Cara Memandikan Kucing
Kucing memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Tingkah lucunya bisa membuat kamu heran bahkan sampai geleng-geleng kepala.
Bagaimana tidak, kucing sangat suka bermain dan tingkahnya juga menggemaskan. Kamu juga pasti sering menemukan aksi unik yang sering dilakukan oleh hewan berbulu tersebut.
Selain dapat membuat bahagia, hewan seperti kucing ternyata juga dapat berdampak lebih dalam kehidupan seseorang. Namun, terlepas dari hal itu, tentu menjadi tidak nyaman ketika kamu mencium aroma tidak sedap dari tubuh kucing kesayanganmu, sehingga kamu pasti akan terdorong untuk memandikannya.
Ketika kucing dimandikan, hal itu dapat menstimulasi kulit dan menghilangkan minyak berlebih serta bulu rontok. Dengan rajin membersihkannya, kucing akan terhindar dari kutu, jamur, serta bakteri penyebab penyakit yang menumpuk pada kotoran mata, telinga atau pun kuku. Salah satu cara untuk memastikan kebersihan dan kesehatan kucing adalah dengan memandikan kucing secara rutin. Disarankan memandikan kucing sekurang-kurangnya seminggu sekali.
Berikut ini adalah cara yang benar dan aman untuk memandikan kucingmu di rumah.
Beberapa perlengkapan mandi yang penting, yakni:
1. Sampo khusus kucing.
2. Handuk.
3. Sisir sikat (jika kucingmu berbulu panjang).
4. Pitcher atau wadah lain untuk dibilas.
5. Keset karet untuk ditempatkan di wastafel atau bak.
Tak semua barang-barang di atas harus punya, yang penting adalah sampo khusus kucing.
Caranya:
1. Cari waktu yang tepat
Cara memandikan kucing yang benar pertama adalah dengan menentukan waktu yang tepat terlebih dahulu. Pastikan kucingmu dalam keadaan senang, rileks dan kondisi perut kucing tidak dalam keadaan kosong. Kamu bisa memberi makan terlebih dahulu ketika akan memandikan kucing, tunggu suasana hatinya baik baru siap dimandikan. Namun, alangkah baiknya jangan terlalu sering memandikan kucing. Tetapi, jika kucingmu nampak kotor dan terlihat banyak kutu di tubuhnya segeralah dimandikan sebelum kutu tersebut beranak.
2. Potong kuku kucingmu sebelum dimandikan
Cakar kucingmu adalah salah satu bentuk pertahanan utama mereka. Kucing yang kesal dapat mencakar siapa pun yang ada di dekatnya, termasuk kamu, selama waktu mandi. Cakaran kucing dapat dengan mudah menginfeksi, jadi sebaiknya kamu memotong kuku kucingmu sebelum mencoba memandikannya.
3. Selalu gunakan air hangat
Cara memandikan kucing yang benar selanjutnya adalah selalu menggunakan air hangat. Cara yang mudah adalah gunakan ember plastik besar dengan air hangat yang cukup untuk memandikan kucing. Perlu diingat, air hangat bukan air panas. Pasalnya, banyak kucing yang sensitif dengan air dingin, dengan menggunakan air hangat mampu meminimalisir pemberontakan pada kucing.
Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan tempat berpijak yang aman untuk kamu saat memandikan kucing, agar kamu tidak terpeleset saat memandikan kucing.
4. Bulu sikat lembut dan tutup telinga kucing
Siapkan bulu sikat kucing yang lembut dan jangan lupa menutup telinga kucing dengan kapas yang lembut agar air tidak masuk ke lubang telinga.
5. Hati-hati ketika menyiram tubuh kucing
Gunakan selang semprot untuk membasahi kucingmu. Berhati-hatilah agar tidak menyemprot langsung ke telinga, mata, dan hidungnya. Jika kamu tidak memiliki selang semprot, bisa juga dengan menggunakan gayung.
6. Gunakan sampo kucing
Jangan gunakan sampo manusia untuk membersihkan bulu kucingmu, karena itu tidak aman jika dia menjilatnya, dan dapat melukai kulit halusnya. Sebagai gantinya, gunakan sampo khusus kucing. Mulailah dari leher kucingmu dan pijat sampo dengan lembut ke arah ekor. Hindari area wajah, mata, dan telinga mereka.
7. Bilas secara menyeluruh
Bilas sampo kucing secara menyeluruh dengan selang semprot atau gayung. Pastikan airnya membersihkan bagian kaki dan kukunya. Tidak ada busa atau sampo yang masih menempel, karena dapat mengiritasi kulit dan menjadi magnet bagi kotoran. Sekali lagi, pastikan untuk tidak terkena bagian mata dan telinganya.
8. Bersihkan bagian wajah
Cara memandikan kucing yang selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian wajahnya. Gunakan waslap atau kain untuk menyeka bagian wajah kucingmu. Pakai air biasa tidak masalah selama wajahnya tidak terlalu kotor. Kalau menggunakan sampo pastikan cairannya lebih encer, jangan terlalu banyak sampo, kemudian hati-hati di sekitar mata dan telinganya.
9. Keringkan secara menyeluruh
Bagian terpenting dari memandikan kucingmu adalah mengeringkannya setelahnya. Keringkan secepat mungkin dengan handuk besar, dan simpan di ruangan yang hangat sampai benar-benar kering. Jika memungkinkan, kamu juga dapat menggunakan pengering rambut dengan pengaturan suhu paling rendah untuk mempercepat prosesnya. Jika kucingmu memiliki bulu yang panjang, luangkan waktu untuk menyisirnya dengan sisir bergigi lebar.
10. Selalu Berikan Kasih Sayang
Cara memandikan kucing yang benar sudah selesai, setelah kamu merasa kucingmu sudah tenang, usap lembut kucingmu supaya dia merasa rileks lagi dan tidak takut jika kamu ingin memandikan kucingmu lagi.