Langit Bintang
Gerakan energi di dalam bintang membuatnya menjadi tidak beraturan dalam bentuk. Bintang-bintang dapat dibagi secara kasar, menjadi planet, bintang, komet, white dwarf, dan sebagainya.
1. Planet itu sendiri tidak memancarkan cahaya kita melihatnya memantulkan cahaya dari matahari.
2. Bintang adalah benda langit yang besar mirip dengan matahari yang bereaksi di dalam dirinya sendiri dan memancarkan energi ke ruang angkasa dalam bentuk cahaya.
3. Komet, seperti Halley's Comet. Cahaya yang kita lihat adalah akibat dari ekor komet yang melelehkan bahan mereka saat melewati tata surya. Jadi komet cenderung memiliki ekor panjang.
Sebagian besar bintang yang bisa dilihat di malam hari adalah bintang. Beberapa adalah planet di tata surya kita, seperti Venus, Merkurius, dan Mars. Bintang bersinar dengan cara yang sama dengan matahari. Sebagian besar berasal dari hidrogen yang menyatu menjadi inti helium, dan sebagian berasal dari helium yang menyatu. Hanya karena jauh dari kita, mereka terlihat sebagai bintang-bintang kecil yang lembut. Mereka lebih besar dari matahari. Dan planet terlihat cerah karena memantulkan cahaya dari matahari.
Matahari, yang terlihat sebesar bulan di langit, memiliki diameter 1,392 juta kilometer dan volume sekitar 1,3 juta kali yang dari Bumi. Keincian, matahari sekitar 400 kali lebih besar dalam diameter dari bulan, tetapi juga sekitar 400 kali lebih jauh dari Bumi, sehingga terlihat seukuran yang sama.
Bulan adalah yang terbesar dari 66 bintang lainnya yang ditemukan di tata surya. Hanya ada empat atau lima bintang yang lebih besar dari bulan, yang terbesar, Ganymede, memiliki diameter lebih dari 5.200 kilometer. Sebagian besar yang lain hanya beberapa puluh hingga beberapa ratus kilometer.
Sebagai planet, Bumi menempati peringkat kelima dalam ukuran di antara delapan planet, menjadikannya ukuran sedang. Jupiter yang terbesar sekitar 1.300 kali ukuran Bumi, dimana Venus yang paling terang dengan ukuran yang sama dengan Bumi, dan Mars yang merah hanya lebih dari satu per delapan ukuran Bumi.
Kita semua dapat melihat satu atau dua bintang di langit yang jauh, selama tidak ada awan di jalan. Mata manusia hanya dapat melihat beberapa ratus meter. Ada beberapa alasan mengapa kita dapat melihat bintang di langit.
1. Bintang Terlalu Besar
Wilayah bintang sangatlah besar. Bintang yang begitu besar tentu saja memungkinkan kita dapat melihatnya dari Bumi.
2. Cahaya dari Bintang
Meskipun tidak seterang matahari, cahaya yang dipancarkannya cukup unik. Mata kita dapat melihat cahaya dari bintang-bintang.
3. Resolusi Bola Mata
Resolusi bola mata sekitar 10 hingga 20 mikron. Bintang lebih besar dari itu.
Dua faktor utama yang menentukan apakah bintang terang atau gelap adalah ukuran daya luminositas bintang, dan jarak antara bintang dan orang-orang.
Pada malam musim panas, saat Bumi bergerak melintasi dari pusat Galaksi Bima Sakti, bintang-bintang mungkin akan menjadi paling dapat dilihat menghiasi langit.