Karakter Anjing Sheltie
Anjing gembala Shetland (Shetland Sheepdog) atau Sheltie adalah jenis anjing ras asal Skotlandia. Tubuh berukuran sedang sehingga sesuai dipekerjakan sebagai anjing gembala di padang rumput Kepulauan Shetland, Skotlandia.
Anjing Shetland Sheepdog menjadi bagian masyarakat Skotlandia yang memiliki kebiasaan menggembalakan ternak. Sifatnya yang waspada terhadap hal asing dan dukungan energi yang aktif bergerak, ia sering mendapat kepercayaan menjaga sebagai pengusir hewan lain sekaligus isyarat pemiliknya terhadap kehadiran sosok asing.
Jenis anjing kecil yang pintar ini memiliki nama populer lain seperti Sheltie, ketika bermain bersama anggota keluarga dan anak-anak termasuk hewan berbulu yang ramah.
Kemampuan hewan berbulu Shetland Sheepdog menjaga kawasan teritorial majikan, lebih dominan mengendus hal asing menyusup tanpa diketahui majikan. Dengan latihan lebih spesifik bagi mereka, hewan peliharaan tersebut mudah belajar dengan cepat dengan metode latihan penguatan positif.
Studi yang dilakukan oleh Dr. Stanley Coren, seorang pakar hewan yang mengkhususkan meneliti hewan cerdas, menunjukkan bahwa dari 132 ras anjing yang telah ia teliti, Shelties berada di peringkat ke 6 dan memiliki nilai kepatuhan hingga 95% dari anjing lainnya.
Ciri-Ciri Anjing Sheltie
Anjing gembala Shetland terlihat mirip anjing Collie ukuran mini, tapi bukan berasal dari pengolahan genetika anjing Collie. Sheltie dan Collie memiliki perbedaan ciri fisik yang mencolok. Anjing Sheltie dikenal cerdas dan mudah beradaptasi dengan anggota keluarga yang lain. Anjing jenis ini cocok diajak tinggal di apartemen maupun rumah di pedesaan.
Bulu mereka lebih pendek di area sekitar kepala dan moncong tetapi membentuk surai pada daerah leher hewan. Warna bulu mereka dikategorikan menjadi tiga bagian: sable, tri-color dan blue merle. Sable merupakan warna yang paling umum dengan warna emas sebagai warna utamanya dan ditambah dengan corak berwarna putih. Tri-color merupakan warna yang mencakup warna hitam, putih dan coklat. Blue merle merupakan anjing berwarna hitam dengan sedikit corak berwarna putih dan coklat. Warna mata umumnya hitam tetapi pada blue merle, mereka dapat memiliki warna biru pada sebelah atau kedua matanya.
Kepribadian
Shetland Sheepdog merupakan anjing setia, sosial, berenergi dan sangat pintar. Mereka sangat menyayangi manusia dan mereka harus sering bersosialisasi agar bahagia. Karena mereka sangat pintar dan mudah dilatih, merupakan ide yang baik untuk menugaskan mereka dengan pekerjaan atau mereka bisa menjadi bosan. Seperti jenis anjing gembala lain, mereka sangat pintar dalam permainan anjing, misalnya kepatuhan, frisbee dan lomba ketangkasan.
Karena mereka sangat baik hati dan terlihat demikian, Shelties merupakan anjing pendamping yang baik. Merupakan sebuah kesalahan apabila membiarkan seekor Sheltie berlari tanpa pengawasan di dalam rumah, bagaimanapun juga mereka membutuhkan ketegasan untuk mencegah timbulnya masalah perilaku. Shelties merupakan trah yang sensitif dan mereka akan mendengarkan intonasi suara anda untuk memastikan anda bermaksud dengan kata-kata yang anda ucapkan atau tidak. Kepemimpinan yang tegas dari pemilik dan jalan-jalan harian / aktifitas sangat dibutuhkan untuk menghilangkan batin yang terpendam dan energi fisik.
Namun anjing Shetland Sheepdog ini mudah menggonggong terhadap sesuatu yang asing sehingga perlu menjaga kenyamanan suara dari kebisingan. Mereka dapat menjadi tenang sepanjang anggota keluarga ditengah mereka melalui instruksi yang diajarkan sebelumnya.
Lainnya
Shetland Sheepdog memiliki masa hidup yang berkisar antara 12-15 tahun. Mereka rentan terhadap masalah mata ketika berusia lanjut. Masalah umum lainnya adalah: hypothyroidism, pergerseran tempurung lutut, epilepsi and hip dysplasia. Meskipun bulu berlapis ganda Sheltie terlihat menakutkan, mereka cukup mudah untuk dirawat. Perawatan rutin dibutuhkan untuk menjaga bulu agar tidak rusak dan mencegah terjadinya kusut. Sheltie merupakan anjing yang mengalami rontok musiman, mereka akan rontok dua kali dalam setahun; sekali pada musim gugur dan sekali lagi pada musim semi. Sebaliknya, Sheltie merupakan anjing yang cukup bersih, mereka akan mencari jalan agar diri mereka tetap bersih.