Komponen Penerbangan
Pesawat terbang, kini semakin menjadi sarana transportasi yang tak tergantikan bagi peradaban modern. Ini telah mengubah dan mempengaruhi kehidupan manusia secara keseluruhan.
Mari kita pelajari tentang konstruksi pesawat terbang. Komponen utama penerbangan, yakni sebagai berikut.
1. Sayap
Fungsi utama sayap adalah menghasilkan dorongan untuk mendukung pesawat di udara, dan juga bermain peran dalam stabilitas dan operasi. Sayap biasanya dipasang dengan aileron dan flap, memanipulasi aileron dapat membuat pesawat terbalik, menurunkan flap dapat membuat dorongan meningkat. Sayap juga bisa dipasang dengan mesin, landing gear, dan tangki bahan bakar. Bentuk dan ukuran sayap berbeda untuk model pesawat yang berbeda.
2. Fuselage
Fungsi utama fuselage adalah untuk membawa kru, penumpang, senjata, kargo, dan peralatan lainnya, serta menghubungkan bagian lain dari pesawat seperti sayap, ekor, dan mesin menjadi satu kesatuan.
3. Tailplane
Tailplane meliputi horizontal tailplane dan vertical tailplane. Horizontal tail terdiri dari stabilizer horisontal yang tetap dan elevator yang dapat bergerak, dan beberapa pesawat berkecepatan tinggi menggabungkan stabilizer horisontal dan elevator menjadi ekor datar yang sepenuhnya dapat bergerak. Sayap vertikal terdiri dari stabilizer vertikal yang tetap dan kemudi yang dapat bergerak. Peran ekor adalah untuk memanipulasi tonjolan dan defleksi pesawat untuk memastikan bahwa pesawat dapat terbang dengan lancar.
4. Landing Gear
Landing gear pesawat terbang sebagian besar terdiri dari sokongan yang menyerap goncangan dan roda, yang digunakan untuk menopang pesawat selama lepas landas, mendarat, dan parkir.
5. Unit Daya
Unit daya digunakan terutama untuk menghasilkan ketegangan dan dorongan untuk membuat pesawat bergerak maju. Kedua, juga dapat menyediakan daya untuk peralatan listrik lainnya di pesawat. Saat ini, mesin pesawat terbang yang banyak digunakan, seperti mesin piston penerbangan ditambah baling-baling, mesin turbojet, mesin turboprop, dan mesin turbofan. Selain mesin itu, power plant juga mencakup serangkaian sistem untuk memastikan operasi yang tepat dari mesin.
Untuk memastikan fungsi yang tepat dari sistem mesin. Selain lima bagian utama pesawat, sesuai dengan operasi pesawat dan kebutuhan untuk melaksanakan tugas, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai instrumen, peralatan komunikasi, peralatan pilotage, peralatan keselamatan, dan peralatan lainnya.
Sekarang, apakah Anda lebih memahami informasi tentang struktur pesawat terbang?