Hal Menakjubkan Di Gurun
Sebagai salah satu kawasan paling ekstrem di dunia, padang pasir adalah tempat yang dipenuhi berbagai hal menakjubkan.
Alih-alih menganggap gurun sebagai tempat yang tandus dan kering, ada banyak obyek wisata yang ternyata bisa kita temui di gurun. Setiap gurun atau juga dikenal sebagai padang pasir, menawarkan pesona alam yang dapat membius mata para petualang. Tak jarang, para pelancong bisa menemukan sesuatu yang luar biasa atau bahkan unik di tengah gurun yang kering. Berikut hal menakjubkan yang bisa Anda temukan di gurun:
1. Hotel di tengah gurun
Padang pasir tidak hanya dipenuhi oleh hamparan tanah tandus yang kering. Baru-baru ini, sebuah hotel megah dibangun di tengah padang pasir di Xiangshawan, Mongolia, 800 km dari barat Beijing. Tempat yang diberi nama "Desert Lotus Hotel" ini juga memiliki struktur yang terdiri dari tenda segitiga berwarna putih yang mampu berputar 45 derajat dan saling terhubung dalam formasi melingkar seperti teratai.
Desert Lotus Hotel, sebagaimana dilansir amusingplanet, tidak menggunakan genteng dan batu bata untuk konstruksi, melainkan dibangun dengan bahan-bahan ramah lingkungan dan rendah karbon. Sebagai contoh, hotel ini memanfaatkan tenaga surya, air dan angin di padang gurun, serta berusaha untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan memperkuat perlindungan ekologi.
Karena kondisi geografis di gurun sangatlah menantang, arsitek hotel ini berusaha menciptakan sebuah sistem struktur baru yang hanya menggunakan panel baja tanpa bantuan beton atau air. Panel dan struktur kerangka pendukung pra-fabrikasi, dan membuat dasar bangunan sebagai wadah besar untuk pasir. Dengan demikian, struktur baja panel bisa berfungsi sebagai perahu mengambang di padang pasir yang menyangga bangunan. Desert Lotus Hotel sendiri adalah bagian dari sebuah resor baru yang dibangun di tengah gurun pasir, yang populer di kalangan turis China. Di sini, wisatawan bisa menikmati atraksi naik unta, berselancar di gurun, dan masih banyak lagi.
2. Badai pasir
Badai pasir atau disebut juga haboob adalah fenomena badai yang terjadi di padang pasir. Laman Earth Eclipse menjelaskan bahwa badai pasir bisa disebabkan oleh badai dari laut yang terbawa hingga ke darat. Selain itu, badai pasir bisa terbentuk akibat suhu yang sangat panas sehingga menyebabkan udara di dekat permukaan tanah menjadi tidak stabil. Sama seperti angin topan, badai pasir juga bisa berbahaya bahkan mematikan. Sebuah badai pasir pernah dilaporkan terjadi di Iran dengan kecepatan angin 110 km/jam, sampai merobohkan pohon-pohon dan membunuh beberapa orang. Bahkan badai pasir berkecepatan sedang pun bisa merugikan karena menutup jarak pandang dan mengganggu kesehatan pernapasan
3. Oase
Oase atau oasis adalah mata air yang terdapat di padang pasir. Di sekelilingnya biasanya terdapat kumpulan tumbuhan seperti pohon palem, ara, persik, bahkan gandum dan barli. Ukuran oase bisa beragam, mulai dari 1 hektar hingga beberapa ribu kilometer persegi. Oase yang subur merupakan tempat yang sangat berbeda dengan lautan pasir tandus di sekelilingnya. Karena itu tidak mengherankan jika banyak makhluk hidup di padang pasir menggantungkan kehidupannya pada oase. Oase di Gurun Sahara misalnya, menghidupi sekitar 75 persen populasi di gurun terbesar di dunia tersebut.
4. Fatamorgana
Dalam film, fatamorgana biasanya digambarkan sebagai halusinasi belaka. Seseorang yang kepanasan dan kehausan setelah berjalan di gurun akan mulai berhalusinasi melihat ada sumber air di hadapannya. Tapi fatamorgana sebenarnya bukan halusinasi. Orang yang segar bugar pun bisa melihatnya karena fatamorgana merupakan fenomena ilmiah.
Fatamorgana sendiri terjadi akibat pembelokan cahaya. Di daerah yang panas seperti padang pasir, suhu udara di dekat permukaan tanah sangat tinggi, sedangkan suhu udara di atasnya lebih rendah. Perbedaan suhu mengakibatkan perbedaan kerapatan udara, yang pada akhirnya menyebabkan cahaya berbelok saat melewatinya. Pembelokan cahaya itu menyebabkan cahaya yang seharusnya menuju permukaan tanah justru berbelok langsung ke mata kita. Kita pun malah jadi melihat gambar langit di hadapan kita, bukan tanah atau pasir karena cahaya tidak sampai ke pasir. Bayangan langit yang tampak seperti sumber air itulah yang disebut fatamorgana.
5. Kuburan Paus Di Gurun ATACAMA
Penemuan kuburan paus berusia lima juta tahun di Gurun Atacama Chili selama proyek pelebaran jalan raya pada tahun 2010 adalah salah satu yang paling mencengangkan belakangan ini. Kerangka 75 paus digali bersebelahan hanya beberapa meter terpisah di salah satu kuburan fosil paus prasejarah yang paling terpelihara dengan baik di dunia.
Menurut sebuah laporan dalam jurnal Royal Society, kuburan itu adalah hasil dari empat kasus terdampar massal yang terpisah, dengan bukti kuat menunjukkan bahwa paus menelan ganggang beracun bersama dengan mangsanya. Mamalia yang sekarat tersapu ke muara dan ke pasir datar di mana mereka dikubur dari waktu ke waktu.
6. Kawah putih
Kawah Al Wahaba terletak di padang pasir Arab Saudi, 254 km dari Taif, di tepi barat plato basal Hafer Kishb, yang memiliki banyak kerucut vulkanik.
Al Wahaba menjadi kawah terbesar dari jenisnya di Timur Tengah dengan panjang 2 km dan diameter 250 meter. Pada awalnya, para ahli geologi mengira bahwa kawah itu dibentuk oleh meteorit karena bentuknya menyerupai Kawah Barringer, yang terbentuk karena hantaman meteorit sekitar 43 mil di timur Flagstaff, dekat Winslow, di gurun utara Arizona, Amerika.
Namun kemudian para ahli geologi menyatakan bahwa kawah Al Wahaba terbentuk oleh aktivitas gunung berapi dalam bentuk ledakan uap bawah tanah yang dihasilkan ketika magma cair melakukan kontak dengan tanah.
Kawah cantik ini terletak di daerah di mana terdapat aktivitas vulkanik di masa lalu. Daerah sekitarnya memiliki tekstur berpasir yang menjadi "tempat tidur" bagi tumpukan abu vulkanik. Sementara itu, di sebelah utara kawah, Anda bisa melihat jajaran pohon-pohon palem dan rumput hijau yang menambah eksotika kawah putih Al Wahaba.
Itulah 6 hal menakjubkan yang bisa di temui di gurun pasir. Semoga bermanfaat!