Tips Perawatan Rambut Pria
Tidak hanya wanita, pria juga harus memperhatikan kesehatan dan keindahan rambutnya. Menerapkan tips perawatan rambut pria bertujuan agar rambut terhindar dari masalah kesehatan, termasuk kerontokan rambut.
Tidak hanya wanita, perawatan rambut juga harus menjadi perhatian para pria. Memiliki rambut yang sehat dan indah tentu akan membuat Anda tampil lebih percaya diri, bukan? Lantas, seperti apa tips perawatan rambut pria yang baik dan benar? Simak informasi selengkapnya berikut ini, yuk!
Tips perawatan rambut pria
Sama seperti wanita, rambut pria juga tak lepas dari risiko sejumlah masalah, seperti ketombe dan kerontokan. Penyebab rambut rontok pada pria sendiri ada berbagai macam, mulai dari penggunaan produk perawatan rambut yang salah, kurang gizi, hingga penyakit sekalipun.
Namun, hal tersebut dapat diminimalisir apabila Anda menerapkan tips perawatan rambut pria berikut ini:
1. Jangan keramas terlalu sering
Cara merawat rambut pria yang pertama adalah, jangan keramas terlalu sering. Ya, Anda mungkin berpikir bahwa keramas lebih sering akan membuat rambut lebih bersih sekaligus menyehatkan. Faktanya, hal tersebut adalah suatu kekeliruan.
Alih-alih sehat, rambut dan kulit kepala justru jadi mudah kering karena kandungan sampo dapat menurunkan kelembapan alaminya. Ini tentu akan memperburuk kondisi jika Anda seorang pria dengan jenis rambut kering.
Oleh sebab itu, sebaiknya jangan sering-sering berkeramas. Para ahli berpendapat bahwa idealnya mencuci rambut dengan sampo dilakukan setiap 2-3 hari sekali.
2. Gunakan sampo yang tepat
Ada beberapa sampo yang diformulasikan khusus untuk berbagai jenis rambut pria, seperti rambut kering, berminyak, atau normal. 
Selain itu, ada juga sampo yang berfungsi untuk mengatasi masalah pada rambut pria, seperti sampo antiketombe. 
Pastikan sampo yang digunakan sesuai dengan permasalahan dan jenis rambut Anda. Penggunaan sampo untuk pria yang tidak tepat dapat memicu masalah rambut di kemudian hari, entah itu rambut rontok atau menjadi kering.
3. Gunakan kondisioner
Tips perawatan rambut pria selanjutnya adalah menggunakan kondisioner setelah selesai keramas. Tak hanya wanita, pria juga perlu memakai kondisioner, khususnya pria dengan rambut kering.
Kondisioner bertujuan untuk melembapkan, menghaluskan, dan membuat rambut jadi tampak lebih berkilau.
Oleskan kondisioner pada batang rambut Anda. Diamkan selama 2-3 menit sebelum dibilas.
4. Jangan gosok rambut yang masih basah dengan handuk
Cara merawat rambut pria agar tetap sehat yang berikutnya adalah tidak menggosok rambut yang basah dengan handuk. Alih-alih demikian, Anda sebaiknya mengibaskan atau menyugar rambut terlebih dahulu untuk menyingkirkan butiran-butiran air sisa mandi.
Menggosok rambut yang masih sangat basah dengan handuk berisiko merusak lapisan luar rambut (kutikula).
5. Cukur rambut secara berkala
Mencukur rambut secara berkala menjadi tips perawatan rambut pria lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan, terutama jika Anda merupakan pria dengan rambut panjang alias gondrong.
Cukurlah rambut setiap sekitar 3 bulan sekali untuk menjaga rambut tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Memotong rambut secara rutin juga membantu menjaga ujung rambut tetap sehat.