Ciri British Shorthair
Kucing british shorthair adalah salah satu jenis kucing yang memiliki postur tubuh yang berotot dan tegap.
Kucing british short hair atau biasa disingkat menjadi Kucing BHS adalah jenis kucing rumahan yang menggemaskan. Seperti namanya kucing ini berasal dari British atau Inggris, siapa yang mengira kucing rumahan ini dulunya digunakan untuk mengusir tikus yang suka mencuri hasil panen. Kemudian nama kucing BHS mulai terkenal di tahun 1800 dari sinilah mulai banyak yang memelihara BHS menjadi kucing rumahan. Bahkan ada kucing ini sering mendapat penghargaan di kontes-kontes kucing pada masanya.
Sampai sekarang kucing British Short Hair masih menjadi kucing yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Merawat kucing BSH dinilai memerlukan biaya yang lumayan mahal, tentunya kucing cantik ini memerlukan perawatan agar tetap kelihatan imut. Sebagai tambahan, hewan lucu ini mirip dengan kucing scottish fold. Terutama scottish fold yang memiliki warna biru abu-abu. Jika dilihat oleh orang awam, keduanya sangat identik.
Namun, ada perbedaan di antara keduanya, yaitu pada bagian daun telinganya. British shorthair memiliki telinga normal, sedangkan scottish fold memiliki lipatan. Jadi, sebelum adopsi kucing british shorthair, kenali terlebih dahulu. Inilah Beberapa Ciri Ciri khusus Kucing British Shorthair yang Asli:
1. Bulu
Ciri ciri kucing british shorthair asli yaitu ia memiliki bulu pendek, padat, dan tebal. Bulu yang tebal tersebut membuatnya terlihat lebat dan terasa lembut. Selain itu kucing gendut ini juga mempunyai aneka warna seperti warna putih, hitam, krim, biru abu-abu, keemasan, dan banyak warna lainnya.
2. Ekor
ciri ciri kucing british shorthair asli memiliki panjang ekor kurang lebih 2/3 panjang tubuh. Pada bagian pangkalnya sangat tebal sampai pada ujungnya yang menipis. Ekor tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh pada saat melompat ataupun lari.
3. Postur Tubuh
Postur tubuh kucing terbagi menjadi 2 ekstrim yaitu cobby dan svelte. Namun, secara rinci ada enam golongan yaitu oriental, foreign, semi-foreign, semi-cobby, cobby, dan substansial. Sedangkan ciri ciri kucing british shorthair asli bentuk tubuhnya termasuk kedalam tipe semi-cobby yaitu bentuk tubuh bulat dengan kepala yang bulat lebar serta kaki yang pendek.
4. Mata
ciri ciri kucing british shorthair asli yaitu memiliki mata besar yang bundar. Mata yang bundar ini terlihat mencolok dan tajam. Warna mata dari kucing ras tertua ini berhubungan dengan warna bulunya seperti copper, hijau, biru, dan keemasan.
5. Badan
ciri ciri kucing british shorthair asli yaitu mempunyai berat badan mulai dari 6 kg sampai dengan 10 kg untuk jantan dan untuk betina mulai dari 4 kg hingga 7 kg saja. Sehingga tubuh kucing jantan lebih besar daripada tubuh kucing betina. Selain itu, kucing bulu pendek britania ini juga dapat bertahan hidup sekitar 12 sampai 20 tahun bahkan bisa lebih.
6. Dagu
Dengan pipi yang tembam dan bentuk leher yang sudah dijelaskan sebelumnya tentunya kucing british shorthair ini memiliki dagu yang bulat.
7. Kaki
kucing british shorthair ini pada umumnya memiliki kaki yang bulat dan panjang serta kuku yang kuat dilengkapi dengan 5 jari dan 4 jari pada kaki belakang. Seperti kucing pada umumnya, kucing british shorthair menggunakan kakinya sebagai alat gerak.
Nah itulah ciri kucing british shorthair yang asli. Semoga bermanfaat!