Fakta Menarik Taco
Taco atau tacos merupakan sejenis makanan khas dari Meksiko yang terbuat dari lembaran tortilla yang kemudian diisi dengan berbagai jenis isian lezat nan menggoda. Ada berbagai jenis taco yang dijajahkan oleh para penjual dan itu semua dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.
Memiliki eksistensi dan popularitas dalam bidang kuliner yang luar biasa, tentu saja taco menjadi salah satu makanan yang cukup diminati. Dibalik kelezatannya, sudahkah kamu mengetahui fakta menarik seputar taco?
Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar taco yang unik untuk diulas, simak di bawah ini apa saja fakta menarik tersebut!
1.Ikon negera Meksiko
Kita memang telah mengenal taco sebagai hidangan khas dari negera Meksiko yang mana popularitasnya sudah cukup mendunia. Meski dikenal sebagai ikon khas dari Meksiko, ternyata taco juga cukup populer di Amerika Serikat. Tentunya tak heran karena secara geografis Amerika dan Meksiko memiliki jarak yang dekat.
2.Sudah ada sejak abad ke 19
Kudapan ini sudah mulai disantap di Meksiko sejak abad ke-19. Bahkan, beberapa ahli menyebutkan bahwa taco pertama diciptakan sekitar tahun 1000 dan 500 Sebelum Masehi. Pada waktu itu, kulit taco digunakan sebagai sendok untuk menyantap berbagai bahan isiannya yang lezat.
3.Di abad ke 18, kata taco merujuk pada bahan peledak tambang
Kendati kini menjadi kudapan populer yang digemari banyak orang, kata taco sendiri dulunya merujuk pada bahan peledak yang digunakan saat penggalian tambang. 'Taco' ini terdiri dari bubuk mesiu yang dibungkus dengan selembar kertas dan diletakkan di antara bebatuan.
4.Terdapat waktu khusus untuk menyantap taco
Kebanyakan orang menyantap taco hampir di setiap waktu, di saat makan siang, makan malam, atau sebagai kudapan. Namun, tradisi di Meksiko memberikan waktu khusus untuk menikmati taco dengan jenis berbeda.
Misalnya saja, menu seafood taco disantap sebagai makan siang. Sedangkan antojitos, sejenis jajanan ringan di Meksiko, justru dimakan saat makan malam tiba.
5.Taco memiliki arti makan siang ringan
Bila diterjemahkan secara gamblang, kata taco dalam bahasa Spanyol memiliki arti sebagai makan siang ringan. Tak heran, makanan ini juga kerap disantap sebagai kudapan untuk mengisi perut sebelum makan berat.
6.Memiliki berbagai varian isian
Mirip seperti makanan pada umumnya, taco juga menawarkan sensasi berbeda pada isian didalamnya. Seiring berjalannya waktu, isian dari taco pun banyak mengalami berbagai revolusi hingga mampu menawarkan berbagai varian isian yang menarik dari mulai non-vegetarian hingga vegetarian.
7.Tradisi makan taco ala orang Meksiko
Jika pada umumnya orang memilih untuk mengonsumsi taco disetiap waktu tanpa memandang jadwal makan, maka orang Meksiko memiliki tradisi tersendiri untuk jadwal memakan taco. Orang Meksiko memiliki tradisi untuk menikmati taco di waktu khusus dengan jenis taco yang berbeda. Hal ini lah yang membuat taco ala Meksiko memiliki sensasi keunikan tersendiri.
Itulah beberapa fakta menarik seputar taco yang dapat menjadi informasi bagi kamu agar semakin mengenal hidangan lezat yang satu ini.