Tips Beli Mobil Bekas
Tips membeli mobil bekas memang tak semudah yang dibayangkan, sebab harus melalui proses yang tepat. Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas dibanding mobil baru. Salah satunya adalah kamu bisa langsung menggunakannya..
Dan yang paling penting adalah harga jual mobil bekas tentunya lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang begitu mahal. Karena setiap tahunnya ada kemungkinan pajak tahunan dapat berkurang tergantung dari berapa harga pajak kendaraan baru yang dimiliki.
Apalagi bagi kamu yang memiliki simpanan uang tak begitu banyak, mungkin membeli mobil bekas menjadi pilihan daripada harus membeli mobil baru dengan harganya lebih mahal. Berikut ini akan kita bahas tips-tips yang harus di perhatikan saat membeli mobil bekas.
1.Bawa ahli
Apabila Anda merasa masih awam mengenai seluk beluk mobil, tidak ada salahnya untuk membawa serta seorang ahli atau mekanik yang mengetahui mengenai kondisi mesin mobil. Dengan keahlian yang dimilikinya, seorang mekanik akan membantu Anda mendeteksi kondisi mobil bekas termasuk jika nantinya ada kerusakan atau kekurangan di saat inspeksi mobil.Terkadang kita tidak mengetahui jika mobil sudah pernah turun mesin , terkena banjir , atau sebagainya.
2.Cek riwayat perawatannya
Mobil bekas tidak selalu memiliki kondisi yang buruk. meskipun mobil bekas tetapi jika pemilik melakukan perawatan yang bagus dan rutin kondisinya akan tetap baik. Kondisi tersebut juga tidak bergantung pada berapa jauh jarak yang sudah pernah ditempuh oleh kendaraan tersebut. “Kalau menurut saya jarak itu tidak begitu pengaruh atau penting, yang terpenting adalah perawatannya. Semakin bagus perawatannya juga akan semakin baik kondisi mobilnya. Riwayat perawatan dapat di lihat di buku servis.
3.Tanyakan Mengenai Performa Mesin
Mesin merupakan salah satu bagian penting dari proses pengecekan mobil. Mengecek performa mesin pada mobil bekas harus dengan cermat dan teliti.
Periksa juga secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya. Setelah itu, kamu bisa melakukan test drive jika showroom atau dealer atau penjual meminta calon pembeli untuk mencoba mobil tersebut.
Saat test drive ini perhatikan dengan baik, mulai dari laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga kaki atau per mobil, dengan begitu bisa menilai mobil bekas tersebut masih nyaman atau tidak. Berikut cara mengecek mesin mobil bekas yang perlu diperhatikan saat test drive.
· Hidupkan mesin mobil.
· Kemudian, perhatikan bunyi mesin yang menyala.
· Jika mesin terdengar halus, tidak kasar, dan mobil mudah distarter, artinya kondisi mesin masih bagus.
· Sebaliknya, jika mobil ternyata berbunyi kasar, maka tanyakan kepada pemilik atau penjual mobil, mengapa hal seperti ini terjadi dan cek kerusakannya.
· Apabila hal ini terjadi, kamu perlu pertimbangkan kembali untuk membeli mobil tersebut.
4.Teliti Kelengkapan Surat-surat
Surat-surat kendaraan merupakan hal penting yang juga wajib kamu teliti dan perhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan kamu mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan dan teliti keaslian BPKB dan STNK mobil bekas tersebut, sebab saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.
Kamu juga wajib memastikan bahwa mobil yang akan kamu beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan demikian, BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka akan mempermudah kamu untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.
5.Perhatikan Asuransi yang Ada Pada Mobil
Meskipun bekas, mobil yang dibeli juga tetap harus dilindungi oleh asuransi. Sebab, belum tentu mobil bekas yang dibeli dilindungi oleh asuransi mobil. Sehingga, sebagai pemilik baru, kamu harus memberikan perlindungan untuk mobil tersebut demi menghindari kerugian finansial atas risiko yang muncul nantinya.
Kamu bisa memilih asuransi mobil jenis all risk dan total lost only (TLO) sesuai dengan kebutuhan. All risk akan menanggung apapun risiko yang terjadi, termasuk lecet di bagian badan, asal sesuai dengan aturan yang berlaku.
Itulah beberapa tips-tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli mobil bekas , usahakan jika membeli mobil bekas di bayarkan dengan tunai , jika membeli dengan kredit maka bunga yang di berikan biasanya lebih besar dari pada membeli mobil baru.