Anjing Laut Harpa
Anjing laut adalah mamalia besar yang banyak menghabiskan hidupnya di air dibandingkan daratan.
Anjing laut harpa (Pagophilus groenlandicus) spesies yang berhabitat di Samudra Atlantik Utara dan Samudra Arktik. Spesies ini panjangnya sekitar dua meter dengan berat rata-rata 130 kilogram. Anjing laut harpa tampilan fisiknya selalu berbeda sepanjang hidup.
Anjing laut harpa atau harp seal adalah sejenis anjing laut biasa namun memiliki keunikan saat hewan ini masih bayi. Saat masih bayi, anjing laut harpa memiliki bulu putih dan tebal hingga tubuhnya terlihat gemuk dan menggemaskan. Anjing laut ini dapat ditemukan di Kepulauan Magdalen di Provinsi Quebec, Kanada. Sayangnya saat mereka beranjak dewasa bulu-bulu putihnya ini akan rontok dan terganti dengan bulu-bulu yang baru. 
Disebut sebagai anjing laut harpa karena saat dewasa bulu putih mereka yang rontok akan terganti dengan bulu baru dengan warna yang lebih gelap. Bulu baru ini memiliki pola yang mirip seperti harpa. Bulu putihnya akan mulai berubah sejak usianya 2 minggu. Dan diusia yang mencapai satu bulan, bulu putih akan terganti dengan warna abu-abu. 
Bulu putih ini bernama lanugo yang berfungsi untuk menyerap sinar matahari sehingga badannya tetap hangat ketika lapisan lemaknya belum bertumbuh sepenuhnya. Ketika mencapai usia tiga atau empat minggu, bulu putih dari bayi ini akan mengelupas dengan sendirinya dan digantikan dengan lapisan kulit.
Ketika baru dilahirkan, bayi Anjing Laut Harpa tidak memiliki tali pusar dan menggantungkan sumber makanan kepada susu induknya. Berat bayi yang baru lahir dapat mencapai berat 11 kg yang kemudian bertambah 2 kg per harinya setelah diberikan air susu induknya yang kaya lemak. Anakan akan berhenti disusui pada hari ke-12 atau jika beratnya sudah mencapai 36 kg. Setelah masa menyusui, mereka akan ditinggalkan oleh induknya di atas bongkahan es tanpa makanan selama enam minggu. Dalam rentang waktu tersebut, anak anjing lau ini dapat kehilangan setengah dari bobot tubuhnya sebelum mulai mencari makanannya sendiri di dalam air.
Mamalia ini dapat mencapai ukuran 1,6 hingga 1,9 m dengan berat sekitar 180 kg ketika dewasa. Untuk berpindah tempat, anjing laut ini memiliki sirip kecil yang membuat mereka dapat bergerak seperti ulat bulu di daratan. Sirip depannya dilengkapi oleh cakar yang kuat dan tebal, sedangkan sirip belakang lebih kecil. Satwa ini memiliki masa hidup sekitar 20 hingga 30 tahun dengan waktu hidup lebih banyak dihabiskan di air dibanding daratan. Hewan kutub satu ini adalah perenang dan penyelam yang handal. Mereka dapat menyelam hingga kedalaman 300 meter bahkan menahan nafas hingga 15 menit ketika di bawah air. 
Anjing laut ini beraktivitas di darat selama musim kawin dan melahirkan. Selepas itu anjing laut banyak beraktivitas di dalam air. Saat musim kawin, anjing laut harpa berpindah tempat tiap tahun mencapai 5.000 kilometer. Induk anjing laut harpa menentukan anaknya melalui pembauan dari ribuan lainnya dalam satu koloni.
Itulah informasi mengenai anjing laut harpa. Semoga bermanfaat!