Manfaat Menari
Menari menjadi aktivitas yang sangat populer di masa sekarang. Tak hanya remaja, orang dewasa, bahkan anak-anak saat ini menjadi suka menari dan menunjukkan kemampuannya di berbagai platform media sosial.
Beberapa orang lebih suka menari sendiri di rumah dengan lagu favorit, yang lain belajar dansa ballroom atau hip-hop dan terlibat dengan komunitas.
Menari menawarkan nilai tambah yang jelas terasa bagi kesehatan fisik. Kamu tidak hanya menggerakkan tubuh secara berirama dan mengekspresikan perasaan, tetapi juga membakar kalori dan berolahraga dengan pasti.
Aktivitas fisik yang kreatif dan menyenangkan ini juga merupakan anugerah bagi fungsi otak kamu. Manfaat menari bagi kesehatan mental mungkin tidak begitu terlihat, tetapi sebenarnya sangat banyak dan mendalam.
Inilah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menari.
Menurunkan Berat Badan
Menari bisa menjadi alternatif kegiatan membakar kalori yang lebih seru. Menari termasuk kegiatan ritmik yang membuat seluruh tubuh bergerak dan meningkatkan denyut jantung, tingkat pernapasan, sirkulasi darah, dan gerakan otot. Tergantung dari jenis tarian apa yang kamu pilih, beberapa jenis tarian dapat membantu membakar kalori dengan cepat, sementara tarian yang lain dapat membantu membentuk otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Pilih gaya tari yang cocok untukmu, entah itu balet, tarian ballroom, atau malah belly dancing. Sebuah studi di Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa latihan dansa aerobik memiliki manfaat menjaga berat badan yang sama ampuhnya dengan bersepeda atau jogging.
Menjaga Fleksibilitas Tubuh
Gerakan-gerakan plie dan arasbeque yang dilakukan para penari balet tidak hanya indah dipandang tapi juga meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi tubuh yang kaku bagi sang penari. Bukan berarti kamu harus daftar kelas balet, tapi kamu bisa menirukan beberapa gerakan dasar latihan mereka dan melakukan stretching di rumah agar tubuhmu tetap fleksibel, mencegah nyeri sendi, dan rasa sakit setelah latihan atau olahraga.
Meningkatkan Daya Ingat
Menurut sebuah studi di The New England Journal of Medicine, menari dapat membantu mempertajam daya ingat dan mencegah perkembangan penyakit yang berkaitan dengan otak seperti demensia saat kita semakin menua. Para ilmuwan percaya bila latihan fisik seperti aerobik dan menari dapat menahan kekurangan volume pada hippocampus, yang merupakan bagian otak yang mengatur daya ingat. Area hippocampus secara alami akan mengecil sesuai pertambahan umur yang menjelang usia tua dapat mengarah ke daya ingat yang melemah hingga penyakit demensia.
Menjadi Lebih Kreatif
Menari pada dasarnya adalah pencapaian artistik yang memungkinkan kamu mengekspresikan ide melalui koreografi yang kamu ciptakan. Kamu akan berbicara menggunakan bahasa tubuhmu. Penari dapat mencari inspirasi dalam seni lain atau dengan menonton penari atau koreografer lainnya.
Kemampuan untuk membayangkan dan menciptakan sangat dicari dalam bidang profesional juga. Kualitas yang bagus untuk dimiliki.
Baik menarikan tarian tap, ballroom, merengue, jazz, boogie-woogie, waltz, mambo, cha cha, atau swing, kamu harus imajinatif dan kreatif.
Menari adalah peluang besar bagi orang-orang kreatif untuk melenturkan otot kreatif mereka. Selain itu, jika kamu tidak kreatif, menari dapat membantumu menjadi lebih kreatif dan memberimu lebih banyak kesempatan untuk berpikir kreatif.
Meningkatkan Konsentrasi
Konsentrasi berguna saat kamu bekerja juga. Saat ini, sangat mudah untuk merasa kesulitan berkonsentrasi. Kita melompat dari saluran ke saluran lainnya, melewati lagu yang tidak kita sukai, dll.
Generasi muda memiliki lebih banyak gangguan yang harus dihadapi.
Menari dapat membantumu berkonsentrasi. Pelajaran menari biasanya berlangsung satu atau dua jam. Hanya ada sedikit gangguan di studio tari. Sebagian besar studio tari memiliki cermin di dinding sehingga kamu dapat melihat apa yang kamu lakukan.
Menari adalah kegiatan yang dapat kamu nikmati juga. Otakmu akan belajar untuk tetap fokus pada satu hal: mengikuti koreografi.
Belajar berkonsentrasi bisa membutuhkan sedikit tenaga, tetapi kamu akan segera melihat bagaimana tarian dapat membantumu mencapainya.
Menghilangkan Stress
Pekerjaan sering membuat kita stres dan rutinitas kamu mungkin menjadi sumber stres juga.
Menari memungkinkan kita untuk menghilangkan stres kita! Ini dapat membantu kita rileks dan mengalihkan pikiran kita dari masalah sehari-hari yang kita alami. Seperti pijatan, menari merilekskan tubuh.
Menari juga merupakan kesempatan untuk tidak memikirkan hal-hal yang membuat kita merasa stres selama beberapa jam. Beberapa sesi seminggu benar-benar dapat membantu menghilangkan stres.
Selain itu, karena menari adalah aktivitas fisik, ada manfaat yang meningkatkan suasana hati yang sama seperti aktivitas fisik lainnya. Saat kamu berolahraga, otakmu akan melepaskan endorfin, hormon yang memiliki efek positif pada suasana hati kita.
Bagi kalian yang cukup berumur dan khawatir tentang cedera, maka berlatihnya dengan para profesional bersertifikat. Mereka akan memandu tentang cara bekerja dengan keterbatasan fisik apa pun dan membantu mencegah cedera. Pelatih tari harus sepenuhnya dipercaya dan dapat menawarkan cara untuk meningkatkan kesejahteraan dengan rencana langkah demi langkah.
Untuk kamu anak-anak muda, berlatihlah dengan teman dan ambil setiap pelajarannya. Begitu kamu berada di lantai dansa, kamu bahkan mungkin menganggap menari sebagai cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental kamu.