Fakta Unik Unta
Unta adalah salah satu hewan paling luar biasa di dunia. Mereka mampu bertahan hidup di gurun.
Unta adalah hewan mamalia yang memiliki satu atau dua punuk. Unta dengan satu punuk disebut unta dromedaris dan unta dengan dua punuk disebut unta baktria. Punuk unta menyimpan lemak yang dapat dimetabolisme ketika unta kesulitan menemukan makanan dan air.
Selain punuk, unta juga memiliki cara lain untuk beradaptasi di lingkungan yang panas dan gersang.
Unta mempunyai bulu mata yang panjang yang bermanfaat untuk melindungi mata mereka dari tiupan debu dan pasir. Selama ribuan tahun, manusia telah menggunakan unta sebagai alat transportasi. Dilansir National Geographic, unta mampu membawa beban seberat 170-270 kg di punggungnya. Berikut ini fakta menarik unta:
1. Sanggup makan kaktus dengan struktur mulutnya yang unik
Bentuk adaptasi hebat lain yang dimiliki unta adalah kemampuannya untuk makan kaktus yang dipenuhi duri tajam. Karena kaktus seringkali adalah satu-satunya sumber makanan di area gurun pasir, maka kemampuan tersebut sangat vital bagi mereka.
Bagaimana unta bisa mengunyah duri-duri tajam kaktus tanpa terluka? National Geographic menjelaskan bahwa unta memiliki struktur keras bernama "papilae" di dalam mulutnya. Papilae tersusun dari keratin, sama seperti kuku manusia. Dengan papilae tersebut, unta bisa mengarahkan duri-duri kaktus supaya tidak menusuk mulutnya. Saat mengunyah, rahang unta bergerak menyamping untuk mendistribusi tekanan dari kaktus, lalu papilae mengarahkan duri kaktus secara vertikal seraya masuk ke kerongkongannya. Unta sebenarnya masih bisa terluka saat makan kaktus, tapi mereka bisa menoleransinya jika kaktus adalah satu-satunya makanan yang tersedia.
2. Ternyata bisa berenang
Fakta yang satu ini mungkin sama sekali gak kamu sangka. Ya, ternyata unta bisa berenang! Hal itu mungkin terdengar aneh karena di habitat mereka air sangat langka, apalagi dalam jumlah banyak yang memungkinkan mereka berenang. Tapi nyatanya mereka sanggup melakukannya.
3. Menyimpan Lemak di Punuk
Unta sangat identik dengan satu atau dua punuk di punggungnya. Namun ternyata, saat pertama kali lahir, unta terlihat tanpa punuk. Setelah bayi unta cukup besar untuk makan makanan padat, punuk (atau punuk) akan mulai tumbuh.
Punuk unta ini bertujuan menyimpan lemak yang digunakan unta untuk makanan selama kelaparan. Kekurangan makanan dalam waktu lama memicu tubuh unta untuk memetabolisme lemak menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk keperluan nutrisi. Pasalnya lemak tersebut digunakan unta untuk mengisi punuknya yang kempis dan terkulai.
4. Unta Nyaman Duduk di Pasir Panas
Fakta menarik unta lainnya adalah unta merasa nyaman duduk di pasir panas. Unta memiliki lapisan kulit yang tebal sehingga memungkinkan mereka untuk duduk di atas pasir yang panas tanpa terbakar. Selain punuknya yang punya maanfaat luar biasa bulu unta juga punya manfaat yang bisa melindungi unt aitu sendiri. Seekor unta mungkin tampak memiliki bulu yang tebal, tetapi bulunya memantulkan sinar matahari. Ini membuatnya ideal di gurun yang panas, dan unta tidak terlalu panas.
5. Mampu Bepergian Berminggu-Minggu Tanpa Air
Mayoritas mamalia, termasuk manusia, hanya perlu kehilangan 15% air sebelum mengalami dehidrasi. Namun, unta bisa kehilangan hingga 25%, yang berarti mereka bisa bertahan lebih lama tanpa air.
Unta merupakan hewan gurun yang mampu bepergian selama berminggu-minggu tanpa air. Kemampuan bertahan hidupnya ini membuatnya dijuluki sebagai hewan kapal gurun. Uniknya lagi, unta bisa bertahan hidup 6-7 bulan tanpa air saat musim dingin. Meskipun demikian, setiap kali minum air, unta dapat minum sebanyak 32 galon dalam satu sesi minum.
6. Habitat
Jenis unta dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Unta dromedaris umumnya ditemukan di Afrika Utara dan Timur Tengah, sedangkan unta baktria banyak hidup di Asia Tengah. Apapun jenisnya, unta dapat ditemukan di wilayah gurun atau padang rumput. Mungkin banyak yang mengira bahwa unta hanya bisa hidup di lingkungan yang panas, namun kisaran suhu untuk tempat unta hidup dengan baik adalah 20-120 derajat celcius.
7. Pergerakan Cepat dan Punya Bibir Tebal
Terlihat sebagai hewan yang lambat, rupanya pergerakan unta relatif cepat. Unta dapat berlari secepat 65 kilometer per jam dan mempertahankan kecepatan berjalan 40 kilometer per jam. Kecepatan ini cukup cepat dibandingkan dengan kecepatan manusia 3,1 meter per jam dan kecepatan sapi 4,5 kilometer per jam. Selain soal pergerakannya yang relatif cepat, unta juga punya fakta lainnya yakni memiliki bibir tebal. Bibir ini sangat penting dalam mencari makanan dan memakan tumbuh-tumbuhan seperti tanaman asin dan tanaman berduri. Seperti halnya sapi, unta adalah hewan ruminansia.
8. Masa Kehamilan Unta
Masa kehamilan unta juga merupakan fakta menarik dari hewan padang pasir yang mampu hidup hingga 40 tahun ini. Unta menggendong anaknya selama 14 bulan sebelum melahirkan. Masa kehamilan ini merupakan masa kehamilan 5 bulan lebih lama dari masa kehamilan manusia 9 bulan. Fakta menarik lainnya yakni unta yang baru lahir dapat berjalan di samping induknya dalam waktu setengah jam setelah kelahirannya.
Nah itu dia beberapa fakta menarik unta. Semoga bermanfaat!