Manfaat Minum Air
Tidak hanya menghilangkan dahaga, manfaat minum air putih untuk kesehatan sangatlah beragam. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara rutin.
Manfaat air putih sangatlah penting bagi makhluk hidup, karena air merupakan sumber kehidupan. Pernyataan tersebut nampaknya bukan omong kosong belaka. Sebab menurut ahli, sekitar 80% tubuh manusia terbentuk oleh cairan (air). Dalam buku Teori Belajar dan Pembelajaran, dijelaskan bahwa sekitar 95% otak manusia tersusun oleh air, di dalam darah ada kandungan air sekitar 82%, pada jantung terdapat 75% air, paru-paru memiliki kandungan air 86%, dan ginjal mengandung air sekitar 83%.
Meskipun demikian, kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi atau AKG, rekomendasi konsumsi air putih untuk anak-anak usia 7 – 9 tahun yatu 1.900 ml per hari, remaja usia 16 – 18 tahun membutuhan air 2.200 ml per hari, dan orang dewasa rentang usia 30 - 49 tahun membutuhkan air sekitar 2.600 ml per hari.
Selengkapnya, simak manfaat-manfaat dari meminum air putih setiap harinya.
1. Menjaga fungsi ginjal
Manfaat minum air putih yang pertama, yaitu menjaga kesehatan ginjal. Air diperlukan agar ginjal bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan urin yang keluar menjadi berbau dan memiliki warna tidak jernih. Kekurangan air putih juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal.
2. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan.
Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.
3. Mencegah tanda penuaan dini
Tanda penuaan dini seperti keriput halus dan flek hitam mungkin muncul pada sebagian orang, meskipun secara usia justru masih muda. Tanda tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi air putih. Hal tersebut dikarenakan, air putih memiliki kemampuan untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi, sehingga tanda penuaan dini bisa dicegah.
4. Menurunkan stres
Stres yang berlebih juga bisa menyebabkan masalah kecantikan seperti wajah menjadi kusam. Air putih ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan stres. Dengan tubuh yang lebih rileks, maka wajah kusam bisa dicegah. Selain itu, kondisi tubuh ketika memiliki susana hati yang baik akan membuat aura kecantikan lebih terpancar.
5. Meningkatkan energi
Air putih diketahui dapat mengaktifkan metabolisme tubuh yang akan meningkatkan energi pada seseorang. Minum air putih sebanyak 500 mililiter dapat meningkatkan metabolisme hingga 30 persen pada perempuan dan laki-laki. Persentase tersebut mampu meningkatkan energi selama lebih dari satu jam.
6. Menjaga konsentrasi
Kekurangan cairan tubuh juga berdampak pada terganggunya fungsi otak, terutama kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Hal ini tentu berdampak pada aktivitas dan produktivitasmu sepanjang hari.
Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk rutin mengonsumsi air putih, sehingga otak dapat berfungsi secara optimal.
7. Menjaga tekanan darah
Air adalah bagian terbesar dari darah. Jika kita kekurangan cairan tubuh, darah akan lebih kental dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium, yang terdapat di dalam darah.
Kurangnya cairan tubuh juga bisa berdampak pada menurunnya tekanan darah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi air putih dapat menjaga tekanan darah tetap normal.
8. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Selain menjaga tekanan darah, tercukupinya cairan tubuh juga dapat mencegahmu dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.
Hal ini karena konsumsi air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi yang bisa berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh, termasuk jantung, dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan terjaga.
9. Melindungi sendi
Minum air putih bisa membantu melumasi dan melindungi beberapa bagian dalam tubuh, seperti sendi dan sumsum tulang belakang. Jika mengonsumsi air putih yang cukup, kamu bisa tetap menikmati aktivitas fisik dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi seperti radang sendi.
Melihat dari banyaknya manfaat air putih untuk tubuh maka tak ada salahnya jika kita mulai mengamalkan kebiasaan baik tersebut. Namun, untuk menjaga kesehatan tidak cukup dengan minum air putih, kita juga harus rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.