Mari Bawa Bekal dari Rumah
Meski pandemi Covid-19 sudah mulai menurun saat ini, ada baiknya jika kita tetap menjaga asupan makanan dengan membawa bekal dari rumah. Pada umumnya, membawa bekal makanan adalah kebiasaan yang diterapkan oleh orang tua pada anak saat ke sekolah.
Namun layaknya anak kecil, orang dewasa pun juga dianjurkan untuk menerapkan kebiasaan ini agar bisa merasakan manfaatnya. Contohnya, saat pergi ke kantor, memiliki rencana untuk bepergian atau liburan, piknik dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah rangkuman dari manfaat kebiasaan membawa bekal dari rumah.
Menghemat Uang
Memang, dengan adanya ojol (ojek online) atau aplikasi untuk memesan makanan dari restoran (Gojek, Grab, Shopeefood, dll) membuat semuanya terasa sangat mudah dan nyaman. Namun jika dilakukan terus-menerus, tanpa kita sadari, ternyata kita bisa menghabiskan hampir sekiranya 30%-40% dari pemasukan bulanan kita hanya untuk memesan makanan.
Dengan membawa bekal kamu bisa lebih hemat, karena kamu bisa menabung untuk membeli hal yang kamu butuhkan. Juga, kamu bisa belajar mengenal harga-harga bahan pokok makanan sehingga bisa benar-benar tahu tempat mana saja yang menjual bahan makanan murah.
Sesuai Porsi
Terkadang, saat kita memesan makanan dari luar, kita tidak bisa mengira-ngira seberapa besar porsi dari makanan yang kita pesan. Mungkin tidak sesuai dugaan karena sedikit, tapi tidak jarang jika ternyata porsinya terlalu besar untuk dimakan sendirian.
Berbeda jika kamu memilih untuk membawa bekal dari rumah karena kamu bisa mengukur porsi yang sesuai untuk kamu makan dan juga tidak membuang-buang sisa makanan.
Mengontrol dan Menjaga Berat Badan
Bagi kamu yang sedang dalam proses diet, mempermudah kamu mempercepat proses penurunan berat badan, karena kadar garam yang diperlukan bisa disesuaikan. Seperti diketahui, terlalu banyak konsumsi garam adalah salah satu faktor dari terjadinya obesitas. Oleh sebab itu, kamu harus tau kandungan dari setiap makanan yang kamu makan.
Untuk menjaga berat badan yang ideal, kamu harus mengonsumsi lebih banyak vitamin dan serat. Kurangi makan-makanan yang berminyak dan mengandung banyak santan. Membawa bekal bisa membatasi makanan yang kamu makan, agar proses diet kamu bisa berjalan dengan lancar.
Meningkatkan Kreativitasmu
Kamu bisa berkreasi dengan makananmu, dengan berbagai bentuk karakter yang lucu yang bisa kamu temukan di internet. Juga, berkreasi dengan bekal makan siang juga membuatmu semakin kreatif, bisa jadi ladang usaha juga lho! Sekarang banyak kamu temui usaha bento lucu-lucu yang unik, siapa tahu kamu juga bisa ikut kecipratan untung dengan bisnis bento.
Terhindar dari Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan yang sering dialami para pekerja adalah naiknya asam lambung juga maag. Kebiasaan telat makan dan minum kopi terlalu banyak merupakan beberapa penyebabnya. Dengan membawa bekal, kamu bisa menghindari kebiasaan makan telat. Risiko gangguan pencernaan pun jadi lebih kecil.
Makanan Lebih Terjamin dan Higienis
Dengan membawa bekal dari rumah otomatis komposisi dari setiap makanan sudah terjamin. Terlebih apabila kamu memasak makanan itu sendiri, kamu jadi tau kandungan dan gizi apa saja yang terdapat dalam makanan kamu.
Tidak bisa dipungkiri makanan-makanan cepat saji memang sangat enak, namun apabila terlalu sering dikonsumsi dampaknya tidak akan baik bagi tubuh kamu.
Belajar Manajemen Waktu
Waktu bagaikan emas, begitu istilahnya. Terbiasa membawa bekal dari rumah, bisa melatih kamu untuk belajar manajemen waktu yang baik. Seperti kamu harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan makanan. Sementara ketika makan siang tiba, kamu tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu istirahat hanya untuk mencari makanan. Kamu bisa menikmati jam makan siang dengan cukup lama, dan menikmati waktu istirahat dengan nyaman dan tidak terburu-buru.
Berkontribusi Mengurangi Sampah
Seperti telah banyak diketahui, bahwa Indonesia adalah negara kedua yang paling banyak menghasilkan sampah plastik setelah China. Pemerintah pun saat ini telah berbondong-bondong untuk berupaya memangkas penggunaan plastik. Sampah plastik tidak dapat hilang walaupun telah dikubur selama puluhan tahun. Oleh sebab itu, saat ini banyak gerakan-gerakan penggiat Zero Waste sebagai bentuk kegiatan untuk menjaga ekosistem kita.
Sebagai warga negara Indonesia, kita bisa turut membantu pemerintah dalam berupaya mengurangi penggunaan plastik dengan membawa bekal dari rumah.