigu tersebut menjadi salah satu cemilan yang tentunya disukai oleh penduduk Jepang. Bentuknya yang kecil dan bulat dengan tekstur lembut, kenyal serta beberapa diantaranya memiliki rasa yang cukup hambar. Namun, Dango memiliki banyak varian yang bisa dipilih, sebagai berikut.
1. Mitarashi Dang
Salah satu jenis dango yang menjadi favorit penduduk jepang, yaitu Mitarashi Dango. Varian satu ini cukup simpel dalam membuatnya, hanya dengan campuran tepung beras, tepung ketan dan gula. Kemudian dipanggang dan diberikan saus.
Saus inilah yang menjadikan hidangan dango sangat unik. Sausnya terbuat dari campuran kecap ikan, air, tepung maizena dan gula pasir. Sehingga dango ini memiliki rasa manis dan gurih yang pas di lidah.
2. Anko Dango
Anko dango merupakan dango dengan tekstur kenyal dengan anko (pasta kacang azuki) di bagian atasnya. Jenis dango ini tentu sangat populer sebagai salah satu makanan manis tradisonal Jepang. Hidangan anko dango digemari oleh berbagi kalangan generasi secara luas, dimulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan orang dewasa.
3. Chadango
Chadango merupakan salah satu makanan manis tradisional Jepang yang tentunya paling populer, dimana ini telah dikonsumsi sepanjang tahun dan tersedia hampir di semua tempat. Chadango biasanya disajikan dengan ditusuk seperti sate, dengan tiga atau empat buah per tusuknya. Chadango merupakan cemilan yang memiliki rasa yang lezat, terutama disajikan dengan secangkir teh.
4. Bocchan Dango
Bocchan dango merupakan makanan khas yang lezat dari Kota Matsuyama, Prefektur Ehime. Jenis hidangan dango ini memiliki 3 warna dan rasa. Warna merah rasa anko (anko adalah pasta kacang merah), warna kuning rasa telur, dan warna hijau rasa matcha. Bocchan dango sedap di mata maupun di lidah.
5. Hanami Dango
Hanami dango merupakan salah satu hidangan dango yang paling disukai oleh penduduk Jepang. Varian dango satu ini terdiri dari tiga warna, yaitu hijau, putih dan merah muda yang kemudian ini dijadikan kedalam satu tusuk. Warna hijau merupakan rasa dari teh hijau (matcha), warna putih tidak memiliki rasa dan kemudian warna merah muda dengan rasa bunga sakura. Tetapi Hanami Dango dibuat hanya selama musim semi, yaitu saat bunga Sakura mekar.
6.Kinako Dango
Kinako dango merupakan salah satu jenis dango yang sangat mudah untuk dibuat di rumah karena bahan dasarnya mudah untuk didapatkan karena dijual di supermarket.
Dapat dikatakan sama dengan jenis hidangan dango lainnya, dimana kinako dango cukup menggunakan bahan adonan tepung beras yang dibentuk bulat, kemudian adonan tersebut kemudian dikukus atau direbus selama waktu beberapa menit, kemudian angkat dan sajikan dengan ditaburi tepung kedelai di bagian atasnya.
Kinako dango mempunyai cita rasa yang manis dan gurih serta bertekstur kenyal yang dapat membuat Anda tidak dapat berhenti memakannya alias ketagihan.
Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa membuat kue dango sendiri di rumah dengan mudah. Berikut langkah-langkah membuat kue dango.
1. Campurkan tahu dan tepung ketan dalam mangkuk, perlu untuk diingat bahwa adonan jangan terlalu encer atau terlalu keras.
2. Gunakan satu sendok teh untuk menyendok sesendok adonan dan gulung menjadi bola.
3. Dalam panci besar, rebus air dan masak adonan hingga mengapung.
4. Masak selama 2-3 menit lagi, angkat dari air dan letakkan di atas piring.
5. Tambahkan bumbu seperti pasta kacang merah sesuai selera.
6. Dango yang lezat siap di sajikan!
Jika Anda belum mencoba makanan penutup ini, maka Anda bisa segera mencoba membuatnya sendiri, dan nikmati kelezatannya!