Tips Gitar Untuk Pemula
Kunci utama bermain gitar untuk pemula adalah ketekunan dan ketelatenan. Mampu bermain gitar dengan alunan nada dan melodi yang indah bukan sesuatu yang mudah. Inilah mengapa diperlukan tips dan trik khusus untuk menyelesaikan cara bermain gitar petikan untuk pemula.
Di mulai dari cara bermain gitar yang sederhana seperti memahami bagaimana posisi gitar ternyaman di pangkuan. Lalu mulai cari tahu apa saja kunci gitar dan letak atau posisi kuncinya. Tidak sampai di situ saja, pahami bagaimana kunci gitar tersebut bisa mengalunkan nada yang indah dan tepat didengar.
Untuk menguatkan cara bermain gitar petikan untuk pemula yang dasar tersebut, lakukan praktik berulang-ulang. Mulai dari memainkan lagu dengan kunci sederhana sampai lagu yang disukai. Jangan sungkan latihan lebih sering dan evaluasi selalu sejauh mana Gitar merupakan salah satu instrumen musik yang populer di dunia.
Berikut ini akan kita bahas mengenai tips dan trik cara bermain gitar untuk pemula.
1. Pelajari Kunci Dasar Gitar
Sebelum kamu mulai belajar main gitar, kamu perlu tahu dulu kunci dasarnya.Gitar memiliki 6 senar, semuanya memiliki ketebalan yang berbeda-beda, membuat bunyi senar yang beragam.Suaranya tersebut juga berbeda tergantung jenis gitar, yakni akustik dan elektrik.Selain suara, perbedaan antara gitar akustik dan elektrik adalah pada bagian tuning-nya.Walaupun begitu, keduanya tetap memiliki kunci dasar gitar yang sama.
2. Pastikan Gitar Nyaman Dipegang
Jika sudah menghafal kunci dasar gitar, langkah selanjutnya adalah menentukan posisi gitar ternyaman.Cara belajar gitar ini penting karena berpengaruh pada kenyamanan saat memainkan gitar.Sebagai pemula, sebaiknya kamu memulai dengan memangku gitar sembari duduk.Tegakkan punggung dan pegang ujung senar gitar dengan tangan utama.
3.Mencari guru privat
Cara selanjutnya agar lebih mudah mempelajari gitar adalah belajar dan latihan secara langsung kepada orang yang sudah mahir atau guru privat. Anda akan dibimbing secara langsung untuk belajar gitar dan mempraktekkan semua teknik gitar, mulai dari belajar chord sampai memainkan gitar dengan sebuah lagu , dengan begitu akan membuat permainan gitar anda berkembang secara pesat.
4.Rutin Bermain
Rutin belajar menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang ada di leher gitar adalah cara bermain gitar petikan untuk pemula. Pastikan Anda hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja. Setelah itu mulailah memainkan kunci dasar.
Pilih dari yang termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama. Di tahap cara bermain gitar petikan untuk pemula ini, jangan asal genjreng saja. Usahakan bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Kalau cara bermain gitar petikan untuk pemula sudah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.
Ulangi cara bermain gitar petikan untuk pemula tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah bisa semua,berlatihlah lagi selama beberapa waktu supaya semakin hafal letak kuncinya dan jari semakin lihai dalam memainkannya.
Beberapa tips di atas dapat membantu pemain gitar pemula , ketekunan dan kemauan adalah kunci utama dalam bermain gitar , jika menemukan kesulitan jangan mudah menyerah maka perkembangan permainan gitarmu akan berkembang pesat.