Gurun Terkering Di Dunia
Gurun Atacama merupakan salah satu gurun terkering yang ada di Benua Amerika, tepatnya berada di Amerika Selatan.
Dalam bahasa Spanyol, Desierto de Atacama, terdiri dari sebidang tanah seluas 1.000 kilometer di pantai Pasifik, sebelah barat pegunungan Andes. Menurut perkiraan, Gurun Atacama menempati 105.000 kilometer persegi, atau 128.000 kilometer persegi jika lereng bawah Andes yang tandus disertakan. Sebagian besar gurun terdiri dari medan berbatu, danau garam (salares), pasir, dan lava felsic yang mengalir ke arah Andes.
Atacama terjepit di antara pegunungan Cordillera de la Costa pesisir dan Pegunungan Andes. Wilayah tempat gurun ini berada memiliki formasi geologis yang menakjubkan dan sudah memberi banyak peluang untuk penelitian bagi para ilmuwan. Tak hanya jadi gurun non polar terkering, Atacama juga menjadi gurun tertua di bumi. Gurun ini telah mengalami kondisi semi kering selama kira-kira 150 juta tahun terakhir. Berikut Fakta Seputar Ekstremnya Gurun Atacama:
1. Suhu udara di gurun ini begitu ekstrem
Salah satu keunikan lain yang ada di gurun ini berupa suhu udaranya yang begitu ekstrem. Bagaimana tidak, karena menurut dalam laman Quasarex ,saat siang hari temperatur di gurun ini mampu mencapai angka 40 derajat celcius. Sementara itu, saat malam hari temperaturnya dapat turun drastis menjadi sangat dingin di angka 5 derajat celcius.
2. Tanah Terestrial
Sampel tanah dari wilayah ini sangat mirip dengan sampel dari Mars. NASA menggunakan gurun ini untuk menguji instrumen untuk misi ke planet merah. Gurun Atacama juga telah digunakan sebagai lokasi syuting adegan Mars, terutama dalam serial televisi Space Odyssey: Voyage to the Planets.
3. Adanya Salju
Walaupun terkenal dengan kondisinya yang kering, namun Gurun Atacama memiliki sebuah keunikan yang bisa membuat lo terheran-heran ketika berkunjung ke sana. Percaya atau tidak, gurun ini memiliki puncak es dan ketika lo berada di puncak tersebut, suhunya pun langsung berubah drastis. Yaap, saljunya pun tak berbeda dengan salju-salju pada umumnya. Berwarna putih serta memiliki iklim yang cukup dingin. Hal ini pula yang menjadikan gurun ini tergolong ekstrem. Sebab masih dalam satu wilayah namun memiliki sebuah iklim serta cuaca yang timpang.
Hal yang membuat gurun ini memiliki puncak es yang cukup dingin dikarenakan oleh ketinggian dari Gurun Atacama. Karena dengan apa yang sudah diindormasikan di atas, kalau gurun ini pun memang terletak di kawasan dataran tinggi Amerika Selatan.
4. Terdapat sejumlah flora dan fauna yang dapat hidup di Gurun Atacama
Ada beberapa fauna dan flora yang dapat tinggal di gurun Atacama, meski menjadi tempat yang begitu sulit untuk dihuni. Dilansir dari World Wide Life, hanya terdapat beberapa fauna terkenal yang menghuni gurun ini seperti, jenis kalajengking, kadal, vicuna dan beberapa jenis burung. Sedangkan tanaman yang mampu bertahan dan menjadikan gurun ini sebagai rumahnya berupa tanaman dalam keluarga Asteraceae, Nolanaceae, Cataceae, Boraginaceae, dan Apiacea.
5. Mempunyai penampakan alam yang begitu memukau
Salah satu yang menarik dari gurun Atacama tentu saja penampakan alamnya. Keindahan alam di gurun tersebut memang begitu memukau, bahkan sering disamakan dengan bentukan planet Mars.
Tak heran apabila gurun ini digunakan sebagai tempat NASA, dalam percobaan alat-alat yang akan diuji di planet merah tersebut. Di sisi lain, meskipun dikenal sebagai salah satu tempat terkering di dunia gurun ini juga berada di dataran tinggi. Sehingga tak jarang pada puncak gurung yang kering dapat ditemui salju, karena temperaturnya yang tetap dingin di puncak gunung.
Nah, itu tadi fakta menarik mengenai Gurun Atacama yang menjadi salah satu tempat terkering yang ada di Bumi. Semoga bermanfaat!