Fakta Tentang Anjing Husky
Anjing Husky atau Siberian Husky merupakan anjing yang cukup populer di kalangan penyuka hewan domestik. Anjing ini tampak begitu memikat dengan bulu tebal indah dalam berbagai varian warna, wajah mencolok, serta mata biru yang tajam.
Walaupun terkesan seram dan tegas lantaran perawakannya yang mirip serigala, nyatanya anjing yang berasal dari Siberia, ini memiliki sifat yang ramah terhadap manusia maupun anjing lainnya. Selain itu, Siberian Husky umumnya setia dan penurut dengan majikan.
Sejarah
Anjing Husky berasal dari Siberia. Letak geografisnya yang berdekatan dengan kutub membuat anjing dengan nama lain Chukcha ini tumbuh dengan tubuh yang siap menghadapi suhu dingin ekstrem.
Anjing ini mulai dekat dengan manusia setidaknya sekitar 3000 tahun lalu, ketika orang Chukchi, suku semi nomaden Siberia, memperluas wilayah buruan mereka dengan bantuan Siberian Husky. Dalam misi tersebut, anjing Husky berperan sebagai penarik kereta luncur atau pengangkut beban. Sejak saat ini, mamalia ini mulai dibiakkan.
Hingga pada 1909, Anjing Husky dibawa ke Alaska untuk bertanding dalam pertandingan jarak jauh di seluruh wilayah tersebut. Dari sana, kecepatan dan ketahanan tubuh anjing ini mulai dikenal masyarakat luas.
Karakter
Siberian Husky memiliki lapisan bulu ganda. Lapisan bawah relatif lebih tebal dan pendek dan dapat membantu mempertahankan panas tubuhnya. Bulu lapisan luarnya cenderung lebih panjang dan tahan air. Bukan cuma itu, anjing cerdas ini punya ekor yang bisa dililitkan di wajah mereka saat tidur untuk menambah kehangatan.
Anjing Siberian Husky juga memiliki mata berbentuk almon yang berfungsi sebagai pelindung dari salju dan sinar matahari yang memantul dari permukaan salju. Banyak dari anjing ini terlahir dengan mata biru cerah. Selain itu, Heterochromia atau mata dengan dua warna berbeda juga umum dialami Anjing Husky dan sering menghasilkan mata warna biru, emas, jingga, atau coklat.
Anjing ini memiliki tinggi 21-23.5 inci untuk jantan, dan 20-22 inci untuk betina. Sementara, berat badannya mencapai 45-60 pound (jantan) dan 35-50 pound (betina). Anjing Siberian Husky bisa hidup hingga usia 11-15 tahun.
Fakta Tentang Husky
Setia pada majikan
Tahukah kamu kalau Siberian Husky ternyata sangatlah setia kepada sang majikan, lho. Mereka juga terkenal ramah dan mudah bergaul dengan orang lain. Karena kesetiaannya ini, membuat para pemiliknya kerap mengkhawatirkan mereka saat ditinggal sendirian. Apalagi, mereka memerlukan afeksi dan perhatian dari sang majikan. Mereka bisa gelisah, bahkan saat kamu baru meninggalkannya selama satu setengah jam.
Anjing pekerja yang hebat
Mereka termasuk anjing pekerja keras yang baik dan bisa tinggal di luar rumah seharian. Mereka dapat berlari tanpa lelah bersama teman-temannya, sambil menarik kereta pembawa barang pada area bersalju.
Energik dan suka berlarian
Siberian Husky juga senang berlarian dan bisa sangat aktif sepanjang hari. Tubuhnya yang kuat, memungkinkan mereka menjadi sangat energik. Mereka juga bisa jadi teman yang menyenangkan untuk lari pagi bersama.
Ramah pada hewan lain
Tidak hanya pada manusia, mereka juga ramah kepada sesama anjing, kucing, bahkan burung. Husky terbilang sebagai anjing yang ceria dan senang bermain tidak hanya dengan kawanannya saja. Mereka bukanlah tipe anjing agresif dan berbahaya sehingga Anda tidak perlu takut bila bertemu dengan mereka.
Mudah cemburu
Walaupun mereka ramah dengan hewan lain, tetapi Siberian Husky mudah cemburu. Umumnya, mereka merasa cemburu pada bayi maupun anjing lain, yang mendapatkan perhatian lebih dari majikannya. Bahkan, mereka bisa marah ketika merasa kamu memperlakukannya dengan tidak adil.
Tidak mudah dilatih
Mereka diciptakan sebagai anjing pekerja sehingga tidak mudah untuk melatihnya dengan baik. Meski mereka unggul dalam kemampuan atletik, tetapi anjing husky punya sifat keras kepala sehingga sulit untuk menerima pelatihan dari sang pemilik dibandingkan dengan anjing dari ras lainnya.
Hal yang Perlu Diperhatikan
Anjing Husky mudah dilatih dan sangat cocok untuk rumah dengan anak-anak. Sebagai anjing kawanan alami, mereka suka menjadi bagian dari sebuah keluarga dan tidak suka ditinggalkan sendirian untuk waktu yang lama. Karena Siberian Husky adalah jenis anjing yang ramah dan suka bertemu orang baru, mereka tidak bisa dijadikan anjing pengawas.
Mereka adalah anjing yang sangat energik dan tidak bisa menahan diri untuk tidak mengejar hewan yang lebih kecil. Oleh karena itu, mereka membutuhkan tempat yang aman untuk berlarian, seperti halaman berpagar atau taman anjing.
Penting agar pagar halaman tinggi dan aman, karena Husky dapat melompat tinggi dan menggali di bawah pagar untuk melarikan diri. Untuk memeliharanya, pagar rumah harus terbuat dari kayu solid dan tingginya minimal 3 meter. Kawat juga harus dibenamkan ke dalam tanah di sepanjang garis pagar untuk mencegah mereka menggali. Selain itu, Husky juga tidak boleh ditinggalkan di luar di halaman tanpa pengawasan.