Makanan Ringan Indonesia
Terdapat banyak jajanan lezat di Indonesia, dan banyak turis akan berkunjung ke Indonesia untuk datang mencicipi berbagai makanan khas asal Indonesia.
1. Kripik
Kripik merupakan camilan yang berasal dari Indonesia. Keripik berukuran kecil, dan tersedia dalam versi manis dan asin. Mereka terbuat dari ikan, sayuran atau buah-buahan. Dalam beberapa proses, dibuat dari talas, sukun, nangka, dan salak. Kripik akan digoreng sampai garing dengan minyak sayur.
Varietas yang paling populer antara lain kripik singkong dan kripik pisang. Kripik termasuk dalam kategori krupuk, tetapi krupuk memiliki ukuran yang lebih besar, sedangkan Kripik berukuran lebih kecil tetapi bahannya lebih banyak. Sehingga hampir semua buah, umbi, sayuran atau kacang-kacangan dapat ditambahkan ke dalam kripik.
Variasinya sangat beragam: durian, ubi jalar, ceker ayam, singkong dan cabai, bayam dan teripang. Tetapi hanya beberapa bahan saja yang bisa dibuat menjadi makanan khas Indonesia yang unik ini.
2. Gorengan
Gorengan adalah istilah yang mengacu pada berbagai jajanan goreng Indonesia yang bisa dibuat dengan berbagai macam bahan. Bahan-bahan yang biasa digunakan, seperti pisang, kacang-kacangan, tahu, ubi atau nangka, dan banyak lagi lainnya.
Anda bisa memotong bahan-bahan ini menjadi irisan tipis dan memasukkannya ke dalam adonan sebelum digoreng. Gorengan adalah salah satu makanan kaki lima paling umum di Indonesia dan dijual di banyak tempat.
Meskipun mereka mungkin tampak seperti kombinasi tak berujung, beberapa varietas yang paling populer termasuk pisang goreng (pisang), ubi goreng (ubi), aci goreng (adonan singkong goreng), tahu goreng (tahu) dan singkong goreng (singkong).
3. Nagasari
Nagasari adalah jajanan Indonesia yang dibuat dengan isian beras ketan dengan suwiran ayam, ikan atau peterseli yang sudah dibumbui, kemudian digulung dengan daun pisang .
Terdapat makanan yang hampir mirip dengan Nagasari, makanan tersebut “semar mendem”. Semar mendem berisi irisan ayam yang dicincang dengan nasi ketan tetapi dibungkus dengan telur dadar tipis.
4. Nasi Santan
Nasi santan merupakan perpaduan nasi dan santan. Rasanya yang gurih tentunya menggungah selera. Apalagi jika dipadukan lauk, seperti ayam suwir, telur dadar, paprika dan berbagai sayuran. Banyak warung pinggir jalan yang menjual nasi santan, disajikan dengan douchi atau saus bawang cincang dan telur Asin (Telur pindang). Nasi santan biasa dibungkus daun pisang.
5. Rujak
Rujak adalah hidangan salad buah dan sayuran tradisional Indonesia dari Jawa. Ini juga sangat populer di Singapura dan Malaysia. Ada banyak perubahan di seluruh negeri, tetapi jenis yang paling populer adalah bumbu kacang merah nya.
Rujak terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan musiman segar dengan rasa asam atau ringan dan bumbu pedas manis yang terbuat dari gula aren. Bumbu biasanya berupa air, kacang goreng, saus asam dan cabai. Beberapa buah yang digunakan untuk rujak antara lain apel jawa, mangga muda, pepaya, nanas, dan kedondong.