Bahasa Mata Kucing
Manusia terbiasa mengekspresikan diri dengan kata-kata dan tidak peduli dengan siapa mereka berkomunikasi, tetapi kucing berbeda dengan manusia. Kucing lebih suka menggunakan bahasa tubuh atau penciuman untuk mengungkapkan pikirannya.
Oleh karena itu, kucing memiliki banyak bahasa, seperti bahasa ekor, bahasa meong, bahasa tubuh, bahkan bahasa mata. Di antara bahasa kucing ini, mungkin bahasa mata adalah yang paling penting, karena bagi makhluk apa pun, mata adalah jendela jiwa, pikiran apa pun di hati Anda pasti akan tertulis di mata Anda.
Yang terpenting, kucing akan memberi tahu pemiliknya dengan matanya bahwa dia mencintai Anda!
Kucing pada awalnya adalah hewan nokturnal. Pada malam hari, mata mereka akan menjadi besar dan bulat, dimana seluruh kucing akan lebih ber energi.
Anda bisa memotret close-up detail matanya, tetapi ingatlah untuk mematikan flash. Jika Anda tidak mematikan flash, mata kucing akan mudah terluka oleh flash saat pupil mata dibuka secara maksimal. Coba perhatikan mata kucing Anda saat matahari benar-benar terik, saat ini mata kucing akan menyipit ke mana pun mereka memandang. Tidak hanya itu, mata kucing tersebut juga setengah menyipit saat melihat ke atas.
Tapi saat malam hari, meskipun Anda menyalakan lampu diruangan tempat kucing Anda, mata kucing tidak menyipit seperti pada siang hari, dan seringkali terbuka bulat.
Kucing tidak hanya dipengaruhi oleh cahaya, tetapi juga oleh emosinya sendiri. Saat kucing merasa senang, gembira atau gugup atau takut, adrenalin akan meningkat dan pupil mata kucing akan membesar. Saat mood kucing kembali ke keadaan stabil, pupil akan kembali ke keadaan semula.
- Ukuran pupil kucing normal:
Artinya kucing dalam keadaan santai saat ini, sedikit malas, dan berarti lebih puas dengan lingkungan luarnya. Kucing juga menunjukkan bahwa ia menganggap dirinya sebagai anggota keluarga pemiliknya dan sangat mempercayai pemiliknya.
- Pupil kucing melebar:
Pupil kucing membesar, artinya agak rumit. Misalnya, ketika kucing penuh minat, atau ketika menemukan mangsa, pupil mata kucing akan membesar secara alami. Tetapi jika bertemu dengan lingkungan yang gelap, pupil mata kucing juga akan membesar.
Atau ketika kucing menjumpai sesuatu yang ditakutinya, kucing juga akan melebarkan pupil matanya. Perlu diketahui bahwa setelah pupil kucing membesar, itu berarti kucing sedang mengalami perubahan suasana hati yang hebat.
Sebagai pemilik, jika Anda tidak tahu mengapa pupil kucing melebar, Anda disarankan membiarkan kucing bermain sendiri.