Tipe-Tipe Kopi
Kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Meminum kopi bagi sebagian orang telah menjadi ritual di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Kopi dikonsumsi dan digemari oleh semua kalangan usia.
Istilah kopi darat atau kopdar sering digunakan dalam interaksi sosial para kawula muda. Nongkrong sambil menyeruput kopi di kedai atau kafe adalah salah satu bentuk bersosialisasi yang dilakukan oleh para anak muda ini. Kopi lantas menjadi semakin lekat dalam budaya populer, mengingat perannya yang cukup signifikan.
Berbicara mengenai minum kopi, saat kamu berkunjung ke kafe atau kedai kopi modern, kamu pasti akan dihadapkan pada beberapa nama-nama asing berbahasa Inggris seperti Espresso, Americano, Cappuccino, Latte, Flat White, Affogato, Long Black, Cold Brew, dan masih banyak jenis minuman kopi lainnya. Jika kamu hanyalah peminum kopi kasual, kamu mungkin akan sedikit kebingungan dengan hal ini.
Ayo coba kita bahas apa perbedaan dari setiap jenis kopi yang ada.
1. Black Coffee
Tipe minuman kopi yang pertama adalah black coffee atau kopi hitam. Kopi hitam terutama sangat disukai oleh orang-orang dewasa. Kopi hitam adalah jenis minuman kopi yang sederhana, dibuat dengan biji kopi bubuk yang direndam dalam air panas, dan disajikan hangat. Jika kamu ingin terdengar mewah, kamu bisa menyebut kopi hitam dengan nama aslinya, yakni cafe noir.
2. Espresso
Tipe kopi "pendek" dan kuat (sekitar 30 ml) yang disajikan dalam cangkir espresso. Kopi ini memiliki warna yang sangat pekat dan terasa cukup pahit. Meski sederhana dalam penampilan, espresso cenderung sulit untuk diminum bagi pemula karena rasanya yang pahit dan kental. Minuman espresso dapat disajikan sendiri atau digunakan sebagai dasar dari sebagian besar jenis minuman kopi, seperti latte dan macchiato.
3. Cappucino
Cappuccino adalah latte yang dibuat dengan lebih banyak busa (foam) daripada steamed milk, seringkali ditambah dengan taburan bubuk kakao atau kayu manis di atasnya. Terdapat juga variasi cappuccino yang menggunakan krim sebagai pengganti susu atau yang memberikan penambah rasa.
4. Latte
Sebagai minuman kopi paling populer di dunia, latte terdiri dari espresso dan steamed milk dengan sedikit busa di atasnya. Perlu diingat, latte dan cappuccino adalah dua jenis racikan berbeda. Demikian dengan komposisi dan rasio bahannya. Latte biasanya menggunakan perbandingan espresso dan susu 2:1. Selain rasanya nikmat, latte biasanya disajikan dalam cangkir dengan motif indah di atasnya atau yang banyak disebut latte art.
5. Flat White
Banyak pengertian berbeda mengenai olahan minuman berbasis espresso satu ini. Ada yang menyebut kalau flat white termasuk latte, sebagian beranggapan kalau ini merupakan cappuccino tanpa foam.
Flat white biasanya terdiri dari 60 mililiter textured milk alias microfoam atau gelembung yang terbentuk saat susu dipanaskan. Kemudian dua shot espresso dituang di atasnya dan dicampur menjadi satu.
6. Americano/Long Black
Americano terdiri dari satu shot espresso yang dituangkan dalam cangkir berukuran 178 mililiter yang dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas.
Meski sekilas nampak sama seperti Black Coffee, namun kedua kopi ini cukup berbeda dari segi kekentalannya karena rasio air yang ditambahkan.
7. Macchiato
Espresso adalah kopi yang memiliki sedikit busa susu/milk foam (ukuran minuman sekitar 50 ml). Kalau kamu gak terlalu menikmati kopi yang cenderung pahit, kamu bisa pesan macchiato sebagai alternatif. Rasio steamed milk dalam minuman ini lebih besar dari espresso, sehingga ada sentuhan milky dan gurih.
8. Affogato
Sederhananya, affogato adalah es krim vanila yang dituang espresso shot. Paduan pahitnya kopi hitam dan es krim yang manis dan lembut menciptakan sensasi rasa menyenangkan. Apalagi saat es krim perlahan meleleh begitu tersiram espresso.
9. Mochaccino
Mocha atau mochaccino adalah tipe kopi yang memiliki perpaduan unik antara kopi, susu, foam dan cokelat. Bubuk atau sirup coklat memberikan rasa yang kaya dan lembut serta mengurangi keasaman espresso pada jenis minuman kopi satu ini.
10. Café au Lait
Café au lait sangat cocok untuk kamu penyuka jenis minuman kopi minimalis yang menginginkan sedikit rasa lebih. Cukup tambahkan sedikit susu hangat ke dalamnya, maka café au lait sudah siap dinikmati.
11. Cold Brew
Cold Brew Coffee adalah minuman dingin yang halus yang disiapkan dengan menyeduh kopi yang baru digiling dalam air dingin.