Spesies Burung Besar
Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper adalah burung finch besar dengan panjang tubuh 26-35 cm. Ekor mereka relatif pendek dan paruh mereka panjang dan melengkung seperti sabit.
Paruh burung muda pendek dan lurus, perlahan melengkung saat mereka semakin tua. Terdapat alis tebal berwarna putih dan garis zygomatik, aurikula coklat, dan garis bizygomatik.
Bagian atas tubuhnya sebagian besar berwarna coklat dan bagian bawah tubuh memiliki garis putih yang banyak. Berbeda dengan dewasa, dimana remaja memiliki garis-garis jambul berbagai warna pada satu sisi leher dan paha berwarna cokelat kayu yang jelas. Keduanya memiliki penampilan yang serupa, tetapi betina sedikit lebih besar dari jantan.
Mereka sebagian besar menghuni hutan dan semak belukar, terutama di hutan semak landai yang padat dan padang rumput pohon kelapa sawit. Mereka juga menghuni lahan pertanian yang ditinggalkan, ditandai dengan semak belukar terbuka dengan pohon-pohon tersebar. Mereka juga terkadang akan menghuni habitat di daerah tepi dan pertanian. Di beberapa daerah, mereka juga menghuni hutan-hutan kecil.
Meskipun Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper dapat mencari makan di batang dan cabang pohon seperti finch lainnya, Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper lebih sering mencari makan di permukaan tanah. Spesies ini sangat dapat beradaptasi dengan lingkungan permukaan dan Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper menggunakan paruh panjangnya untuk menggali mangsa di berbagai tempat hingga kedalaman 4-5 cm.
Mereka dapat berjalan dan berlari saat bergerak di permukaan datar, seperti tanah dan cabang-cabang yang lebar. Mereka juga dapat memanjat pohon melawan batang pohon vertikal dan cabang dengan kemiringan tertentu. Di tanah, mereka juga akan melompat naik dengan ekor mereka. Ketika terganggu, Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper akan menyelinap dan terbang ke tempat yang lebih tinggi di dekatnya dan bertengger dengan bulu kepala dan tenggorokan yang terangkat. Mereka sebagian besar mencari makan sendiri atau berpasangan, tetapi juga dalam kelompok 4-10 burung. Seringkali dengan spesies lain. Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper mencari makan serangga, larva serangga, katak, ular, kadal, dan anak burung elang. Mereka juga mencari makan telur dari spesies yang berbeda dan juga mencari makanan di bromeliad dan kaktus berbentuk pilar.
Tidak ada informasi khusus yang tersedia tentang Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper. Namun, anggota keluarga Zostera bersifat monogami. Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper berkembang biak mulai dari September hingga Desember. Burung dengan gonad yang membesar telah tercatat dari bulan Oktober hingga Desember. Pembiakan telah tercatat pada bulan September dan akhir Oktober. Mereka membuat sarang di rongga pohon dan kadang-kadang di rongga bekas woodpecker, mereka juga dapat menggunakan sarang bekas red-bellied hornbill. Scimitar-Kerdil Billed Woodcreeper juga bersedia membuat sarang di berbagai jenis lubang buatan manusia asalkan ukurannya sesuai. Pintu masuk ke sarang buatan ini biasanya relatif tinggi, biasanya 7,5 meter di atas tanah.
Telur mereka berwarna putih dan tidak memiliki pola lain. Cangkang telur memiliki permukaan yang halus dan sedikit mengkilap. Sarang biasanya memiliki tiga telur. Periode penjemuran anak burung diperkirakan 21 hari. Selama itu, kedua orang tua akan memberi perhatian kepada anak-anaknya, dimana makanan akan dibawa dan diberikan setiap 2-5 menit.