Fakta Unik Harimau
Harimau adalah hewan yang keberadaannya penting dalam susunan rantai makanan.
Kali ini kita akan mempelajari tentang materi kelas 3 SD tema 2 subtema 2, tentang fakta-fakta unik harimau hewan yang dilindungi. Hewan ini memiliki tubuh berukuran cukup besar dan sering disebut sebagai kucing besar.
Harimau memiliki loreng khas pada tubuhnya serta taring tajam dan cakar. Hewan satu ini terkenal memiliki kecepatan berburu yang luar biasa. Kali ini kita akan belajar tentang hewan buas bernama harimau yang kini menjadi hewan dilindungi. Hewan ini sering diburu dan diperjualbelikan sehingga jumlahnya di alam liar terus berkurang. Berikut fakta-fakta seputar hewan bernama latin Panthera tigris:
1. Bulu Harimau
Harimau memiliki bulu yang bermotif belang dengan warna cokelat atau oranye. Namun, saat bulu ini dicukur, motif pada belang akan tetap terlihat pada kulitnya. Motif belang pada harimau ini seperti sidik jari pada manusia. Setiap harimau memiliki motif belang yang berbeda-beda.
2. Air Liur Harimau
Hewan mamalia satu ini memiliki air liur yang cukup spesial. Pada air liur harimau terdapat kandungan antiseptik yang bisa mengobati luka. Air liur itu menjadi obat bagi harimau yang mendapat luka setelah bertarung atau berburu.
3. Jumlah Mangsa
Sebagai hewan buas, harimau biasa hidup dengan memburu hewan lainnya. Harimau dewasa saat berburu bisa memangsa 40 kg daging sekaligus. Biasanya hewan ini akan makan lagi setelah 1 atau 2 minggu setelah makan besar.
4. Kemampuan Melompat
Selain cepat dalam mengejar mangsanya, harimau juga memiliki kemampuan melompat yang luar biasa. Walau dimulai dalam keadaan duduk, harimau bisa melompat hingga ketinggian 10 meter. Kelebihan ini tentunya bermanfaat bagi harimau dalam memburu mangsanya.
5. Berburu Sejak Muda
Harimau yang baru lahir akan hidup dengan bergantung pada induknya.Ia akan mendapatkan makanan dari hasil berburu sang induk. Namun, itu hanya berlangsung selama satu tahun. Harimau berumur satu tahun biasanya sudah bisa mencari makan dengan cara berburu sendiri.
6. Perenang Handal
Bukan hanya cepat dalam berlari dan mampu melompat tinggi. Ternyata harimau juga memiliki kemampuan untuk berenang. Bahkan hewan buas ini disebut sebagai perenang handal.
7. Mudah Beradaptasi
Teman-teman bisa menemukan harimau di berbagai wilayah dengan kondisi lingkungan berbeda. Hal itu bisa terjadi karena hewan satu ini pandai sekali beradaptasi. Harimau bisa tinggal di padang rumput, sampai hutan bakau tropis seperti di Asia Tenggara.