Fakta Menarik Rusa
Rusa adalah hewan liar yang masuk dalam ordo Artiodactyla, yang berarti mamalia berkuku genap.
Rusa merupakan hewan mamalia ruminansia, dengan lambung berkamar-kamar, hewan berjari genap, berkuku, mempunyai 32—34 gigi, dan tidak mempunyai gigi seri bagian bawah yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber daging dan kulit. Tubuhnya kecil, dagu dan perutnya berwarna putih, serta ekornya berbulu berjambak. Rusa jantan disebut stags, harts, atau bucks—tergantung spesiesnya. Sementara rusa betina disebut hinds atau does. Rusa muda disebut fawns
Tanduk rusa hanya tumbuh pada jantan saja. Tanduk terbentuk dari jaringan tulang (pedicel) yang berawal dari bungkul di kepala, berkembang, dan dibungkus oleh velvet yang dihubungkan dengan pembuluh darah. Setelah 3—5 bulan, pertumbuhan tanduk telah sempurna dan velvet mengering serta luruh. Setelah musim kawin, tanduk ini akan tanggal dan tumbuh tanduk yang baru lagi. Tanduk rusa digunakan untuk berkelahi di antara rusa-rusa dan untuk mempertahankan diri dari predator..
Rusa memiliki sekitar 50 sub spesies seperti rusa kutub, rusa merah dan rusa berekor putih. Pada awalnya rusa ditemukan dibenua seperti Asia, Amerika Utara, Afrika Utara, Eropa, dan Amerika Selatan. Kemudian menyebar ke negara-negara seperti Republik Afrika Selatan, Selandia Baru, dan Australia. Namun, siapa sangka bahwa rusa memiliki fakta luar biasa dan menarik.
Berikut faktanya:
1. Rusa memiliki cara komunikasi khusus
Mereka berkomunikasi melalui cara visual, vokal, dan kimiawi, dan Mereka memiliki aroma yang diproduksi di berbagai bagian tubuh yang memberikan informasi penting seperti fisik, jenis kelamin, dan status sosial.
2. Rusa lahir dalam berbagai variasi warna
Rusa berwarna coklat sangat terang atau sangat gelap, anak rusa yang masih muda memiliki bintik-bintik yang bertindak sebagai mekanisme perlindungan terhadap pemangsa.
3. Rusa berjalan dalam kelompok yang disebut kawanan, mereka adalah hewan sosial
Mereka bisa berjalan dalam jenis kelamin atau memiliki pemimpin laki-laki yang dominan. Kawanan jantan dapat mengawasi kawanan betina. Kawanan bisa memiliki hingga 100.000 anggota.
4. Rusa tidak memiliki bau yang terdeteksi.
Predator tidak dapat menangkap bau rusa yang membuatnya lebih mudah untuk menyembunyikannya
5. Rusa memiliki masa kehamilan antara 180 hingga 240 hari
Seekor anak rusa memperoleh kemampuan untuk berdiri sendiri dalam waktu 10 menit setelah dilahirkan dan berjalan dalam waktu tujuh jam.
6. Rusa memiliki banyak otot di telinga.
Hal ini memungkinkan mereka untuk mengubah arah telinga tetapi mereka tidak harus memindahkan tubuh nya. Kemampuan rusa mendengarkan jauh lebih baik daripada manusia. Rusa dapat menangkap frekuensi-frekuensi yang manusia tidak bisa. Mereka juga dapat mengubah telinga mereka ke segala arah tanpa memutar kepala mereka.
7. Rusa kurang aktif di musim dingin dibandingkan di waktu musim panas.
Ini adalah proses yang memungkinkan mereka untuk menyimpan energi. Karena ada sedikit makanan yang tersedia dimusim dingin sehingga hal tersebut salah satu alasan mengapa rusa tidak bisa bertahan hidup di Antartika.
Nah itu dia 7 fakta menarik tentang rusa. Semoga bermanfaat!