Fakta Menarik Flamingo
Burung Flamingo merupakan salah satu burung yang sangat mudah dilihat keberadaannya di karenakan warna merah muda yang sangat mencolok, flamingo banyak ditemukan di dataran rendah dan panas, seperti di pinggir pantai atau tambak. Hal itu menjadi pemandangan indah di tengah daratan yang gersang.Burung Flamingo memiliki beberapa hal yang menarik. Berikut adalah fakta menarik tentang burung Flamingo :
Flamingo dan Interaksi dengan Manusia
Manusia telah menggunakan flamingo selama berabad-abad, baik sebagai makanan dan obat-obatan. Ancaman yang paling umum terhadap spesies flamingo sekarang adalah hilangnya habitat karena pembangunan, pembangunan jalan, dan pertanian.
Langkah-langkah serius telah diambil untuk mencegah penurunan populasi lebih lanjut untuk banyak spesies flamingo yang berbeda. Chili telah membentuk cagar flamingo nasional untuk melindungi flamingo Andes dan juga menyebarkan perlindungan ini ke habitat lain. Flamingo Specialist Group (didirikan pada tahun 1978) juga mempelajari dan bekerja untuk melestarikan berbagai spesies flamingo dengan mensurvei populasi dan mengembangkan rencana konservasi.
Flamingo belum dijinakkan dengan cara apa pun. Flamingo membutuhkan makanan yang sangat khusus dan banyak habitat air yang dangkal. Sayangnya bagi pemilik hewan peliharaan biasa, flamingo tidak akan menjadi pilihan yang bagus sebagai hewan peliharaan.
Perawatan Flamingo
Di kebun binatang, flamingo dilengkapi dengan habitat perairan yang unik dan dangkal. Kandang mereka dilengkapi dengan kolam dangkal, area berumput, dan pantai berpasir, untuk menyediakan sejumlah tempat istirahat yang berbeda kepada para flamingo. Kebun binatang juga mengembangkan pola makan pelet khusus yang mengandung banyak karoten, vitamin, dan protein ikan. Makanan ini dilengkapi dengan udang dan krustasea, tergantung pada rekomendasi dokter hewan.
Reproduksi Flamingo
Pasangan flamingo membangun sarang lumpur, dan meletakkan satu telur besar di tengah. Pasangan ini akan bekerja bersama membangun sarang, melindunginya dari pemangsa dan flamingo tetangga. Setelah anak flamingo menetas, kedua orang tua akan memberi makan anak ayam menggunakan “susu” khusus yang diproduksi di saluran pencernaan bagian atas mereka. Setelah anak flamingo berumur dua minggu, mereka akan mulai membentuk kelompok dengan anak flamingo lainnya, yang disebut microcrèches.
Habitat Flamingo
Ada enam spesies flamingo berbeda yang tersebar di berbagai belahan dunia. Terlepas dari wilayah tersebut, flamingo berbondong-bondong ke danau yang dangkal. Mereka lebih suka air dangkal karena mereka perlu mengarungi air untuk mencari makanan dan mangsa mereka tumbuh subur dalam kondisi air dangkal.
Banyak spesies benar-benar memilih untuk hidup di daerah di mana airnya terlalu asin atau asam bagi hewan lain untuk bertahan hidup. Meskipun mereka tidak memiliki tetangga (termasuk tetangga yang mungkin ingin memakannya), flamingo menemukan perairan yang sepi ini dipenuhi alga dan krustasea kecil. Tidak hanya mereka bisa makan sepuasnya, mereka juga hampir tidak memiliki pesaing.
Itulah beberapa fakta menarik mengenai Burung Flamingo.