Ciri-Ciri Planet Mars
Saat ini pasti kita sudah tidak asing lagi dengan planet Mars,karena sudah banyak beredar pemberitaan tentang penemuan-penemuan di planet Mars. Berdasarkan penelitian, planet Mars juga sering terlihat dari bumi.Bahkan banyak pemberitaan yang muncul bahwa planet mars akan dijadikan planet pengganti bumi, jika dalam perkembangan zaman sudah tidak layak huni. Isu itu bisa jadi tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah.
Agar lebih memahaminya, Grameds perlu mengenal planet mars, dari karakteristik dan fakta penemuan-penemuan di planet tersebut.Di artikel ini akan kita bahas mengeenai ciri-ciri dari Planet Mars.
Warna Merah
Ciri-ciri planet Mars yang paling mudah dikenali adalah warna merahnya. Mars memiliki warna merah kecoklatan, yang dikenal karena mineral kaya zat besi di regolith-nya. Regolith adalah debu longgar dan batu menutupi permukaan. Menurut NASA, mineral besi teroksidasi, atau berkarat, menyebabkan tanah tampak merah.
Mineral ini menciptakan bubuk karat yang mengapung di atmosfer Mars dan menutupi sebagian besar lanskap yang membuatnya tampak merah dari bumi. Semburan berdarah planet ini terlihat bahkan dari jutaan mil jauhnya membuatnya terikat dengan nama dewa perang Romawi, Ares.
Rotasi dan Orbit Planet Mars
Ciri-ciri planet Mars selanjutnya bisa dilihat dari rotasi dan orbitnya. Panjang hari di Mars sedikit lebih panjang dari hari Bumi. Planet Merah ini membutuhkan 24 jam dan 40 menit untuk berputar sekali pada porosnya. Sebagai perbandingan, Bumi membutuhkan 23 jam dan 56 menit.
Tahun di Mars juga lebih panjang dari Bumi. Itu karena dibutuhkan 687 hari untuk melakukan satu perjalanan mengelilingi Matahari, berbeda dengan Bumi yang membutuhkan 365,25 hari. Tahun yang lebih panjang adalah karena jarak Mars dari Matahari, dan planet ini memiliki orbit paling eksentrik kedua dari semua benda di tata surya.
Pada jarak terjauhnya (di aphelion), Mars terletak 249,23 juta kilometer dari Matahari. Di perihelion (pendekatan terdekatnya), Mars terletak hanya 206,62 juta km jauhnya. Rata-rata, Mars berjarak sekitar 227,9 juta km dari Matahari.
Suhu Mars
Suhu tertinggi di Mars bisa mencapai 20 derajat Celcius dan suhu terendah sekitar -153 derajat Celcius. Mars tidak dapat mempertahankan energi panas apa pun. Rata-rata, suhu di Mars sekitar minus 60 derajat Celsius.
Di musim dingin, di dekat kutub suhu bisa turun hingga minus 125 derajat C. Musim panas di Mars mungkin bisa mencapai 20 derajat C di dekat khatulistiwa, tetapi pada malam hari suhu dapat turun hingga minus 73 C.
Karena atmosfernya sangat tipis, panas dari Matahari mudah keluar dari planet ini.
Permukaan
Mars dikenal sebagai planet berbatu, "terestrial", yang membuatnya sangat mirip dengan Bumi. Ciri-ciri planet Mars menunjukkan permukaan yang kering, berdebu, dan berbatu. Bagian selatan planet ini jauh lebih kasar, dengan lebih banyak kawah dan dataran tinggi.
Setengah bagian utara Mars memiliki cekungan yang lebih halus dan tampak seperti danau yang kering dan dasar sungai yang berliku-liku. Perbedaan karakteristik permukaan ini disebut dikotomi Mars. Kawah tumbukan merupakan bagian dari dikotomi, dan para ilmuwan planet menduga bahwa lautan dan danau yang sudah lama lenyap menjelaskan kehalusan beberapa daerah.
Sementara gerakan gletser yang lama meleleh mungkin telah mengukir medan yang menarik di tempat lain. Ada es di kedua kutub yang tumbuh dan menyusut seiring perubahan musim.
Nah, itulah penjelasan tentang ciri-ciri planet Mars yang bisa di kenali untuk membedakan dengan planet-planet yang lain. Kajian-kajian antariksa selalu bergantung pada perkembangan zaman, yakni selalu berkembang dengan adanya penemuan-penemuan baru.