Mengatasi Kucing Keracunan
Secara umum keracunan pada kucing disebabkan oleh racun tikus, tanaman beracun, hingga meminum cairan pembersih.
Kucing seringkali menemukan kaleng atau botol bahan kimia yang terbuka, dan secara tidak sengaja atau sengaja menjatuhkannya. Bahan kimia tersebut kemudian mengenai bulu dan cakarnya.
Ketika menjilati area tersebut, kucing akan menelan zat yang mungkin beracun.
Kucing yang mengalami keracunan biasanya menunjukkan tanda-tanda, seperti jadi pendiam, lemas, mengeluarkan air liur, dan mulut berbusa. Jika kucing kesayanganmu mengalami keracunan, segera berikan pertolongan. Jangan sampai terlalu lama dibiarkan, karena bisa berakibat fatal.
Berikut cara mengatasi kucing keracunan:
1. Membaringkan Kucing Miring ke Kanan
Tahapan lainnya membaringkan kucing ke kanan, sementara kepala ditarik ke arah belakang agar membuka saluran pernapasan. Hal ini dilakukan kalau kucing tidak sadar atau pingsan, jangan lupa cek napas dan juga detak jantung anak bulu.
2. Berikan Susu Sapi yang Sudah Disteril
Memberikan susu sapi yang sudah disteril, bisa membantu mengatasi kucing yang keracunan.
Sebab, susu sapi yang sudah steril mampu menetralisir racun dan mengandung laktosa yang rendah. Sehingga, susu lebih bisa dicerna oleh kucing. Perlu diketahui, kucing tidak bisa mencerna laktosa dengan baik. Sehingga susu sapi biasa memang sebaiknya tidak diberikan ke kucing karena tinggi laktosa. 
3. Cara mengatasi kucing keracunan berikutnya yaitu dengan mengidentifikasi racun.
Jika memungkinkan, bisa mengidentifikasi racun, guna memutuskan apakah sebaiknya membantu kucing untuk muntah atau tidak.
Jika sudah memastikan bahwa kucing tersebut menelan racun, kamu bisa memuntahkan isi racun di dalam tubuh kucing. Adapun cara memuntahkan kucing ialah memasukkan hidrogen peroksida dengan tabung suntik atau sendok. Sebaiknya menggunakan hidrogen peroksida sebanyak 3% atau 5 ml sendok teh per 2,27 kg berat tubuh setiap pemberian.
4. Bilas Tubuh Kucing
Bila kucing memiliki bau racun di kulitnya, cara mengatasi kucing keracunan yang pertama adalah basuh seluruh tubuh kucing dengan sabun lembut sampai baunya hilang.
Kucing akan terus menjilat area yang mengandung racun bila tidak dicuci. Membilas mulut kucing dengan air bersih membantu mencegah keracunan.
5. Memberikan Arang 
Cara mengobati kucing yang keracunan dengan cara tradisional adalah memberikan arang, material ini bisa menetralkan racun. Selain memberikan arang aktif untuk kucing keracunan, ada juga pilihan memberikan norit untuk kucing keracunan. Kamu bisa membeli norit di apotik, biasanya digunakan ketika kamu mengalami diare, keracunan, atau lainnya. 
Ternyata, ada juga yang memberikan norit untuk kucing, dosisnya satu tablet untuk kucing dewasa dan separuh untuk anak kucing. Hal ini sekaligus menjawab apa obat kucing yang keracunan atau membeli obat kucing keracunan di apotik? Kamu bisa pakai norit.
6. Membawa Kucing ke Dokter
Salah satu cara mengobati kucing keracunan racun tikus atau lainnya adalah membawanya ke dokter hewan. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai hal yang terjadi, gejala, cara penanganan kalau berulang lagi. Dari pada kamu bertanya apakah kucing keracunan bisa sembuh sendiri, lebih baik segera membawanya ke dokter. 
7. Memberikan Air Minum yang Bersih
Langkah lain dalam cara mengobati kucing keracunan tikus atau lainnya adalah memberikan air minum yang bersih. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan air bersih yang dicampur garam, tentunya untuk menetralkan racun. Bisa jadi kucing kamu kesulitan untuk minum, kamu bisa menggunakan alat seperti sendok, pipet, atau lainnya.
Nah itu dia beberapa cara mengatasi kucing yang keracunan. Semoga bermanfaat!