Mengenal Lumba-Lumba
Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks.
Lumba-lumba bernapas dengan paru-paru, sehingga mereka akan muncul ke permukaan air secara periodik untuk menghirup udara. Mamalia laut ini memiliki sistem unik yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar.
Sistem sonar dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga mereka bisa terhindar dari benturan. Selain dikenal cerdas, lumba-lumba juga terkenal karena keramahan pada manusia. Spesies yang paling terkenal luas adalah lumba-lumba umum (Delphinus delphis) dan hidung botol (Tursiops truncatus).
Meski selalu disebut ikan lumba-lumba, sebenarnya lumba-lumba termasuk ke dalam mamalia yang menyusui anaknya dan bernafas menggunakan paru-paru. Maka dari itu, lumba-lumba harus muncul ke permukaan air untuk menghirup udara dan melahirkan. Kehamilan lumba-lumba berlangsung antara sembilan hingga enam belas bulan.
Lumba-lumba adalah binatang menyusui karena lumba lumba adalah mamalia. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerabat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba. Sebagian besar spesies lumba-lumba berukuran dua hingga tiga meter, dan yang terbesar bisa mencapai empat meter. Bentuk tubuhnya seperti torpedo yang berfungsi agar bisa meluncur cepat di perairan dengan bantuan sirip untuk bergerak. Lumba-lumba memiliki moncong pendek dan tumpul dengan gigi berbentuk kerucut, sedangkan yang lain rata.
Lumba-lumba umumnya tersebar di semua samudra dan lautan, kecuali Laut Kaspian dan Aral. Lumba-lumba sungai adalah salah satu spesies yang dapat hidup di air tawar, bisa ditemui di perairan Asia dan Amerika Selatan. Sementara itu, lumba-lumba umum dan hidung botol tersebar luas di laut yang hangat dan sedang.
Lumba-lumba hidup dan bekerja dalam kelompok atau disebut kawanan. Mereka sering bermain bersama. Seekor lumba-lumba tidak bisa tidur nyenyak di bawah air. Ia bisa tenggelam. Oleh karena itu, ia setengah tidur beberapa saat dalam sehari. Lumba-lumba makan cumi dan ikan seperti ikan mullet abu-abu. Kadang kadang Lumba-lumba menggiring kawanan ikan agar mudah ditangkap. Lumba-lumba mencari jalan dengan mengirimkan suara di dalam air. Jika suara itu mengenai suatu benda, suara itu akan dipantulkan kembali sebagai gema.
Kadang kadang, suara gaduh di laut akibat pengeboran minyak dapat membingungkan lumba-lumba. Mereka akan mengalami kesulitan dalam mengirim dan menerima pesan. Karena lumba-lumba dapat berkomunikasi, maka lumba-lumba disebut sebagai hewan yang paling cerdas, melebihi simpanse.
Lumba-lumba yang sudah terlatih dapat melakukan berbagai atraksi dan mereka juga dapat berhitung, tetapi Lumba-lumba liar belum dapat melakukan berbagai atraksi. Sekarang ini, lumba-lumba dan paus sudah langka, maka lumba-lumba dan paus harus dilindungi. Lumba-lumba dan paus telah mulai dilindungi di seluruh dunia.
Demikian informasi mengenai lumba-lumba si mamalia laut. Semoga bermanfaat!