Desa Wisata Bersejarah
Tahukah kamu kalau Jepang juga memiliki sebuah desa wisata yang begitu indah yaitu desa Shirakawa-go.
Desa bersejarah Shirakawa-gō dan Gokayama adalah salah satu Situs Warisan Dunia yang berada di Jepang. Situs ini terletak di lembah sungai Shokawa (Desa Shirakawa) di perbatasan Prefektur Gifu dan Prefektur Toyama di wilayah Tokai-Hokuriku, Honshu. Shirakawa-gō berlokasi di Desa Shirakawa di Prefektur Gifu.
Shirakawa-go telah dinobatkan sebagai warisan budaya UNESCO pada tahun 1995. Desa wisata ini terletak di kaki Gunung Haku dan di lembah sungai Shokawa sehingga hampir 96% area dari Shirakawa merupakan hutan dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Secara geografis, dahulu desa Shirakawa-go ini termasuk daerah yang terisolasi dan tak tereksplor. Bukan hanya karena tempatnya yang berada di bawah kaki gunung dan dikelilingi oleh hutan dan pegunungan, namun beberapa area Desa Shirakawa ini sering tertutup oleh salju yang tebal saat musim salju datang.
Rumah-rumah yang dibangun dengan gaya gassho memiliki atap yang berbentuk segitiga, seperti tangan yang dilipat ketika berdoa. Pada struktur multilayer, lantai ketiga dan keempat memiliki karakter khusus karena menunjukkan pandangan ke depan para petani. Dengan tipe arsitektur ini, para petani dapat membesarkan ulat sutera meski pada musim dingin yang ekstrem. Ulat sutra akan disimpan di loteng ini karena panas dari lantai pertama akan naik. Atapnya memiliki sudut kemiringan yang luar biasa yaitu 60 derajat agar salju tebal (terkadang hingga empat meter) dapat meluncur turun dengan lebih mudah.
Dengan total 114 rumah bergaya Gassho, warga desa telah melindungi dan mewariskan pemandangan yang belum terjamah sambil menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Ada begitu banyak hal yang bisa dilihat di sekitar desa:
• Area Observasi Reruntuhan Kastil Ogi-machi adalah tempat populer di atas bukit, di mana Anda dapat melihat pemandangan Pegunungan Haku dan desa Shirakawa-go i dengan rumah bergaya Gassho di bawah Anda. Semua jenis rumah bergaya Gassho, baik besar maupun kecil, menghadap ke arah yang sama. Hal ini dikarenakan angin bertiup melalui desa dari selatan ke utara dan sinar matahari di akan menyinari atap jerami.
• Rumah Wada adalah bangunan yang sangat besar dan menarik penglihatan Anda di antara seluruh bangunan bergaya Gassho di desa, dan telah ditetapkan sebagai Properti Budaya Nasional. Selama periode Edo, anggota keluarga Wada melayani sebagai kepala desa dan pejabat di rumah jaga, dan makmur dalam perdagangan mesiu, yang merupakan sumber penghasilan penting bagi Shirakawa-go. Bangunan ini dibangun 300 tahun yang lalu, dan masih digunakan sebagai tempat tinggal hingga saat ini. Lantai pertama dan kedua terbuka untuk umum sebagai museum.
• Museum Luar Angkasa Gasshozukuri Minkaen adalah sebuah museum luar ruangan di mana 25 rumah bergaya Gassho yang tidak terpakai dari Desa Shirakawa telah direlokasi dan dilestarikan. Para tamu dapat belajar tentang sejarah dan budaya Desa Shirakawa. Museum ini juga memiliki program pendidikan yang memungkinkan para tamu untuk mengalami budaya Shirakawa-go dengan membuat mie soba, kerajinan jerami, dan pencelupan tanaman.
Jepang memiliki 4 musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan salju. Sedangkan Shirakawa-go berada pada ketinggian yang cukup tinggi, sehingga ini menyebabkan ke-empat musim tersebut semakin lebih terasa.
Saat musim semi, Shirakawa-go akan dipenuhi oleh bunga-bunga Sakura berwarna pink yang bermekaran di berbagai penjuru desa. Saat musim panas, kamu akan disuguhi cuaca yang lebih hangat, dan pemandangan alam yang subur. Ketika musim gugur, Shirakawa-go akan terlihat sedikit berwarna merah karena dedaunan di pohon-pohon akan berubah warna menjadi kuning, coklat, dan memerah dan banyak daun-daun yang berguguran. Sedangkan saat musim salju tiba, Shirakawa-go akan berselimutkan salju putih yang tebal.
Lalu, kapan waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Shirakawa-go? Jawabannya adalah, kapanpun kamu mau, kamu akan tetap mendapatkan pengalaman wisata yang menkajubkan. Tergantung kamu ingin melihat wajah Shirakawa saat musim apa.
Nah itu dia informasi mengenai desa berserjarah Shirakawa-go. Semoga bermanfaat!