Manfaat Mentimun
Memperhatikan kesehatan, kini sepertinya sudah menjadi kebiasaan masyarakat.
Aneka teh, goji berry, dan lemon disajikan dalam cangkir termos besar dan kecil.
Beberapa orang juga akan menambahkan berbagai macam herbal untuk menjaga tubuh. Ada makanan umum yang juga memiliki efek kesehatan yang sangat baik, yaitu mentimun. Mentimun sekarang tersedia sepanjang tahun dan mengandung banyak vitamin dan serat, yang dapat dikatakan bernilai baik. Mentimun dikenal kaya akan vitamin C, vitamin K, dan beberapa jenis vitamin B, seperti vitamin B5 atau asam pantotenat. Selain itu, mentimun mengandung mineral penting seperti kalium dan magnesium. Kelebihan serat dalam mentimun juga bermanfaat bagi pencernaan dan menjaga perasaan kenyang lebih lama. Oleh karena itu, memasukkan mentimun dalam pola makan sehari-hari dapat membantu mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, memberikan tambahan nutrisi, dan merasa segar sepanjang tahun.
1. Kaya Nutrisi
Setelah irisan mentimun direndam dalam air, banyak nutrisi di dalamnya yang akan larut dalam air. Vitamin B, vitamin C, vitamin E, karoten dan kalsium serta magnesium, serta mineral lainnya akan langsung masuk ke dalam tubuh.
Nutrisi ini diperlukan tubuh, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan lipid darah, mencegah penyakit jantung, dll.
2. Rendah Kalori
100g kalori mentimun adalah 16 kalori, sedangkan 100g es krim kalori adalah sekitar 127 kalori, dan rasa kenyang mentimun sangat kuat, itulah alasan mengapa banyak orang memilih mentimun sebagai makanan saat menurunkan berat badan.
Serat dalam mentimun juga dapat meningkatkan gerak peristaltik usus dan membersihkan limbah tubuh.
3. Memperbaiki Kondisi Kulit
Mentimun dapat membantu mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya, dan konsumsi secara teratur dapat membuat kulit terhidrasi, dan menjaga kondisinya stabil. Enzim mentimun meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Banyak orang akan mengoleskan mentimun di wajah mereka sebagai masker, dimana metode eksternal ini memiliki efek pelembab tertentu.
4. Nafas Segar
Mentimun sendiri memiliki bau yang ringan dan segar. Terkadang, setelah makan makanan berat, meskipun Anda tidak memiliki akses untuk menyikat gigi, Anda dapat mencoba trik sederhana dengan memasukkan sepotong mentimun ke dalam mulut Anda. Biarkan mentimun tersebut berada dalam mulut Anda selama sekitar 90 detik. Mentimun ini dapat membantu menghilangkan bau yang tidak diinginkan dan memberikan sensasi kesegaran.
5. Menjaga kesehatan jantung dan tulang
Selain vitamin, timun juga memiliki kandungan vitamin K. Dimana vitamin K yang dikenal sebagai vitamin pembekuan darah, memiliki peranan yang besar bagi kesehatan jantung. Selain itu juga dapat membuat tulang dan otot menjadi kuat serta mencegah osteoporosis.