Tips Bagi Drummer Pemula
Drum adalah sebuah alat musik yang terdiri dari snare, hi hat, bass, tom-tom, crash, dan cymbal. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stick atau tongkat pemukul drum. Drum biasanya dimainkan untuk mengiringi sebuah musik. Sama seperti alat musik lainnya, orang yang bermain drum punya sebutan, yaitu drummer.
Seorang drummer harus memiliki skill yang memadai untuk bisa bermain drum. Untuk mempunyai skill yang bagus, diperlukan latihan yang giat.Simak lah beberapa tips untuk drummer pemula.
Menggunakan aplikasi drum virtual di gadget
Kemajuan teknologi tentu sangat mempermudah kita dalam melakukan kegiatan apa pun baik itu mudah dilakukan atau sulit dilakukan. Salah satunya adalah bermain drum. Meskipun rasanya berbeda ketika bermain drum secara langsung sedangkan virtual menggunakan jari tangan, tetapi dengan tampilan drum yang dibuat semirip dan semenarik mungkin dengan aslinya, maka hal ini tentu dapat memudahkan anda untuk latihan drum di rumah.
Belajar teknik dasar drum terlebih dahulu
Bermain drum tidak hanya sekadar bermain, tetapi harus disertai dengan teknik yang bagus. Untuk mempelajari teknik dasar drum tidak diharuskan untuk memiliki drum karena belajar teknik dasar pada drum bisa dilakukan dengan memukul bantal dan kasur. Kalian juga bisa menggunakan drum pad dan metronome atau alat untuk menentukan tempo musik. Teknik dasar drum seperti single stroke, double stroke, triple stroke, triplet itu melatih kecepatan tangan, keseimbangan tangan, dan ketepatan tempo dalam memukul drum. Latihan teknik dasar ini sangat dianjurkan bagi pemula yang ingin latihan drum untuk belajar teknik dasar drum.
Belajar bermain drum dari YouTube
Tips ini mungkin ada hubungannya dengan tips-tips sebelumnya. Setelah kalian belajar teknik dasar pada drum dan membuat drum dari barang bekas atau latihan drum dari aplikasi drum virtual, nah kalian bisa mulai latihan dengan melihat tutorial di YouTube bagaimana cara bermain drum yang baik dan benar. Lalu, kalian mulai untuk mempraktekkan apa yang diajarkan di YouTube. Kalian bisa latihan seminggu dua kali supaya lancar bermain drum.
Coba untuk memainkan sebuah lagu
Tips terakhir adalah mencoba untuk memainkan sebuah lagu. Cara ini adalah cara yang dapat mengetahui bagaimana perkembangan kita dalam bermain drum. Dengan mencoba mengiringi lagu selain kita tahu kemampuan yang dimiliki, kita dapat mengembangkan skill dan teknik dalam bermain drum. Coba dulu dengan mengiringi lagu yang ketukannya amat sederhana, jangan langsung lompat ke lagu yang susah.
Mulai dari Ketukan Dasar
Nah, bagi anda yang merupakan pemula sebaiknya anda belajar drum dari awal dengan baik dan benar. Mulai dari ketukan dalam permainan snare, seperti single stroke, double stroke, triplets, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan ketukan tersebut, anda bisa mengatur permainan drum anda menjadi lebih baik lagi. Lalu, bisa anda lanjutkan dengan cara memadukan ketukan kaki kanan pada bass drum dan kaki kiri pada pedal hi hat, tangan kanan pada hi hat dan tangan kiri pada snare drum. Hitung ketukan hi hat sebanyak 8 kali lalu anda sisipkan ketukan bass drum pada 1 dan 5 dan ketukan snare drum pada hitungan ke 3 dan 7. Hitung berulang ulang dengan hi hat juga.
Beberapa tips drummer pemula di atas semoga dapat membantu pemula-pemula di luar sana agar lebih giat lagi untuk mempelajari alat musik satu ini.