Aktivitas Bersama Buah Hati
Ada sejumlah aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bareng anak meski hanya di rumah saja, tanpa perlu harus pergi ke pusat perbelanjaan. Di masa pandemi Covid-19, mengurangi mobilitas sangat penting untuk mencegah persebaran virus Corona.
Agar tidak merasa bosan karena harus di rumah terus, ada banyak pilihan aktivitas menyenangkan bisa dilakukan bareng anak. Selama masa pandemi Covid-19 ini anak memang diharuskan belajar, bermain, dan berlibur, semua dilakukan di rumah agar mereka tidak tertular atau menularkan virus Corona.
Berikut ini adalah beberapa pilihan kegiatan yang bisa dilakukan bersama sang buah hati.
Olahraga
Meski hanya di rumah, orang tua bisa tetap menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga bersama anak secara rutin. Beberapa olahraga yang dapat dicoba mulai dari senam, lempar bola, lompat tali, berenang, menari dan yoga.
Dikutip dari seorang artis tanah air, Chelsea Olivia, “Berenang merupakan salah satu olahraga favorit di keluarganya. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, dia dan Glenn biasanya mengajak Nastusha untuk berenang atau sekadar bermain air bersama setelah menjalankan kegiatan sekolah online.”
Tidak hanya itu, berolahraga juga bisa menambah mobilitas sang anak menjadi lebih cepat tanggap. Oleh karena itu, olahraga cukup penting untuk dijadikan kegiatan bersama.
Memasak
Memasak juga bisa menjadi kegiatan alternatif yang bisa dilakukan orang tua bersama anak. Melalui proses masak bersama, anak dapat melihat proses pembuatan makanannya dan membantunya mengenal kandungan nutrisi pada makanan dan menjadikannya lebih berselera untuk makan.
Selain memasak, para orang tua juga bisa membuat kue bersama dengan anak. Namun, perlu diperhatikan dengan baik agar anak tetap terjaga dan terhindar dari peralatan dapur yang mungkin dapat melukainya seperti, benda-benda tajam, oven atau panci yang panas, serta piring yang terbuat dari kaca ataupun keramik.
Bermain Puzzle
Permainan simpel satu ini bisa dilakukan orang tua bersama anak-anak saat qualiity time, terutama untuk anak usia 1 tahun-2 tahun. Aktivitas menyenangkan bareng anak ini bukan hanya permainan, melainkan juga bermanfaat untuk melatih daya motorik dan sensorik anak.
Dr. Miza Dito Afrizal, selaku dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Tumbuh Kembang Depok mengatakan bahwa, ketika anak berusia 1- 2 tahun, mereka sedang berada di tahap melatih motorik. Sebagai orang tua, kita bisa siapkan permainan puzzle agar melatih ketangkasan untuk menyusun atau bisa juga menyiapkan adonan untuk diaduk sehingga melatih daya motorik dan sensoriknya.
Permainan Edukatif
“Bermain merupakan salah satu cara yang mudah dan menyenangkan untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh anak. Selain itu, bermain juga dapat mengasah keterampilan anak,” ujar Dr Miza. Permainan seperti puzzle yang sudah kita bicarakan tadi, kemudian menyusun balok, menggambar dan membuat kerajinan tangan dapat menjadi pilihan permainan edukatif bagi anak.
Menonton Video Edukatif
Di era di mana semuanya tersedia di internet, anak pun tetap bisa belajar di rumah dan para orang tua bisa menemukan materi yang bisa diajarkan pada anak melalui internet. Selain itu, para orang tua juga bisa mengajak sang buah hati untuk berdiskusi mengenai video yang ditonton sekaligus menyampaikan pesan moral yang terdapat di tayangan tersebut.
Namun, menurut Dr Miza, ada baiknya jika penggunaan platform teknologi seperti gadget dan televisi sebaiknya dibatasi satu jam sehari saja. Hal ini agar anak tetap ada interaksi sosial.
Berkebun
Hobi berkebun yang populer saat pandemi juga dapat menjadi alternatif kegiatan bersama anak di rumah. “Selain menyenangkan, kegiatan berkebun bisa mengedukasi anak terkait rasa tanggung jawab. Juga bisa mendorong perkembangan keterampilan motorik halus anak. Mulai dari menanam benih kecil, menyiram dan memetik buahnya,” ujar Dr Miza.
Nah, itulah beberapa kegiatan yang bisa kalian, para orang tua lakukan bersama dengan anak di rumah. Semoga bermanfaat!