Kecepatan Balap
Olahraga ini memiliki sejarah lebih dari 100 tahun.
Motorsport pertama kali bermula di Prancis ketika perlombaan motorsport pertama di dunia diadakan di Paris pada tahun 1894.
Dari Paris ke Sungai Rhine dan kembali lagi. Hanya 9 dari 102 mobil yang berhasil menyelesaikan balapan, dan pemenangnya adalah mobil uap dengan kecepatan maksimal 24km/jam. Sejak itu, balap mobil menyebar dari Prancis ke Inggris dan seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Bisa dikatakan bahwa Jerman menciptakan mobil dan Prancis menciptakan balap mobil. Inggrislah yang membuat olahraga balap motor populer.
Sebenarnya, mulai dari tahun 1750, Inggris secara bertahap menjadi kekuatan industri utama. Seiring negara tersebut semakin kuat, balap mobil menjadi olahraga populer di seluruh negara itu. Sirkuit Silverstone adalah sirkuit balap paling terkenal di Inggris dan dapat dianggap sebagai perwakilan dari olahraga balap mobil Inggris. Sirkuit ini terletak di Northamptonshire, 100km di utara London, di tengah-tengah Inggris.
Balap mobil pertama kali dilakukan di jalan antar kota, dan banyak pembalap yang kemudian kehilangan nyawa mereka karena bahaya besar dari balap di jalan raya, sehingga sirkuit balap profesional lahir. Balap mobil adalah saat mobil balap di dalam sirkuit tertutup yang ditetapkan. Ini bisa dibagi lagi menjadi balap drift, balap formula, balap mobil, balap mobil sport, balap ketahanan GT, balap lintasan pendek, balap medan lintasan, balap lurus, dll. Sementara balap di luar sirkuit tidak memiliki jalur tertutup, dan biasanya terbagi menjadi reli, balap off-road dan balap mendaki gunung, balap pantai, balap lumpur, dan sebagainya.
Jadi mengapa mobil balap bisa memiliki kecepatan yang luar biasa?
1. Mesin yang Kuat
Untuk meningkatkan kecepatan, output daya yang lebih kuat sangat penting. Itulah mengapa semua tim peserta memodifikasi mesin mereka tanpa kecuali. Selama batas balapan tidak terlampaui, mereka akan berusaha untuk mengekstrak mesin sebanyak mungkin, sehingga memiliki daya dan torsi yang lebih tinggi.
2. Efisiensi Transmisi yang Tinggi
Dengan daya yang lebih besar, sangat penting untuk memiliki transmisi yang lebih canggih untuk mentransfer daya ke roda. Pada umumnya, kebanyakan mobil balap memilih menggunakan transmisi sekuensial. Transmisi ini memiliki rasio gigi yang lebih presisi dan dapat mentransfer daya dari mesin ke roda penggerak dengan lebih efisien.
3. Ban Balap
Daya yang dihasilkan oleh mesin akhirnya akan ditransfer ke ban untuk menggerakkan mobil maju. Jadi, performa ban secara langsung berkaitan dengan kemampuan mobil untuk berakselerasi. Jika ban tidak memiliki cengkraman yang cukup, pada saat mulai, ban akan terus tergelincir, mengurangi performa percepatan mobil. Hal ini juga akan serius memengaruhi efek pengereman mobil.
4. Bobot yang Ringan
Banyak orang tahu bahwa bobot juga merupakan alasan penting untuk menentukan kecepatan. Dalam hal pembatasan daya oleh balapan, tim akan meningkatkan daya dengan mengurangi bobot tubuh mobil.
5. Downforce yang Cukup
Banyak orang memiliki pengalaman ketika mobil menjadi sangat tidak stabil pada kecepatan tinggi. Ketika kecepatan mobil mencapai tingkat tertentu, mobil akan terbang. Mobil balap biasanya menambahkan downforce tambahan untuk menjaga stabilitasnya.
6. Sistem Rem
Rem sama pentingnya dengan balapan. Dalam balapan, setiap detik dari kehidupan pembalap membutuhkan mobil untuk menjaga kecepatan optimal. Mobil perlu diperlambat dalam waktu sesingkat mungkin sebelum memasuki tikungan atau jalan berkerikil. Hal ini memungkinkan mobil tetap berada dalam kecepatan tinggi selama mungkin.