Fakta Unik Kucing
Kucing adalah hewan penuh teka-teki yang telah memikat hati manusia selama ribuan tahun.
Kucing adalah salah satu jenis hewan yang bisa kita temukan di mana saja. Mulai lingkungan sekitar rumah, sekolah, atau bahkan saat kita berkunjung ke tempat baru. Selain memiliki tingkah yang menggemaskan, kucing merupakan mamalia yang kerap menjadi hewan peliharaan banyak keluarga di dunia. Hewan peliharaan seperti kucing memang bisa membuat hari-hari kamu penuh warna.
Bahkan beberapa orang meyakini kucing merupakan salah satu hewan yang dapat meredakan stres ataupun mengurangi ketegangan sehabis melakukan pekerjaan.
Berikut ini beberapa fakta menarik tentang kucing:
1. Memiliki Gen 95,6% Sama dengan Harimau
Kucing yang senang mengendus, mengintai, dan menerkam mangsanya ternyata memiliki gen 95,6% dengan harimau. Hal tersebut membuat perilaku kucing kurang lebih sama dengan harimau.
2. Kucing menghabiskan 70 persen hidupnya untuk tidur
Jika kamu mengira kucing menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk tidur, kamu benar. Menurut Veterinary Hub, kucing sebenarnya menghabiskan 70 persen hidupnya untuk tidur, sekitar 13-16 jam sehari. Itulah kehidupan kucing.
3. Otak Kucing Mirip dengan Otak Manusia
Ternyata otak kucing secara biologis lebih mirip dengan otak kita daripada otak anjing. Karena kita dan kucing memiliki bagian otak yang mirip, membuat kita memiliki ikatan kedekatan emosional yang lebih tinggi dengan hewan satu ini.
4. Kucing Bisa Menemukan Jalan Pulang Sendiri
Banyak sekali kucing yang bisa menemukan jalan pulang meskipun jaraknya jauh. Menurut para ahli, kucing bisa memahami di mana mereka berada dari sudut sinar matahari dan juga sel-sel magnetik di otak mereka yang bekerja seperti kompas.
5. Telinga Kucing Mampu Berputar 180°
Hewan peliharaan yang satu ini memiliki kemampuan memutar telinganya hingga 180°. Kucing memiliki 32 jaringan otot yang dapat mengendalikan telinganya. Dengan otot sebanyak itu, kucing mampu menggerakkan telinganya tanpa menoleh sumber suara yang didengarnya.
6. Memiliki Kemampuan Night Vision
Meski dijuluki sebagai hewan pemalas, ternyata kucing mampu melihat secara baik dalam kondisi kurang cahaya. Kucing sebagai salah satu hewan peliharaan favorit memiliki kemampuan spesial dalam penglihatan, yakni night vision. Kucing memiliki organ bernama Tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya untuk membantunya memperoleh penglihatan dalam kondisi kurang cahaya.
7. Mampu Melompat Sejauh 6 Kali Panjang Badan
Ternyata kucing dalam keadaan sehat mampu melompat sejauh 6 kali lipat panjang badannya. Misalnya, panjang kucing peliharaanmu ialah 65 centimeter. Nah, itu berarti ia bisa melompat sejauh 390 centimeter. Lompatan tersebut kerap ia gunakan saat berburu mengejar burung, kupu-kupu, maupun capung untuk mengikuti instingnya. Kemudian saat di dalam rumah, Grameds perlu memberikan fasilitas pada kucing untuk mengekspresikan diri. Grameds sebagai pemilik kucing bisa melatih kelincahannya dengan menyediakan waktu dan ruang.
8. Kucing Perlu Vaksinasi
Menjaga kesehatan kucing menjadi hal wajib yang perlu diperhatikan. Pemilik kucing memiliki tanggung jawab untuk melakukan vaksinasi setiap tahunnya. Vaksinasi yang perlu dilakukan terbagi menjadi dua jenis, yakni vaksin umum dan vaksin khusus. Untuk mencegah wabah distemper atau panleukopenia, parvo, dan infeksi saluran pernapasan, Grameds sebagai pemilik kucing wajib melakukan vaksin umum. Sementara vaksin khusus diberikan untuk menghindari bahaya rabies.
9. Rekor kucing terpanjang yang pernah ada adalah 48,5 inci
Kucing domestik biasanya dianggap sebagai makhluk yang sangat kecil dan mungil. Tapi tahukah kamu bahwa kucing terpanjang di dunia adalah Maine Coon bernama Stewie, dan berukuran 48,5 inci. Padahal, rekor kucing tertinggi adalah milik Arcturus dengan tinggi 19,05 inci. Mereka adalah beberapa kucing besar.
10. Ada seekor kucing berjalan seperti unta dan jerapah
Pernahkah kamu memerhatikan bahwa kucing berjalan seperti unta dan jerapah?
Urutan berjalan mereka adalah kedua kaki kanan terlebih dahulu, diikuti oleh kedua kaki kiri, sehingga mereka menggerakkan separuh tubuh ke depan sekaligus.Unta dan jerapah adalah satu-satunya hewan lain yang berjalan dengan cara ini.
11. Pada tahun 1963 seekor kucing pergi ke luar angkasa
Mungkin kamu pernah mendengar tentang monyet dan anjing di luar angkasa? tetapi tahukah kamu bahwa seekor kucing juga menantang hal yang sama tapi tidak diketahui banyak publik? Pada tanggal 18 Oktober 1963, Felicette, juga dikenal sebagai 'Astrocat' adalah kucing pertama dan hanya kucing untuk pergi ke luar angkasa.
12. Memiliki Suara Dengkuran untuk Menghilangkan Stres dan Memperkuat Tulang
Jika kucing peliharaanmu mendengkur, jangan diberhentikan ya Grameds. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengkuran kucing berada dalam frekuensi yang konstan, yakni 25 dan 150 hertz. Suara dengkuran tersebut dipercaya dapat membantunya menghilangkan stres dan memperkuat tulang manusia.
13. Hewan Soliter atau Mandiri
Di dunia nyata atau film mungkin kamu kerap melihat kucing berkumpul bersama kawanannya. Namun, hewan berbulu yang satu ini juga bisa hidup secara mandiri. Kucing membutuhkan kecerdasan di alam liar untuk hidup secara mandiri.
Kecerdasan tersebut dapat membantunya bertahan hidup, berjuang, berburu, dan menikmati dunianya. Jadi, Grameds tidak perlu heran jika melihat kucing peliharaanmu suka menyendiri. Perlu diingat, sifat ini tidak mutlak karena ada banyak kucing rumahan yang suka hidup berkelompok.
Nah, itulah beberapa fakta unik mengenai kucing yang mungkin akan membuat kamu kagum. Semoga bermanfaat!