Ikan Cupang Terbesar
Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang memiliki warna indah di tubuhnya.
Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitatnya berasal dari beberapa Negara di Asia Tenggara. Seperti Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Vietnam juga salah satunya Indonesia.
Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang mampu bertahan hidup dalam jangka waktu lama. Tak heran jika Ikan ini menjadi sasaran pecinta dan peminatnya. Ikan ini juga memiliki standar regular ukuran, sebab ukuran ikan cupang akan menentukan harga jualnya. Dalam menentukan ukuran ikan cupang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu (S), (S+), (M), (M+), (L) dan setiap kategori itu memilki dua sudut pandang yang berbeda. Pertama segi ukuran panjang dan kedua segi umur cupang tersebut. Selain itu ikan ini juga terkenal akan warna – warni dan karakter uniknya. Melihat ukurannya tentu saja ikan ini memiliki bentuk yang besar dan kecil. Tetapi ukuran Ikan Cupang tidak bisa dinilai dengan begitu mudah. Butuh proses yang panjang untuk mendapatkan ikan yang indah begitu juga dengan bentuk ukuran.
Apa saja ya, jenis ikan cupang terbesar dan tercantik di dunia? Yuk simak infonya!
1. Ikan Cupang Double Tail
Cupang double tail menjadi ikan tercantik di dunia yang memiliki banyak penggemar. Penampilan ikan ini yang menjadi sorotan pecinta ikan hias adalah bagian ekornya yang terbelah menjadi dua.
2. Ikan Cupang Halfmoon
Ikan cupang terbesar di dunia yang kedua yaitu cupang Halfmoon. Ikan cupang Halfmoon merupakan ikan hias berasal dari negara Thailand. Ikan cupang Halfmoon memiliki sirip dan ekor yang berbeda dari ikan cupang lainnya karena sangat lebar dan panjang layaknya bulan separuh. Ditambah lagi dengan corak warna pada tubuhnya sehingga membuat ikan cupang Halfmoon terlihat sangat indah. Karena ekornya yang lebar dan besar, cupang Halfmoon diakui oleh dunia sebagai cupang terbesar di dunia.
3. Ikan Cupang Giant
Dinamakan ikan cupang giant karena ukurannya seperti raksasa jika dibandingkan dengan jenis ikan cupang pada umumnya. Ikan cupang giant ini berasal dari negara Thailand. Apabila dibandingkan dengan ikan cupang biasanya, ikan cupang giant memiliki tubuh 8 cm yang lebih besar.
Ketika pertama kali ditemukan oleh Mr Athapon pemilik Diamond Fish Farm dari Thailand pada tahun 1999, ikan cupang giant berukuran 10 cm. Sementara itu, rekor ikan cupanggiant terbesar mencapai ukuran 12,5 cm. Tak hanya tubuhnya yang besar, nilai jual giant betta ini juga tinggi, lho. Siapapun yang ingin memelihara atau mengoleksinya harus bersiap untuk merogoh kocek yang dalam.
Diketahui, ikan cupang giant dijual seharga Rp150.000-200.000,- atau bahkan bisa lebih, mencapai ratusan juta. Semakin besar ukurannya, maka akan semakin mahal!
4. Ikan Cupang Veil Teil
ikan yang sudah cukup populer dan tidak kalah menarik untuk dipelihara, yaitu ikan cupang veil teil. Ikan ini memiliki daya tarik di bagian sirip dan ekor panjang menjuntai ke bawah.
5. Ikan Cupang Plakat
Jenis cupang terbesar di dunia yang terakhir yaitu Plakat. Ikan cupang Plakat merupakan jenis ikan cupang yang paling banyak dipelihara. Memang panjang tubuh ikan cupang plakat tidak sepanjang ikan Giant dan juga Halfmoon, namun jika usia ikan cupang plakat sudah tua maka panjang tubuhnya pun bisa melebihi ikan cupang pada umumnya. Karena itulah cupang Plakat masuk dikategorikan ikan cupang terbesar di dunia dan sudah diakui oleh dunia.
6. Ikan Cupang Crown Tail
Ikan cupang crown tail memiliki sedikit atau bahkan tidak ada jaring di antara sirip dan ekornya yang memanjang. Apabila posisi mereka terbalik, ekor tersebut terlihat mirip dengan mahkota raja. Itulah mengapa ikan cupang ini dinamakancrown tail. Menariknya lagi, ikan cupang ini diketahui berasal dari wilayah Slipi, Indonesia.
Dalam membedakan jenisnya, ikan cupang crown tail dibagi menjadi sirip tunggal dan sirip ganda. Ikan cupangcrown tail atau yang juga disebut dengan ikan cupang serit ini dijual dengan harga kisaran puluhan hingga ratusan ribu.
Nah itu dia jenis ikan cupang terbesar. Semoga bermanfaat!