Tips Desain Rumah Minimalis
Salah satu hal yang paling penting dilakukan setelah membeli rumah adalah memilih desain interior yang akan diterapkan. Ada banyak pilihan desain yang cocok untuk diterapkan di rumah yang masih kosong. Salah satunya desain interior minimalis modern.
Tidak ada acuan khusus dalam memilih desain interior. Yang paling penting dalam memilih pilihlah desain interior rumah adalah yang paling sesuai dan membuat Anda nyaman.
Berikut beberapa tips yang akan di sarankan bagi yang ingin membeli rumah baru dan memilih desain interior yang minimalis atau yang ingin merenovasi rumah.
Kembali ke alam
Salah satu karakteristik utama konsep dekorasi modern adalah penggunaan material alami. Anda bisa menerapkan hal ini, terutama pada kamar mandi. Anda bisa menggunakan perabot kayu, lantai bercorak bebatuan, hingga penempatan tanaman hias di dalam ruangan.
Kalau tidak ingin menggunakan kayu karena faktor perawatannya yang tak mudah, Anda bisa menggunakan material bebatuan. Material ini bisa digunakan pada dinding secara keseluruhan atau hanya sebagai aksen.
Kalaupun tidak menggunakan material alami, Anda bisa menggunakan palet warna alami pada perabot atau cat dinding. Konsep modern umumnya menggunakan warna yang terinspirasi dari alam, seperti kecokelatan, atau warna netral yang monokrom. Warna netral yang kerap digunakan adalah warna putih, abu-abu, hijau muda, hingga putih gading. Namun, warna netral yang pekat seperti hitam juga bisa digunakan.
Bermain-mainlah dengan tekstur
Desain interior rumah minimalis juga mengandalkan permainan tekstur. Jangan sampai rumahmu terasa begitu datar dengan penggunaan bahan yang sama. Misalnya kamu hanya memakai furniture dari bahan kayu solid saja dengan warna cokelat dan semua dekorasinya juga menggunakan satu bahan saja. Hal ini malah akan membuat rumahmu tampak berat dan sempit. Coba bermain-mainlah dengan banyak tekstur mislanya dengan menambahkan karpet, cushion, atau selimut. Tapi ingat untuk menggunakan tone warna yang sesuai dengan warna dasar yang sudah kamu pilih sebelumnya.
Investasi di tempat penyimpan barang yang stylish
Rumah yang kecil artinya kamu juga memiliki ruang yang sangat terbatas. Kamu mungkin memiliki banyak barang ini artinya kamu juga harus berinvestasi tempat penyimpan barang. Sekarang rasanya tak sulit untuk membeli box penyimpan barang yang stylish. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpan barang, boks-boks ini juga bisa jadi dekorasi rumah yang bagus.
Usahakan mendapatkan penerangan alami
Salah satu cara mendapatkan rumah yang nyaman adalah dengan mendapatkan cahaya atau penerangan terbaik. Tidak ada salahnya berinvestasi mengubah tata letak lampu atau menambahkan jendela besar agar rumahmu mendapatkan penerangan alami. Jangan berikan penerangan redup ya karena rumahmu akan terlihat tua dan usang. Kalau tak bisa merombak tata letak lampu dan jendela beli lah beberapa lampu meja ataupun stand lamp.
Bebas Sekat Permanen
Masih sejalan dengan konsep minimalis, dekorasi modern pada rumah impian Anda akan lebih terasa jika Anda membuang sekat permanen alias dinding untuk beberapa ruangan. Selain memberi kesan lapang, gaya lantai terbuka ini juga akan memperlihatkan keselarasan dekorasi pada konsep hunian Anda.
Kalau Anda punya hunian yang tak terlalu besar, konsep dekorasi modern tanpa partisi ini juga akan sangat membantu. Dapur, ruang makan, dan ruang keluarga menyatu dengan sempurna. Ingin tetap menggunakan partisi? Anda bisa menggunakan lemari buku atau lemari pajangan yang tidak memiliki sifat permanen.
Beberapa tips di atas semoga bisa membantu anda untuk memilih desain yang cocok dengan rumah kalian.