Fakta Unik Ubur-Ubur
Ubur-ubur memang jadi hewan laut yang paling cantik dan juga misterius
Ubur-ubur adalah salah satu makhluk hidup yang mungkin paling menakutkan, sekaligus menarik di dunia laut. Hewan ini merupakan karnivora yang sebagian besar spesiesnya memakan zooplankton dan ubur-ubur lainnya. Meski bentuknya cantik dan misterius, ubur-ubur juga memiliki segudang fakta unik yang bisa membuat Moms tercengang. Hewan yang memiliki nama ilmiah Scyphozoa ini, ternyata sudah hidup di Bumi sejak ratusan juta tahun lalu Moms sebelum ada hewan dinosaurus.
Berikut ini fakta unik mengenai ubur-ubur:
1. Dapat bertahan dengan pH air laut yang berubah
Dari laporan terbaru UN Intergovernmental Panel on Climate Change, menyatakan bahwa hewan yang satu ini tidak seperti kebanyakan biota laut lainnya. Ubur-ubur tetap berkembang pesat di lautan yang ekosistemnya terganggu oleh gelombang panas laut, peningkatan kadar asam laut, penangkapan ikan berlebih, dan berbagai ulah manusia lainnya. Uniknya bagi ubur-ubur, aktivitas manusia telah membuat mereka merasa lebih betah. Sementara karang, tiram dan organisme laut apapun yang akan rentan terpengaruh bahkan mati karena kadar lautan yang semakin asam. Meski, hal ini bukan berarti ubur-ubur tersebut kebal.
2. Ubur-Ubur Bukan Termasuk Ikan
Ternyata banyak orang salah sangka. Karena mengira ubur-ubur termasuk jenis ikan. Apakah teman-teman termasuk yang salah menyangka?
Lalu, kalau bukan ikan, ubur-ubur termasuk jenis apa? Ternyata, ubur-ubur adalah jenis makhluk laut yang termasuk dalam golongan zooplankton agar-agar atau invertebrate (tidak punya tulang punggung) dari kelas filum Cnidaria. Jenis-jenis ubur-ubur pun ada banyak dan tersebar diseluruh lautan di Bumi. Bahkan ada ubur-ubur yang melayang di danau air tawar, seperti yang ada di Danau Karwapop, Raja Ampat, Papua, Indonesia.
3. Ubur-ubur Tidak Memiliki Otak
Bukan hanya tidak memiliki otak, ubur-ubur juga tidak memiliki darah, tulang, dan jantung. Namun, mereka memiliki sistem saraf dasar dengan reseptor yang bisa mendeteksi cahaya, getaran, dan bahan kimia di dalam air.
4. Kemampuan ini, sebagai navigasi hewan laut ini di dalam air.
Tubuh mereka terdiri dari 98% air. Ketika terdampar di darat, mereka bisa menghilang hanya dalam beberapa jam saat tubuh mereka menguap ke udara.
5. Hanya Memiliki Satu Saluran
Ubur-ubur tidak memiliki lubang terpisah untuk makan dan buang air besar. Mereka memiliki satu lubang untuk bagian mulut dan anus. Jadi, hewan ini makan dan buang kotoran pada saluran yang sama.
6. Makhluk paling mematikan di Bumi
Semua ubur-ubur memiliki nematocyst atau struktur menyengat, dengan kekuatan sengatan yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Ubur-ubur yang paling berbisa di dunia yaitu ubur-ubur kotak, yang mampu membunuh manusia dewasa hanya dengan sekali sengatan dalam beberapa menit saja.
7. 98 Persen Tubuhnya Berupa Air
Keunikan lain dari ubur-ubur adalah susunan tubuhnya yang hampir semuanya berupa air. Oleh karena itu, ubur-ubur mudah sekali beradaptasi dalam kondisi apapun di lautan. Dilihat dari gerakan ubur-ubur, mudah sekali mereka bergerak ke sana dan ke mari mengikuti gelombang air laut. Akibat dari tubuhnya yang hampir 98 persen adalah air, ubur-ubur begitu tangguh di lautan. Namun, jika teman-teman mengangkat ubur-ubur ke daratan. Mereka akan berubah menjadi air atau menguap ke udara. Hal itu disebabkan karena ubur-ubur belum mempunyai sistem syaraf yang sempurna. Bahkan ubur-ubur sebenarnya tidak punya otak dan hati. Jadi, jika diangkat ke daratan tubuh mereka rapuh dan tidak bisa bertahan lama.
8. Tidak Pernah Terlilit Tentakelnya
Ubur-ubur Surai Singa adalah spesies ubur-ubur terbesar di dunia. Ia dapat memiliki tentakel yang panjangnya lebih dari 27 meter dan lebih panjang dari ukuran paus biru yang merupakan mamalia terbesar di dunia. Meskipun memiliki tentakel yang sangat panjang, hewan ini tidak pernah terjerat atau tersengat tentakelnya sendiri. Sebab, tentakelnya sangat licin dan hanya menyengat spesies ubur-ubur lainnya.
Nah itu dia fakta unik tentang ubur-ubur. Semoga bermanfaat!