Tips Ice Skating
Olahraga ekstrem yang satu ini dulunya memang hanya bisa dimainkan di negara-negara bersalju. Tapi sekarang, lo juga bisa bermain ice skating atau seluncur es di sejumlah mall kota-kota besar di Indonesia, Superfriends!
Bermain ice skating memang bisa menjadi alternatif liburan atau hobi yang sangat mengasyikan. Tapi, biar bisa berseluncur dengan lancar di atas es pasti membutuhkan proses belajar yang nggak segampang kelihatannya. Oleh karena itu, sebaiknya pahami dulu tips dasar bermain ice skating yang tepat buat pemula berikut ini, Superfriends!
Lakukan Gerakan Squat Ringan Buat Pemanasan
Tips dasar pertama bermain ice skating yang tepat buat pemula yaitu lakukanlah gerakan squat ringan buat pemanasan, Superfriends. Nggak harus melompat atau bahkan squat jump, lo hanya cukup melakukan gerakan squat berdiri, duduk, dan bangkit kembali.
Bukan cuma sebagai pemanasan, gerakan yang satu ini juga bisa mempermudah lo buat mengatur keseimbangan badan ketika sudah berada di dalam papan ring ice skating lho, Superfriends.
Mulai Belajar Jalan Pakai Skate
Kalau udah pemanasan, maka tips dasar bermain ice skating yang tepat buat pemula selanjutnya yaitu mulailah buat belajar jalan pakai skate, Superfriends. Memang butuh keseimbangan dan juga adaptasi ekstra dengan bentuk sepatu skate yang lancip di bagian bawahnya.
Sebaiknya, cobalah buat berjalan pakai sepatu skate di papan karpet yang biasanya sudah disediakan. Pasalnya, hal ini bakal membuat lo lebih mudah mengendalikan keseimbangan sekaligus melindungi kaki dan sikut kalau sewaktu-waktu terjatuh, Superfriends!
Pahami Teknik Bangkit Saat Terjatuh
Jatuh saat bermain ice skating memang menjadi hal lumrah yang seringkali terjadi, apalagi pada para pemula yang baru mencoba olahraga ekstrem yang satu. Oleh karena itu, pahami dulu teknik bangkit saat terjatuh sebelum mempelajari teknik ice skating lainnya, Superfriends.
Teknik bangkit ketika badan terjatuh bisa dilakukan dengan posisi badan berjongkok dengan tumpuan di salah satu bagian kaki. Kalau cara tadi dirasa cukup menyulitkan, maka cobalah untuk menepi ke bagian ring ice skating. Gunakan pegangan yang ada di pinggir papan ring sebagai tumpuan badan agar dapat bangkit dan berdiri kembali, Superfriends.
Mulailah Bergerak Maju
Kalau keseimbangan badan sudah mulai terjaga, maka mulailah untuk bergerak maju. Memang sulit untuk dilakukan, namun dengan semangat dan pantang menyerah lo pasti bisa menguasai keseimbangan badan saat mau bergerak maju ke depan, Superfriends!
Coba Teknik Gliding
Setelah memulai gerakan maju dengan menggunakan skate, lo juga harus mencoba teknik gliding biar bisa lebih cepat melaju, Superfriends. Teknik gliding ini merupakan gerakan ice skating dimana posisi skate dalam keadaan paralel atau sejajar.
Kalau badan sudah seimbang dengan posisi skate yang paralel, maka lo bisa meminta teman atau instruktur buat mendorongnya perlahan dari arah belakang. Tapi, tetap jaga keseimbangan saat mencoba teknik yang satu ini ya, Superfriends!
Gunakan Teknik Cars Buat Berhenti
Kalau dirasa sudah bisa berseluncur dengan lancar, maka tips dasar bermain ice skating yang tepat buat pemula selanjutnya yaitu gunakanlah teknik cars buat berhenti, Superfriends. Lakukan teknik ini dengan cara menekuk posisi kaki sedikit ke arah belakang.
Nah, itulah beberapa tips dasar bermain ice skating yang tepat buat pemula. Ada tambahan? Sila tambahkan di kolom komentar ya, Superfriends!